MARKETING STRATEGY UNTUK USAHA KECIL DAN MENENGAH

Setiap kegiatan bisnis pasti membutuhkan strategi pemasaran. Konsep dari strategi pemasaran ini merupakan sesuatu yang memiliki peran penting untuk berlangsungnya kegiatan usaha baik usaha kecil yang baru di rintis maupun usaha yang besar. Penentuan strategi pemasaran ini dilihat dari produk apa yang kita tawarkan kepada konsumen. Penelaahan mengenai produk ini mempengaruhi jenis strategi yang akan dipergunakan.

Hal ini banyak dihadapi oleh para pengusaha terutama para pengusaha yang baru merintis usahanya. Saat ini kita ketahui bahwa banyak usaha kecil dan menengah yang bermunculan. Tidak mudah memang dalam merintis usaha dari awal tapi semua pasti ada cara dan jalan untuk melakukannya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha ini, bagi usaha kecil dan menengah lebih baik berfokus kepada bagaimana menciptakan strategi pemasaran yang baik dan tepat sehingga sasaran yang dituju dapat tercapai sesuai dengan apa yang diinginkan.

Usaha kecil dan menengah termasuk usaha baru yang tentunya memiliki keterbatasan dalam hal anggaran dana serta produk yang belum banyak dikenal oleh masyarakat, oleh karena itu para pengusaha kecil dan menengah harus pandai-pandai dalam mengelola strategi pemasaran. Pengusaha kecil dan menengah dapat melakukan beberapa cara untuk merintis usaha ini dengan bekerja sama dengan rekan kerja yang bisa dipercaya sehingga tidak menanggung beban usahanya sendiri, menawarkan produk melalui media pemasaran dengan biaya yang cukup rendah bahkan yang gratis sekalipun seperti media sosial, mencoba menawarkan produk kepada konsumen yaitu dengan menjemput bola dan memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu, selain itu para pengusaha kecil dan menengah dapat melibatkan pihak serta lingkungan sekitar untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan tersebut.

Ada yang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan strategi pemasaran usaha kecil dan menengah yaitu:

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan hal yang mendasar bagi terbentuknya suatu strategi pemasaran. Pengusaha harus meluangkan waktu untuk mengatur dan menyusun strategi pemasaran yang tepat misalnya anggaran yang tersedia, tempat dipasarkannya produk, promosi yang digunakan serta semua hal yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran yang lain.

2. Strategi

Strategi merupakan kelanjutan dari perencanaan yang telah ditetapkan tersebut. Dalam strategi dipikirkan bagaimana pengusaha menentukan target pasar, memperkenalkan produk kepada konsumen secara baik dan bagaimana caranya membuat konsumen mengenal produk yang ditawarkan.

3. Target Pasar

Target pasar dipilih segmen mana yang akan dibidik. Target pasar ini akan mempermudah berjalannya strategi pemasaran yang dipilih. Target pasar ini juga harus sesuai dengan produk yang dipasarkan.

4. Anggaran

Anggaran dalam kegiatan usaha merupakan hal utama karena anggaran ini merupakan pondasi untuk membangun usaha. Anggaran ini harus diperhitungkan secara tepat.

5. Marketing Mix

Marketing mix seperti penentuan produk, tempat, promosi dan harga juga harus diputuskan secara tepat sehingga pendistribusian produk yang ditawarkan bisa sesuai dengan sasaran.

6. Promosi dan Iklan

Suatu produk tidak akan bisa laku tanpa ada masyrakat yang mengetahui keberadaan produk tersebut. Untuk memberitahukan kepada masyarakat akan keberadaan produk tersebut maka dilakukan promosi serta iklan yang baik dan secara kontinu sehingga masyarakat mengerti akan keberadaan produk yang ditawarkan.

7. Pengelolaan Hubungan Pelanggan

Menjaga hubungan dengan pelanggan merupakan hal perlu dilakukan dengan pengusaha karena hubungan baik dengan pelanggan akan berimbas kepada produk yang ditawarkan. Pelanggan merupakan orang yang harus diutamakan dalam kegiatan usaha karena tanpa pelanggan pengusaha bukan apa-apa.

8. Konsistensi

Konsistensi terhadap apa yang dilakukan serta area marketing yang dibidik akan mempermudah strategi pemasaran dan akan membantu mengurangi biaya.

9. Branding

Brand atau merek suatu produk merupakan suatu ciri khas sehingga perlu diciptakan branding yang baik.

10. Website

Website merupakan sarana promosi yang cukup efisien dan tentunya rendah biaya sehingga dapat digunakan untuk pemasaran produk.

Perkembangan jaman telah menggeser teknologi yang ada. Komputer serta media sosial yang telah berkembang pesat sangat membantu dalam pengembangan usaha kecil dan menengah karena cukup efisien dan hemat biaya. Pemberdayaan manusia yang baik juga harus dilakukan karena tanpa hal tersebut tidak akan tercipta suatu keharmonisan dalam berjalannya suatu usaha. Pengaturan keuangan serta membuka peluang bagi investor baru juga sangat membantu dalam pengembangan usaha kecil dan menengah. Pengembangan usaha kecil dan menengah harus menggabungkan semua elemen dari manajemen terutama strategi pemasarannya.

 

 

Sumber:

sciencedirect.com

Judul artikel:

  • Social media    : the new hybrid element of the promotion mix.
  • Cloud computing : the business prespective
  • Strategic human resource management
  • Investor protection and corporate govermance
  • The design and use of performance management system an extended framework for analysis
  • Market – facing innovation networks : how lead firms partition tasks, share resources and develop capabilities
  • Exploring the contribution of management innovation to the evolution of dynamic capabilities
  • Towards a model of dynamic capabilities in innovation based compesitive strategy : insight from project.oriented service firms.
  • Performance management and employee engagement
  • Issues in supply chain management