Menuju “World Class Entrepreneurial University”

Bisakah Universitas Brawijaya menjadi “World Class Entrepreneurial University”?

 

brawijaya university

Ada konsensus yang dilakukan untuk mengukur dorongan tinggi pada pendidikan di seluruh dunia untuk menjadi lebih giat dalam bidang kewirausahaan. Ada dorongan untuk memainkan peran dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing ekonomi secara internasional khususnya melalui proses komersialisasi penelitian mahasiswa. Ada peningkatan permintaan atas sektor untuk berkontribusi lebih substansial dalam pembangunan ekonomi dan sosial setempat. Universitas semakin sering didesak untuk tampil dalam strategi pembangunan daerah di Indonesia maupun di negara lain.

 

Ada juga tekanan untuk mempersiapkan siswa untuk menghadapi hidup yang penuh ketidakpastian dan kompleks yang melibatkan: pekerjaan, jabatan kerja dan perubahan kontrak status; mobilitas global, adaptasi terhadap perbedaan budaya, bekerja di dunia struktur organisasi. Wirausaha mempunyai probabilitas yang lebih besar dan tanggung jawab yang lebih luas dalam kehidupan keluarga dan sosial. Hal ini juga merupakan keterkaitan tekanan pada sektor ini untuk berbuat lebih banyak kepada persiapan dunia mahasiswa untuk pembelajaran seumur hidupnya.

  Read the rest of this entry

World Class Entrepreneurial University

World Class Entrepreneurial University  mempunyai tiga pilar utama Di dalam Renstra UB 2011-1015, yakni: (1) Pendidikan Entrepreneurship (2) Inkubator Bisnis, dan (3) Unit Bisnis Entrepreneur/Komersial. Namun hal itu saja tidak cukup untuk dapat menjadi “World Class Entrepreneurial University”. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan oleh Universitas Brawijaya antara lain:

Read the rest of this entry

UTS E-commerce

1.      Jelaskan bagaimana hubungan E-commerce terhadap supply chain management?

Dengan E-commerce, terutama yang jenis Bussiness to Bussiness, rantai pasokan bahan baku dapat dimonitor dan dikendalikan dengan menggunakan internet. Perusahaan tidak perlu lagi repot-repot bertemu secara langsung dengan pemasok ataupun sebaliknya pemasok yang ingin mengetahui akan kebutuhan bahan baku perusahaan-perusahaan mitranya harus pergi menuju gudang persedian perusahaan tersebut. Hal tersebut dapat menjadi solusi untuk mengurangi waktu dan biaya transportasi yang harus dikeluarkan jika tidak menggunakan e-commerce. Dalam kaitan antara kerduanya E-commerce sangat membantu di dalam Supply Chain Management. Supply Chain Management yang mempunyai masalah dalam tersedianya bahan secara JIT (Just In Time) karena mungkin ada masalah operasional terhadap waktu pengiriman dan waktu kedatangan bahan dapat diatasi dan dikurangi dengan adanya sistem e-commerce yang terintegrasi dengan baik. Supply chain management mempunyai peranan penting dalam stabilitas usaha di suatu perusahaan karena tanpa adanya pasokan bahan baku dalam jumlah dan waktu yang kurang tepat, kegiatan operasional perusahaan  tidak akan berjalan dengan lancar. Dengan adanya JIT tadi maka perusahaan dapat beroperasi secara efektif dan efisien sehingga dapat dikatakan perusahaan berada dalam kapasitas produksi maksimal.

Read the rest of this entry

Internet Marketing

Strategi pemasaran website adalah untuk mencapai publisitas situs dengan menggunakan beberapa cara. Rencana promosi website tidak hanya akan meningkatkan lalu lintas situs, platform yang paling penting untuk mempromosikan dan bisnis untuk meningkatkan efek.

Untuk klien yang berbeda, berikut beberapa program pemasaran yang berbeda yang diusulkan. Diferensial harga. Untuk kebutuhan yang berbeda dari pelanggan yang berbeda, penawaran lelang dibagi menjadi dua tingkatan: pelanggan biasa dan klien senior, kedua pelanggan memiliki otoritas lelang diferensial. Untuk pengiklan yang berbeda juga perbedaan dalam harga, di bagian yang berbeda dari biaya iklan tidak sama. Usaha dengan berbagai kondisi keuangan sesuai dengan usaha mereka sendiri menempatkan iklan yang tepat dan upaya publisitas. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan visibilitas platform, tetapi juga mendapatkan keuntungan yang sesuai. Free trial. Sebagai platform dimulai dengan visibilitas yang terbatas dan pengaruh, hanya sedikit tingkat tinggi pelanggan ingin membayar biaya tahunan untuk melakukan tampaknya limbah dan tidak ada prospek investasi, sehingga situs awal layanan kami harus menyiapkan percobaan gratis untuk pelanggan senior (sekitar satu tahun) . Namun, semua akreditasi dan audit masih perlu ketat sesuai dengan peraturan. Iklan. Iklan melalui platform media, diiklankan secara luas, membuat kontak nyata antara platform dan konsumen, dan membiarkan lebih banyak orang memahami keuntungan dari platform. Pembentukan kepercayaan atas orang banyak platform yang dapat meningkatkan perhatian pada platform informasi. Dari berguna untuk menggunakan secara bertahap, dan mengandalkan sepenuhnya pada platform informasi, akses ini berkembang pesat. Pada saat yang sama melakukan lebih iklan layanan masyarakat, oleh iklan layanan masyarakat untuk membangun citra publik yang baik perusahaan, tetapi juga untuk memobilisasi antusiasme masyarakat untuk platform informasi.

Read the rest of this entry

Review Situs E-Commerce Indonesia dan Luar negeri

Review Situs E-Commerce Indonesia dan Luar negeri

Situs Indonesia

1. http://www.bukukita.com/

Situs ini merupakan situs jual beli buku seperti layaknya toko buku. Dalam situs ini sudah lengkap mulai dari search engine, navigasi menu yang mudah, bentuknya simple dan tidak membuat kebingungan, ada kategori tertentu untuk buku baru, promo dan buku yang direkomendasikan. Untuk dapat membeli dari situs ini dibuat registrasi dan harus login. Kelemahan dari situs ini adalah lambat karena banyak fitur yang disajikan dalam satu halaman dan hanya menyajikan bahasa Indonesia saja.

 

2. http://www.tokobagus.com/

Situs ini menyediakan berbagai macam barang baik yang baru maupun bekas. Di situs ini tidak diharuskan untuk login sebelum membeli karena situs ini hanya menyediakan informasi tentang suatu barang dan untuk proses transaksi tidak dilayani. Kelebihan dari situs ini adalah bisa membeli atau menjual barang baru atau bekas, dan tampilannya sederhana dan ringan. Kelemahannya adalah kemanannya tidak terjaga karena ini hanya merupakan situs perantara dan pembeli bertanggung jawab sepenuhnya, fotonya biasanya kurang bagus dan informasi yang ditampilkan sangat sedikit.

 

3. http://www.bhinneka.com/

Situs ini fokus untuk menjual berbagai macam alat elektronik dan gadget. Kelebihan dari situs ini adalah hampir lengkap untuk semua elektronik dan gadget, informasi yang diberikan sudah lengkap dan jelas, memberikan banyak pilihan cara membayar dan tampilan yang menarik dan mudah. Kelemahannya adalah gambar yang diberikan sangat sedikit dan biasanya hanya satu arah, bahasa yang digunakan hanya bahasa Indonesia sehingga belum bisa digunakan untuk worldwide dan jika dicermati harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal daripada situs lain.

 

4. http://disdus.com/

Situs ini menjual E-kupon diskon besar-besaran untuk kebanyakan restauran namun ada yang lain seperti barang dan voucher wisata. Kelebihan dari situs ini adalah menunya simpel dan banyak gambar yang menarik. Kelemahannya adalah terkadang bingung karena gambar bisa diklik, hanya untuk beberapa kota besar saja seperti Jakarta dan Bandung, dan bahasa yang digunakan bercampur antara bahasa Inonesia dan Inggris.

 

5. http://www.rakuten.co.id

Situs ini menjual bermacam-macam barang sama seperti amazon.com. Kelebihan dari situs ini adalah homepage sudah lumayan lengkap untuk dapat mengakses situs yang diinginkan dengan adanya kategori secara umum. Kelemahannya adalah banyak link yang berupa tulisan dan membingungkan, dan harus melewat menu navigasi homepage beberapa kali baru masuk kepada kategori khusus yang diinginkan

Read the rest of this entry

Panduan Membuat Toko Online dengan WordPress

Perlengkapan Toko Online

1. Siapkan WordPress Anda

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memiliki wordpress yang ter-install di komputer Anda ataupun hosting di server tertentu. Dan tidak lupa, Anda pun harus memiliki akun terlebih dahulu di wordpress. Bila belum punya, silakan instal dulu dan buat dulu blog-nya.

Cara membuat blog di wordpress bisa Anda pelajari di www.asianbrain.com. Sementara, bagi Anda yang sudah siap perlengkapannya, langsung saja login ke akun wordpress Anda.

2. Siapkan Plugin e-Commerce

Aksesoris utama lain untuk menjadikan blog wordpress Anda menjadi sebuah toko online adalah fasilitas e-Commerce. Melalui Plugin e-Commerce inilah toko online Anda bisa ditata dan dikontrol dengan baik. Boleh dikatakan, plugin e-Commerce-lah yang menjadi nyawa dari toko online Anda.

Banyak sekali plugin yang berfungsi sebagai e-Commerce (toko online). Dalam kesempatan kali ini, kita akan gunakan salah satu plugin yang sudah cukup dikenal oleh para pemilik toko online, yaitu WP e-Commerce.

3. Siapkan Template e-Commerce

Perlengkapan lain yang harus Anda siapkan untuk toko online Anda adalah template wordpress khusus untuk penggunaan toko online. Banyak sekali template yang gratis, silahkan Anda cari di Google.

Read the rest of this entry

Ringkasan “Panduan Search Engine Optimization Google”

1. Buat judul laman yang unik, akurat

Tag judul memberitahu pengguna dan mesin penelusuran mengenai topic tertentu suatu laman. Tag <title> harus ditempatkan diantara tag <head> pada dokumen HTML. Idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda.

 

Praktik yang dianjurkan untuk tag laman judul

Jelaskan konten laman secara akurat– Pilih judul yang mengkomunikasikan topik konten laman secara efektif

Hindari:

• Memilih judul yang tidak berhubungan dengan konten pada laman

• Menggunakan judul yang standar atau kabur seperti “Untitled” atau “New Page 1”

Read the rest of this entry

Alasan Saya Mengambil Mata Kuliah E-Commerce

Waktu liburan kemarin saya benar-benar meliburkan diri dan melupakan semua hal tentang kuliah, karena saya tahu bahwa semester 5 merupakan semester yang paling sulit dan kebetulan saya akan mengambil konsentrasi keuangan. Oleh karena itu liburan kemarin saya memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin agar otak saya bisa fresh dan siap menjalani semester 5. Waktu liburan saya habiskan untuk bermacam-macam kegiatan mulai dari mengunjungi tempat wisata, silaturahmi ke teman-teman lama, mudik ke rumah saudara di Jatiroto, mengantar kakak wawancara kerja di Surabaya, menonton film di bioskop sampai bersurfing ria menggunakan internet di rumah. Semua hal yang menyenangkan saya lakukan di liburan kemarin.

Read the rest of this entry

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!