Apa Itu Domain dan Kegunaan Domain Untuk Website

Domain adalah istilah untuk alamat situs web atau blog, jika Anda masih pada pemula di dunia website dan hosting, pasti Anda akan bertanya apa itu domain, yang dasarnya adalah nama alamat fisik semuah website. Contohnya seperti rumah yang membutuhkan nama jalan atau kode pos untuk memetakan daerah, bisa menyediakan arah yang pasti untuk sebauh anama domain. Sama halnya dengan web yang membutuhkan nama domain untuk mengarahkan para pengunjung ke website atau blog yang pasti.

Nama domain terdiri atas dua elemen utama yang terdiri dari nama domain dan extensi domain. seperti nama domain Facebook.com yang memiliki ektensi domain .com. Pada saat anda memiliki domain atas nama perusahaan atau orang pribadi, maka anda bisa membuat atau menentukan server agar nama domain bisa diarahkan, seperti sebuah rumah untuk menyimpan perabotan isi file sebuah website.

Registrasi nama domain dikelola spenuhnya oleh satu organisasi saja yang bernama ICANN dengan nama kepanjangan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. ICANN akan seluruh ekstensi nama domain yang tersedia di internet yang bisa anda beli dengan harga yang berfariasi, salah satu vontoh website yang menjual domain murah dengan banyak ekstensi yaitu di domainesia.com.

Web server atau yang bisa di misalkan dengan sebuah rumah yang merupakan mesin fisik untuk menyimpan file dan database isi semua website. Nama domain akan merujuk pada nama yang diketik oleh para pengunjung di kolom bar alamat pada browser, agar situs Anda bisa terbuka dan dapat diakses. Nama domain akan mengarahkan web browser ke server yang menyimpan berbagai resource.

Cara Kerja Domain

Sebagai contoh, www.DomaiNesia.com adalah nama domain. Anggap saja alamat IP kami adalah 100.90.80.70. Alamat IP mengarah ke server tapi jika pengunjung situs ingin menggunakannya. alamat tersebut tidak bisa digunakan untuk resolve website. Apabila alamat IP mencoba resolve website, maka server remote harus menggunakan port 80 dengan halaman default (misalnya, index.html) yang tersimpan di dalam direktori aplikasi web.

Seperti yang telah Anda ketahui, menyalahgunakan server default dan alamat IP hanya akan membuat Anda bingung dan membuang-buang waktu. Karena itulah, sebagian besar pemilik website memilih untuk menggunakan layanan provider, seperti Hostinger, yang menawarkan paket bundled, yakni gratis domain jika membeli paket web hosting selama setahun atau lebih.

Domain juga bisa memanfaatkan redirect atau pengalihan yang umumnya memudahkan Anda untuk menentukan apakah dengan mengakses domain Anda, para pengunjung secara otomatis dialihkan ke situs lain. Metode ini sangat berguna untuk campaign dan microsites atau untuk mengalihkan pengunjung ke halaman landing dedicated di situs Anda.

Opsi pengalihan (redirect) juga merupakan opsi terbaik untuk menghindari kesalahan penulisan domain. Misalnya, Anda ingin membuka Facebook. Alih-alih mengetik alamat yang benar, Anda malah memasukkan www.fb.com. Karena ada opsi redirect, Anda kemudian akan dialihkan ke situs yang resmi, yakni www.facebook.com.