Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word|1

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word sangat mudah, karena pada aplikasi Microsoft Word sendiri sudah disediakan fitur Page Number untuk membuat penomoran halaman lengkap dengan berbagai posisi pnemempatan nomor halaman tersebut. Penomoran halaman biasa diberikan untuk pekerjaan membuat tulisan resmi seperti skripsi, buku, proposal,  makalah , dan dokumen lain yang memiliki banyak halaman. Fungsi dari nomor halaman sendiri untuk mempermudah pembaca dalam menemukan suatu pokok bahasan dalam dokumen.

Apakah anda sudah bisa membuat nomor halaman pada Microsoft Word?

Kalau belum bisa silahkan mempelajari tutorial yang akan kami sajikan dalam posting kali ini. Ada beberapa sub pokok bahasan dalam tutorial membuat nomor halaman / page number pada aplikasi Microsoft Office Word kali ini, beberapa sub pembahasan tersebut yaitu:

  1. Langkah-langkah cara membuat nomor halaman di Microsoft Word
  2. Cara merubah ukuran, jenis font, dan warna font nomor halaman
  3. Cara menggabungkan nomor halaman Romawi dan Angka pada makalah
  4. Cara memberi teks / tulisan pada nomor halaman
  5. Cara menghapus / menghilangkan nomor halaman
  6. Cara mengatasi masalah mencetak dokumen tidak sesuai halaman yang ingin dicetak

Enam sub bahasan tersebut perlu dimiliki sebagai kompetensi kemampuan dasar penguasaan aplikasi perkantoran Microsoft Office Word.

Langkah-langkah Membuat Nomor Halaman

Untuk membuat nomor halaman / page number pada Microsoft Word, langah-langkahnya sebagai berikut:

1). Klik Insert, pilih Page Number,

2). Kemudian pilih posisi akan diletakan page number tersebut, top of page (dibagian atas), bottom of page (dibagian bawah)

cara membuat page number di microsoft word

Sampai langkah ini anda sudah mampu membuat page number di Microsoft Word, mudah bukan? Sangat mudah tentunya. Cuma dua langkah, page number pun langsung jadi. Tapi untuk beberapa kasus membuat page number perlu memerlukan cara khusus, atau bisa disebut trik. Contohnya manakala anda membuat skripsi atau makalah, dimana jenis number antara cover sampai daftar isi berbeda dengan jenis number pada Bab pendahuluan sampai dengan Bab penutup misalnya.

Kalau pada cover sampai daftar isi page number menggunakan angkar Romawi. Sedangkan pada bab pendahuluan sampai bab penutup menggunakan angka biasa. Kalau anda belum berpengalaman, ini akan menimbulkan masalah, karena tidak mudah membuat perbedaan jenis number pada satu file yang sama. Lalu bagaimana caranya?

 

Sumber: https://modulkomputer.com/cara-membuat-nomor-halaman-di-microsoft-word/