RSS
 

Change Your Fuel Change The World

30 Dec

siti laily khusniahSering kali kita mendengar kata pemanasan global di telinga kita. Pemanasan global telah menjadi permasalahan yang penting bagi kehidupan manusia di muka bumi. Salah satu penyebabnya adalah emisi gas efek rumah kaca akibat dari pemakaian bahan bakar fosil seperti minyak bumi.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap hari jumlah kendaraan semakin bertambah. Polusi udara pun semakin meningkat. Hal ini tak lain disebabkan oleh penggunaan bahan bakar minyak bumi tersebut. Hasil dari pembakaran bahan bakar minyak bumi ini menghasilkan gas karbondioksida yang menyebabkan timbulnya polusi udara. Polusi udara akan menyebabkan terjadinya efek rumah kaca yang berakhir pada adanya pemanasan global.

Di sisi lain, jumlah cadangan daripada minyak bumi sendiri semakin lama semakin habis karena tidak bisa diperbarui. Sedangkan kebutuhan kita akan minyak bumi semakin tinggi tiap harinya. Bisa dipastikan bahwa kita akan mengalami krisis energi apabila tidak ditemukan bahan bakar lain yang bisa menggantikan bahan bakar minyak bumi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengganti bahan bakar minyak bumi dengan bahan bakar yang bisa diperbarui. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir akan krisis energi. Selain itu diupayakan pula bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan adanya polusi.

Salah satu alternatif yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan biodiesel. Biodiesel memiliki sifat yang hampir sama dengan dengan bahan bakar dari minyak bumi. Sehingga biodiesel mampu menggantikan dari pada penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar. Dengan begitu, kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak bumi.

Biodiesel merupakan bahan bakar yang bisa kita dapatkan dari minyak tumbuh-tumbuhan. Biodiesel bisa kita peroleh dengan cara yang cukup sederhana, yakni melalui budidaya tanaman penghasil biofuel. Salah satunya adalah bunga matahari. Bisa dipastikan bahwa biodiesel bisa meminimalisir dari penggunaan bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa diperbarui.

Biodiesel ini juga ramah lingkungan. Biodiesel menghasilkan sedikit gas emisi karbondioksida dibandingkan bahan bakar dari minyak bumi.  Dengan demikan kita bisa mengontrol polusi udara. Sehingga efek dari pada pemanasan globl bisa dikurangi. Selain itu, biodiesel tidak beracun serta mampu memperpanjang umur mesin kendaraan.

Oleh sebab itu, marilah kita beralih menggunakan biodiesel. Dengan begitu kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar minyak bumi. Tak hanya itu, dengan biodiesel kita bisa melindungi bumi kita dari pemanasan global.

Change your fuel, change the world.

 

 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*