posted by SAKTI CAHYO P
May 21

SAKTI CAHYO P 0710220047

TUTORIAL MEMBUAT TOKO ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA, Os-COMMERCE, DAN WORDPRESS

Memiliki sebuah usaha kini harus didukung dengan faktor informasi dan teknologi atau yang kerap disebut faktor IT di dalamnya. Tidak bisa sebuah usaha eksis dan bahkan berkembang dengan baik di tengah era informasi digital seperti saat ini tanpa melibatkan faktor Informasi dan Teknologi. Usaha tersebut mungkin bisa eksis tetapi mau sampai kapan mereka berusaha bertahan dari gempuran serangan dan penetrasi pesaing di pasar yang mengikutsertakan faktor IT dalam usaha mereka. Oleh karena itu, apabila anda memiliki sebuah usaha entah itu bergerak di bidang jasa atau dagang (khususnya dagang), ada baiknya anda mulai melibatkan faktor teknologi dalam usaha anda tersebut dengan tujuan bukan cuma sekedar agar perusahaan tersebut bisa bertahan, namun juga agar usaha anda dapat semakin berkembang.

Bagaimana untuk mulai melibatkan faktor informasi dan teknologi dalam usaha yang sedang kita bangun ? Salah satunya dengan memiliki situs perusahaan. Bisa berupa company profile, ecommerce, portfolio atau sekedar situs layanan support service. Apapun itu, tetap kunci utama adalah mempunyai situs perusahaan.

Kali ini, kita akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat sebuah toko online secara singkat. Melalui fasilitas yang ada di AnekaHost, Fantastico, anda bisa menciptakan toko online anda dalam waktu hitungan jam. Toko online anda bisa anda bangun melalui beberapa cara. Disini kita akan belajar membuat toko online melalui 2 cara (ada banyak cara yang bisa digunakan sebenarnya), yaitu menggunakaan Joomla dan OsCommerce.

Persiapan awal membuat toko online :

  1. Baik menggunakan Joomla atau OsCommerce, semuanya bisa anda lakukan melalui fitur Fantastico. Oleh karena itu anda harus masuk terlebih dahulu ke cpanel hosting anda, kemudian memilih fitur Fantastico yang tersedia di sana.
  2. Setelah itu, anda akan dibawa pada halaman Fantastico, dimana disana terdapat berbagai macam platform pembangun situs yang dapat digunakan, salah satunya adalah Joomla dan OsCommerce.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan OsCommerce sebagai basisnya :

  1. Pilih platform OsCommerce, install pada direktori yang anda inginkan. Bisa diinstall pada subdirektori apabila anda ingin melakukannya.
  2. Lakukan setting pada toko online anda seperti menentukan username dan password, nama toko, nama pemilik, email pengirim dan sebagainya.
  3. Setelah selesai, tinggal klik finish maka jadilah toko online anda. Untuk melakukan setting lebih lanjut dan menginput data-data produk, anda bisa masuk ke menu administrator yang ada.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan Joomla sebagai basisnya :

  1. Pilih platform Joomla (disarankan menggunakan versi terbaru yaitu 1.5) dan kemudian install pada direktori yang anda inginkan.
  2. Lakukan setting username dan password, kemudian install.
  3. Situs anda sudah selesai, tetapi belum berupa sebuah toko online karena Joomla adalah CMS standard. Yang anda harus lakukan adalah mencari sebuah plugin yang bernama VirtueMart (bisa anda cari di Google atau langsung ke situsnya di VirtueMart.net). Download dan install pada Joomla anda melalui menu Administrator.
  4. Setelah itu lakukan setting pada toko online anda dan jadilah sebuah toko online anda.

Itu tadi sepintas tentang bagaimana cara membuat toko online secara singkat dan cepat. Dan bila anda praktekkan, maka tidak butuh waktu lama untuk membuat sebuah toko online bagi usaha anda yang berarti bahwa anda sudah membawa usaha anda pada level Informasi dan Teknologi. Karena keterbatasan ruang dan waktu, maka penjelasan yang diberikan mungkin hanya berupa tutorial singkat. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan seputar bagaimana membuat toko online, dapat menghubungi customer support service AnekaHost.

WORDPRESS

Kita akan mencoba membuat sebuah toko online dengan WordPress tanpa modal sedikit pun kecuali modal untuk akses internet. Sebenarnya jika kita ingin membuat sebuah toko online, yang paling cocok adalah menggunakan Joomla. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya dengan WordPress jika kita tidak biasa menggunakan Joomla. Toko Online yang akan kita buat ini sangat simple sekali dan cukup mudah digunakan. Daripada membeli script-script toko online yang banyak dijual di pasaran internet.

Membuat toko online dengan platform WordPress ini ternyata mudah. Hanya saja ada beberapa keterbatasan tentunya, misalnya cara pembayaran dan konfirmasi.

Untuk cara pembayaran, hanya bisa menggunakan Paypal. Karena kita bakal menggunakan plugin WordPress Simple Paypal Shopping Cart. Ini bisa disebut kekurangan, bisa juga disebut keunggulan. Kekurangannya adalah tidak semua orang sudah memiliki akun Paypal. Sementara keunggulannya adalah transaksi (pembayaran) bisa dilakukan dengan cepat. Oke deh, langkah pertama kita download dulu pluginnya, klik link diatas aja. Kalau sudah lalu aktifkan plugin tersebut via Dashboard Admin kita.

Langkah kedua, masuk ke menu Settings, nanti ada pilihan WP Shopping Cart. Klik lalu atur opsi-opsi yang ada. Seperti Email Paypal kita, Shipping Cost, URL konfirmasi, dll.

Pilihan Products Page URL bisa dikosongkan dulu.

Langkah ketiga baru deh kita bikin halaman khusus untuk menampilkan produk-produk yang mau kita tawarkan. Contohnya bisa dilihat di halaman Produk PLR yang ada di blog ini.

Langkah selanjutnya pasti sudah bisa sendiri. Tinggal menyimpan widget Shopping Cart di Sidebar untuk nampilin Keranjang Belanja.

Sederhana bukan? Kalau mau bikin toko online WordPress yang lebih dashyat lagi, bisa pake Themes Shopperpress dari Mark Fail. Atau menggnakan Plugin E-Store dari Tipsandtricks-hq. Tapi dua-duanya adalah Themes dan Plugin Premium, alias berbayar.

OS-COMMERCE

osCommerce termasuk salah satu perangkat lunak eCommerce yang sudah ada sejak era web 1.0. Keberadaannya yang sudah cukup lama membuat osCommerce memiliki fitur yang cukup lengkap untuk ber-jualan online. osCommerce juga tergolong cukup mudah digunakan dan dipahami, serta ‘ringan’ untuk di-instal dalam web hosting kebanyakan. Oleh karena itu, osCommerce layak dipertimbangkan sebagai salah satu paket yang bisa digunakan oleh para pedagang online untuk menggelar dagangannya di internet.

Gambar berikut ini tampilan halaman beranda toko demo osCommerce versi 3.0a5:

osCommerce termasuk perangkat lunak open source yang bisa kita gunakan secara gratis. Kita bisa mengunduhnya, memasangnya untuk digunakan secara lokal dalam komputer sendiri, dan memasangnya dalam server untuk kita gunakan ber-jualan online. Kita bisa mengunduh osCommerce dari alamat berikut ini: http://www.oscommerce.com/solutions/downloads.

Kalau ditilik dari tampilan standarnya, osCommerce sampai versi 3.0a5 memang tampak masih seperti dalam era web 1.0, hampir tidak berubah sejak pertama kali osCommerce diterbitkan. Namun tampilan tersebut bisa diubah dengan menerapkan tema atau template yang berbeda sehingga kesan web 2.0 bisa ditampilkan dalam osCommerce. Kita bisa mencari tema osCommerce di internet baik yang gratis maupun berbayar. Dalam beberapa menit, tampilan standar osCommerce yang kurang menarik bisa diubah menjadi sangat menarik dengan tema yang tepat.

Fitur-Fitur osCommerce

Dari sisi fitur, osCommerce saat ini sudah cukup lengkap. Fitur-fitur dasar sebuah web eCommerce seperti halaman penampil produk, shopping cart, proses checkout, modul pengiriman, dan modul pembayaran semuanya ada. Modul CMS (content management system) dalam osCommerce diimplementasikan secara sederhana, cukup untuk bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan toko online ke pelanggan.

Sekarang kita akan melihat secara sepintas fitur-fitur osCommerce ini dari sisi pelanggan dan pemilik toko online.

osCommerce dari Sisi Pelanggan

osCommerce menyediakan berbagai cara navigasi yang bisa dilakukan pelanggan terhadap toko online. Pelanggan bisa melakukan browsing terhadap toko online berdasarkan Kategori, dan Pabrikan. Pelanggan juga bisa menggunakan fitur Pencarian untuk mencari produk berdasarkan kata kunci tertentu. osCommerce juga bisa menampilkan kotak atau webpart yang bisa diisi dengan produk terbaru atau produk pilihan.

Halaman penampil produk osCommerce bisa dikonfigurasi dengan SEF (search engine friendly) URL. Dalam kaitannya dengan pemasaran web kita, SEF URL ini penting karena bisa membantu produk kita lebih cepat ditemukan oleh calon pelanggan yang mencari produk dengan kata kunci tertentu melalui mesin pencari seperti Google dan Bing. Berikut ini contoh-contoh SEF URL dalam osCommerce:

  • http://oscommerce.local/products.php/pro_php_security
  • http://oscommerce.local/products.php/labelwriter_400_turbo
  • http://oscommerce.local/products.php/oscommerce-tshirt

Halaman tampilan detil produk dalam osCommerce menyediakan informasi vital tentang produk bagi pelanggan. Informasi ini meliputi penjelasan produk, harga, pabrikan, model, dan lain-lain. Atribut produk seperti warna juga bisa dipilih sehingga sebagai pelanggan kita memiliki kebebasan untuk memilih produk berdasarkan atribut tertentu. Halaman tampilan produk juga menyediakan fungsi untuk menambahkan review terhadap produk.

Gambar berikut ini menunjukkan halaman tampilan detil produk dari toko demo osCommerce:

Sebagai salah satu paket perangkat lunak eCommerce, osCommerce juga menyediakan shopping cart. Fungsi shopping cart dalam osCommerce ini kurang lebih sama dengan kereta belanja yang kita pakai pada saat ber-belanja di swalayan. Produk-produk yang kita beli terlebih dahulu ditampung dalam shopping cart sebelum kita menuju kasir untuk melakukan pembayaran.

Gambar berikut menunjukkan tampilan shopping cart dalam osCommerce:

Proses checkout dalam osCommerce dimulai pada saat pelanggan meng-klik tombol ‘Checkout’ pada shopping cart. Dalam osCommerce, proses checkout memerlukan registrasi pelanggan ke toko online dimana pelanggan berbelanja. Setelah registrasi, proses checkout akan dilanjutkan dengan pengisian alamat pengiriman, metode pengiriman (kurir), dan metode pembayaran. Setelah pelanggan meng-klik tombol ‘Konfirmasi’, proses checkout pun selesai.

osCommerce menyediakan menu ‘My Account’. Menu ini bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengubah informasi registrasi, melacak order, dan konfigurasi notifikasi. Menu ‘My Account’ ini tersedia hanya setelah pelanggan melakukan registrasi ke toko online.

Dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, pelanggan akan cukup mudah berbelanja di toko online yang dijalankan dengan osCommerce. Proses checkout yang mudah dan cepat juga membantu pelanggan menyelesaikan belanjanya. ‘My Account’ memudahkan pelanggan untuk melacak order yang pernah dilakukannya di toko online osCommerce.

osCommerce dari Sisi Pemilik Toko Online

osCommerce menyediakan layar administrasi yang terintegrasi untuk melakukan fungsi-fungsi pemilik toko online (admin). Admin bisa melakukan tugas-tugasnya dari mulai mengubah konfigurasi toko online, meng-update katalog, menambah modul pengiriman/pembayaran, mengubah bahasa, menambahkan plug-in, sampai melihat statistik penjualan.

Sama halnya dengan halaman depan (front-end) osCommerce, tampilan halaman administrasi (back-end) osCommerce juga tergolong sangat sederhana. Namun untuk back-end, aspek tampilan ini tidak terlalu penting mengingat yang akan mengakses sehari-hari adalah pemilik toko online, bukan pelanggan.

Gambar berikut ini menampilkan halaman utama layar administrasi osCommerce:

Salah satu tugas sehari-hari yang mesti dilakukan oleh pemilik toko online adalah update katalog, meliputi administrasi produk dan kategori. Misalnya apabila ada produk baru atau perubahan harga produk, admin akan membuka halaman administrasi untuk melakukan hal tersebut. Dalam osCommerce layar administrasi untuk menambah atau mengubah informasi produk tergolong cukup sederhana, sehingga memudahkan tugas admin.

Gambar berikut menunjukkan layar administrasi untuk mengubah produk dalam osCommerce:

osCommerce juga menyediakan fungsi-fungsi statistik buat pemilik toko online untuk mendukung jualan-nya. Misalnya statistik yang memberikan informasi produk-produk yang ketersediannya sudah menipis, informasi pelanggan terbaik, dan informasi produk terbaik. Walaupun informasi statistik yang disediakan oleh osCommerce belum terlalu banyak dan tidak didukung oleh fitur grafis, namun informasi tersebut cukup informatif bagi pemilik toko online dalam mendukung kegiatan ber-jualan sehari-hari.

Gambar berikut menunjukkan layar administrasi dimana pemilik toko online bisa mengakses layar statistik:

Kesimpulan

OsCommerce merupakan salah satu perangkat lunak eCommerce yang bisa menjalankan sebuah toko online. Walaupun tampilan standar osCommerce terlihat masih berada di era web 1.0, namun fitur-fiturnya cukup lengkap. Bagi pelanggan, osCommerce menyediakan fitur-fitur standar eCommerce seperti shopping cart, dan SEF URL. Bagi pemilik toko online, osCommerce juga menyediakan fitur-fitur standar yang didukung dengan fitur statistik dalam mendukung jualan online. Secara keseluruhan, osCommerce termasuk perangkat lunak eCommerce yang layak dipertimbangkan sebagai salah satu pilihan untuk menjalankan toko online.

DAFTAR PUSTAKA :

http://www.anekahost.com/membuat-toko-online.html

http://www.bloggerceria.org/membuat-toko-online-wordpress-sederhana.html

http://www.suhanto.com/category/e-commerce/

Categories: Uncategorized


Comments are closed.