Archive for October, 2010

alun-alun kota malang

dalam pembuatan taman kota harus punya standart tertentu, standart itu adalah….

  • Taman perkotaan yang biasanya berupa lahan terbuka hijau, bisa digunain buat membantu fungsi hidroorologi dalam hal penyerapan air dan mereduksi potensi banjir. Pepohonan dibantu sama akarnya yang dalam bisa meresapkan air ke dalam tanah, jadi pasokan air dalam tanah (water saving) semakin meningkat dan jumlah aliran limpasan air juga berkurang…. kalo kayak gitu banjir bisa jadi berkurang…. Sekarang ne sedang digalakan pembuatan biopori fungsinya biar air hujan yang ada dalam tanah bisa banyak tersimpan, boipori ne juga bisa memperbaiki kesuburan tanah. Kalo kalian mau buat alat ne gampang banget lo caranya cuma dengan mengebor tanah sedalam satu meter yang trus dimasuki dengan sampah, lubang yang udah dimasukin sampah ne selain akan meningkatkan air tersimpan juga akan meningkatkan jumlah cacing tanah dalam lubangan tadi yang akan ikut andil menyuburkan tanah…..
  • Standart yang ke dua Taman kota adalah taman tersebut harus memperhatikan kesehatan bagi masyarakat. Taman yang banyak pohonnya berfungsi buat jantungnya paru-paru kota, pohon ne merupakan produsen oksigen yang belum tergantikan fungsinya. Peran pepohonan yang ga bisa digantikan ama yang lain adalah pohon ne bisa menyediakan oksigen bagi kehidupan manusia. Setiap satu hektar ruang terbuka hijau diperkirakan mampu menghasilkan 0,6 ton oksigen buat dikonsumsi 1.500 penduduk perhari, jadi qta bisa bernafas dengan lega dan jangan lupa gratis lo…… ga di pungut biaya sepeser pun…. seperti yang ada di royal park di taman ini taman kota juga berfungsi untuk paru-paru kota….. banyaknya pepohonan yang dapat menyerap CO2 dan polutan yang ada di perkotaan dapat memperbaiki siklus udara di kota……
  • standart yang laen lagi taman kota harus bisa menjaga kualitas lingkungan kota. Taman yang rindang yang punya banyak buah dan biji-bijian bisa dijadikan tempat buat hidup bagi burung-burung untuk tinggal, jadi bisa mengundang burung-burung untuk berkembang. Kicauan burung dipagi dan sore akan terdengar lagi. Kaya’ di luar negeri tu… taman-tamannya banyak banget burung yang maen-maen ksana…….. jadi qta bisa nyaman karena kicauan burung bisa buat hati tenang…….. taman kota  bisa berfungsi buat filter berbagai gas pencemar dan debu, pengikat karbon, pengatur iklim mikro. Pohon yang  rimbun, dan rindang, akan terus-menerus menyerap dan mengolah gas karbondioksida (C2), sulfur oksida (SO2), ozon (O3), nitrogendioksida (NO2), karbon monoksida (CO), dan timbal (Pb) yang merupakan 80 persen pencemar udara kota, jadi oksigen segar yang siap dihirup warga setiap saat. Dari situ aja qta bisa liat betapa pentingnya hutan sebagai  paru-paru kota coz dapat membantu menyaring dan menjerap polutan di udara, sehingga program penghijauan harus mulai digalakkan kembali. Kalo kotanya sehat manusianya pasti sehat juga kan….. jadi ga usah deh qta repot-repot beli tabung oksigen…… asal kita bisa mengolah bumi qta Insya Allah semua yang qta butuhkan akan kita dapatkan dengan mudah…
  • Taman juga bisa buat tempat berolah raga dan rekreasi yang mempunyai nilai sosial, ekonomi, dan edukatif. Adanya lahan yang teduh sejuk dan nyaman, bisa dimanfaatkan warga kota untuk sarana  berjalan kaki setiap pagi, olah raga dan bermain, dalam lingkungan kota yang benar-benar asri, sejuk, dan segar sehingga dapat menghilangkan rasa capek and stres. Biasanya qta rasakan kalo lagi d tempat kerja ato kampus….. otak dan pikiran terkuras habis disana… tapi kalo qta buat olah raga sama mlihat pemandangan yang rindang otak kita bsa jadi fresh lg….. Taman kota yang rindang bisa mengurangi suhu lima sampai delapan derajat Celsius, sehingga terasa sejuk…. rasa nyaman yang dihadirkan dalam taman ini sangat penting karena kebanyakan masyarakat yang datang berkunjung mencari kenyamanan yang ditawarkan pada taman itu…..
  • yang terpenting taman kota harus punya juga nilai estetika. Dengan terpeliharanya dan tertatanya taman kota dengan baik akan meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan, jadi taman itu akan memiliki nilai estetika. Taman kota yang indah, bisa juga dipake’ warga setempat sebagai sarana rekreasi dan tempat anak-anak bermain dan belajar. Bahkan taman kota indah dapat mempunyai daya tarik dan nilai jual bagi pengunjung. Malang merupakan kota wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya. kalo lingkungan kotanya sehat dengan taman kotanya tertata indah akan menambah daya tarik bagi wisatawan. Jadi buat kamu-kamu yang merasa tinggal di malang jangan seenaknya aja….. tetep jaga kebersihan kota ne…. jangan Cuma numpang hidup tapi ga mau jaga kebersihannya…. OK…

Sekarang kita bahas tentang sejarah alun-alun……..

Pada saat pemerintahan belanda alun-alun itu suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam. Yang bangun alun-alun pertama kali itu fatahillah, tapi banyak yang mengatakan persepsi yang berbeda, ne yang pertama dari Pak Van Romondt (Haryoto, 1986:386), dia bilang kalo pada dasarnya alun-alun itu merupakan halaman depan rumah, namun dalam ukuran yang lebih besar. Penguasa disini  bisa berarti raja,bupati, wedana dan camat bahkan kepala desa yang memiliki halaman paling luas di depan Istana atau pendopo tempat mereka tinggal, tempat itu biasanya dijadikan boueat pusat kegiatan masyarakat sehari-hari example: misalnya boueat pemerintahan militer, perdagangan, kerajinan dan pendidikan.

Beda lagi ama Pak Thomas Nix (1949:105-114) dia bilang kalo alun-alun itu adalah lahan terbuka dan terbentuk dengan membuat jarak antara bangunan-bangunan gedung. So maksudnya ne tu, bangunan gedung merupakan titik awal dan merupakan hal yang utama bagi terbentuknya alun-alun. Tetapi kalau adanya lahan terbuka yang dibiarkan tersisa dan berupa alun-alun, Pak Thomas Nix bilang ne bukan termasuk alun-alun yang sebenarnya. Jadi alun-alun bisa di desa, kecamatan, kota maupun pusat kabupaten.

Sebenarnya dulu alun-alun tu dibuat untuk tempat berlatihnya perang (gladi yudha) bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah (sabda) raja kepada kawula (rakyat), pusat perdagangan rakyat, juga hiburan seperti “rampogan” acara yang paling ditunggu-tunggu dan paling mendebarkan yaitu dilepaskannya seekor harimau yang dikelilingi oleh prajurit bersenjata. Kalo di luar negeri tu kaya’ di roma, Italia disana ada bangunan coloseum yang dulu merupakan tempat gladiator menunjukkan aksinya untuk bertarung demi mendapat penghargaan dari sang raja. Bedanya kalo di coloseum ada pager pembatasnya jadi kalo kita liat disana masih ada savetynya. Tapi kalo di alun-alun sini kan ga ada pager pembatasnya jadi bisa-bisa kita kena terkam tu harimau……..

Trus qta denger perkembangan alun-alun malang tu kaya’ apa sih….

Alun-alun Kota Malang dan sekitarnya udah ada molai taon 1882 dan jadi pastinya dibangun buat untuk kepentingan Belanda. mulai pemerintahan Pak Gubernur Jendral Deandles (1808–1811),

Dari penelitian arsitek Kazemeir, Tonkens ama Withkamp digambarin tipologi ibukota kabupaten di Jawa tu kayak gini:
– Alun-alun nya di pusat kota

– Di sumbu Utara-Selatan, ada rumah Asisten Residen di sebelah Utara menghadap Selatan ama rumah Bupati di sebelah Selatan menghadap ke Utara, jadinya saling berhadapan.

– Sebelah Barat ada masjid

– Sebelah Timur ada losmen ato rumah tinggal orang swasta Belanda

– Sebelah Barat-Laut ada kamar bola tempat klub elit orang Belanda

bedanya dengan Alun-alun Kota Malang, letak rumah Bupati ga berhadapan ma rumah Asisten Residen. kalo di Malang, rumah Asisten Residen ada di sebelah Selatan menghadap utara (orientasi bangunan menghadap Alun-alun), tapi rumah Bupati ada di sebelah Timur menghadap ke Selatan (orientasi bangunan tidak menghadap Alun-alun), ngadep ke Regenstraat alias Jalan Kabupaten (skarang Jl. K.H. Agus Salim). nih gambarnya biar ga bingung:

secara penyebaran daerah pemukiman jaman itu dibagi jadi pemukiman penduduk: 1) Eropa; 2) Timur Asing *Vreemde Osterlingen – termasuk orang Cina and Arab;  3) pribumi. Gara-garanya sebelom taon 1900 ada UU Wijkenstelsel, yang mana tiap etnik harus punya pemimpin sendiri trus daerahnya ditentukan oleh penguasa and batas-batasnya. Kalo  tiap warga yang mau keluar dari daerahnya harus dapet surat ijin dulu dari penguasa. tapi UU ini sudah  ga berlaku lagi setelah taon 1900. kayak gini nih daerahnya sampe taon 1914-an:
1. Pemukiman orang Eropa ada di Barat Daya alun-alun, daerahnya ada yang di  Taloon, Tongan, Sawahan dan sekitar… trus ada lagi di sekitar Kayutangan, Oro-oro Dowo, Tjelaket, Klodjen-lor ama Rampal

2. Pemukiman orang Cina ada di sebelah Tenggara alun-alun. Pemukiman orang Arab ada di sebelah Barat alun-alun di belakang masjid

3. Pemukiman Pribumi ada di daerah kampung sebelah Selatan alun-alun, daerahnya ada yang di kampung Kebalen, Toemenggoengan, Djodipan, Talon sama di Klojen-Lor

bentuk kota Malang sebelum taon 1900 berbentuk kota radial dengan alun-alun sebagai pusatnya (centre), dan sungai brantas dijadiin batas kota. Bisa diliat dari peta di bawah, kalo sebelah timur kota waktu itu blum ada bangunan sama sekali. baru pas kependudukan Belanda secara penuh taon 1821, bentuk kota nya mulai brubah jadi sistem jejala (grid).

Habis qta denger sejarahnya qta liat desaign n ada apa aj dsana……

Desaign dari alun-alun kota ne qta bisa liat kalo bentunya memanjang dan berbentuk persegi…. n tempatnya sangat strategis coz tempatnya ada d tengah kota, bentuk memanjang pada taman ini bisa dilihat pada trotoar, jalur hijau dan jalan setapak (pedestrian way)… kalo alun-alunnya sendiri berbentuk persegi, desain dari alun-alun ini meniru dari desaign taman eropa dimana adanya banyak pintu masuk di tiap sisinya yang memudahkan orang masuk kedalam kawasan ini…

sebelah baratnya ada masjid jami’ yang merupakan masjid kebanggaan masyarakat malang

Sebelah selatan  qta bisa liat ada bangunan kantor pos dan disebelah timur kita bisa melihat kantor bupati yang smuanya tu bangunan peninggalan belanda…… dari desaign bangunannya sudah bisa qta liat kalo banguan itu bangunan kuno…. da dari jaman koloni dulu bangunan itu tetap berdiri tegak layaknya bangunan yang baru di bangun……

Kalo sebelah selatan sekarang berupa plaza sarinah yang dulunya juga adalah bangunan belanda…. plaza dulu ini sejarahnya adalah sebuah penginapan dan perkantoran dari koloni belanda pada zaman penjajahan dulu….

Karena dulu adalah pusat kota dari pemerintahan belanda makanya bangunan-bangunan yang disekitar situ banyak yang masih bangunan kuno….. karena bangunan bikinan belanda terkenal memiliki struktur yang sangat kuat…

Alun-alun kota ne banyak banget element pendukung yang bermacam-macam,, qta liat aj y element apa aj yang ada di situ……

a. Material Landscape atau Vegetasi

Yang termasuk dalam elemen landscape antara lain :

1) Pohon

2) Perdu

3) Semak

4) Tanaman penutup tanah

5) Rumput

b. Ada juga material Pendukung atau Elemen Keras.

Taman yang indah juga membutuhkan material pendukung. Yang termasuk dalam material pendukung adalah :

1) Kolam

Di alun-alun ini ada kolam air mancur yang menanbah unsur cantik dalam bangunan taman ini, selain itu air mancur ini bisa membuat suasana sekitar bisa terasa sejuk.

2) Batuan

Sebagian batu yang terpendamdi dalam tanah akan memberi kesan alami dan terlihat menyatu dengan taman akan terlihat lebih indah bila ada penambahan koloni taman pada sela-sela batuan.

3) Gazebo

Gazebo atau bangku taman terbuat dari semen yang  kuat dan tahan terhadap kondisi taman. Penmpatan gazebo ne dibuat senyaman mungkin agar siapa saja yang datang betah berlama-lama di situ…… rindangnya pohon yang menutupi tempat itu bisa menambah kesejukan bagi orang yang duduk di bawahnya…

4) Jalan Setapak (Stepping Stone)

Jalan setapak ini fungsinya agar pengunjung bisa nyaman menukmati indahnya taman kota. Ada lagi fungsinya selain itu agar para pengunjung ga merusak rumput-rumput yang ada di sekitarnya. Akses jalan ini dibuat dengan pafing agar pejalan kaki nyaman berjalan-jalan.

5) Perkerasan

Perkerasan pada taman dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam bahan, seperti tegel, paving, aspal, batu bata, dan bahan lainnya. Tujuannya adalah untuk para pejalan kaki (pedestrian) atau sebagai pembatas.

6) Lampu Taman

Terutama pada malam hari lampu taman ini sangat penting fungsinya bagi setiap taman. Bila suatu taman tidak ada lampu taman yang dapat menerangi bila malam hari, taman itu tidak akan berfungsi bila malam hari. Bentuk lampu taman bisa disesuaikan dengan bentuk taman yang ada, tapi biasanya lampu taman berbentuk lingkaran and ada tiang yang jadi penopangnya.

Kalo pingin tau aktifitas apa aja yang ada di sana kita liat liputannya…..

Alun-alun ini ditata sangat baik oleh pemerintahnya, selain tempatnya yang bersih sarana umumnya juga lengkap kayak ponten umum yang bisa digunakan kapan saja… ada juga lapangan parkir yang luas dan aman,,, jadi qta ga usah bingung kalo butuh apapun….. pedagang asongan yang berkeliling membuat kita ga usah khawatir kelaparan di sana…. akses menuju kesana juga mudah coz tempanya kan ada di tengah kota angkot dan alat transportasi apapun bisa lewat disana tapi kecuali becak lo y,,, n jangan khawatir juga kalo mw tw info tentang malang ada lo tempat informasi yang ada d pintu depan jadi kalo kamu kesasar disini ga bakal ilang deh….

Tempat sampah ada di setiap sudut taman…. jadi jagalah kebersihan taman agar kenyamanan kita juga ga terganggu….

Di pagi hari banyak aktifitas dari warga malang yang bisa kita lihat…. olah raga pagi adalah aktifitas rutin yang biasa dilakukan….

pada siang ampek sore hari aktifitasnya cukup ramai….. banyak pedagang asongan menjajakan dagangannya ke pengunjung…. ada juga warga yang hanya sekedar duduk-duduk menghilangkan penat… sampai-sampai ada yang berpiknik dengan keluarga mereka…..

Burung-burung yang bertengger di sarang menunjukkan kalo tempat itu sangat nyaman dikunjungi….. kita juga bisa liat orang-orang sampai tidur pulas di bawah rindangnya pohon..

Suasana malam di taman ini tidak kalah rame dari pada di siang and sore hari…. pedagang asongan yang berjualan masih banyak yang menjajakan dagangannya…. masyarakat masih banyak yang berantusias untuk datang ke tempat ini walau hanya sekedar duduk-duduk santai dan berjalan-jalan….

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!