posted by SAKTI CAHYO P
May 21

SAKTI CAHYO P 0710220047

TUTORIAL MEMBUAT TOKO ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA, Os-COMMERCE, DAN WORDPRESS

Memiliki sebuah usaha kini harus didukung dengan faktor informasi dan teknologi atau yang kerap disebut faktor IT di dalamnya. Tidak bisa sebuah usaha eksis dan bahkan berkembang dengan baik di tengah era informasi digital seperti saat ini tanpa melibatkan faktor Informasi dan Teknologi. Usaha tersebut mungkin bisa eksis tetapi mau sampai kapan mereka berusaha bertahan dari gempuran serangan dan penetrasi pesaing di pasar yang mengikutsertakan faktor IT dalam usaha mereka. Oleh karena itu, apabila anda memiliki sebuah usaha entah itu bergerak di bidang jasa atau dagang (khususnya dagang), ada baiknya anda mulai melibatkan faktor teknologi dalam usaha anda tersebut dengan tujuan bukan cuma sekedar agar perusahaan tersebut bisa bertahan, namun juga agar usaha anda dapat semakin berkembang.

Bagaimana untuk mulai melibatkan faktor informasi dan teknologi dalam usaha yang sedang kita bangun ? Salah satunya dengan memiliki situs perusahaan. Bisa berupa company profile, ecommerce, portfolio atau sekedar situs layanan support service. Apapun itu, tetap kunci utama adalah mempunyai situs perusahaan.

Kali ini, kita akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat sebuah toko online secara singkat. Melalui fasilitas yang ada di AnekaHost, Fantastico, anda bisa menciptakan toko online anda dalam waktu hitungan jam. Toko online anda bisa anda bangun melalui beberapa cara. Disini kita akan belajar membuat toko online melalui 2 cara (ada banyak cara yang bisa digunakan sebenarnya), yaitu menggunakaan Joomla dan OsCommerce.

Persiapan awal membuat toko online :

  1. Baik menggunakan Joomla atau OsCommerce, semuanya bisa anda lakukan melalui fitur Fantastico. Oleh karena itu anda harus masuk terlebih dahulu ke cpanel hosting anda, kemudian memilih fitur Fantastico yang tersedia di sana.
  2. Setelah itu, anda akan dibawa pada halaman Fantastico, dimana disana terdapat berbagai macam platform pembangun situs yang dapat digunakan, salah satunya adalah Joomla dan OsCommerce.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan OsCommerce sebagai basisnya :

  1. Pilih platform OsCommerce, install pada direktori yang anda inginkan. Bisa diinstall pada subdirektori apabila anda ingin melakukannya.
  2. Lakukan setting pada toko online anda seperti menentukan username dan password, nama toko, nama pemilik, email pengirim dan sebagainya.
  3. Setelah selesai, tinggal klik finish maka jadilah toko online anda. Untuk melakukan setting lebih lanjut dan menginput data-data produk, anda bisa masuk ke menu administrator yang ada.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan Joomla sebagai basisnya :

  1. Pilih platform Joomla (disarankan menggunakan versi terbaru yaitu 1.5) dan kemudian install pada direktori yang anda inginkan.
  2. Lakukan setting username dan password, kemudian install.
  3. Situs anda sudah selesai, tetapi belum berupa sebuah toko online karena Joomla adalah CMS standard. Yang anda harus lakukan adalah mencari sebuah plugin yang bernama VirtueMart (bisa anda cari di Google atau langsung ke situsnya di VirtueMart.net). Download dan install pada Joomla anda melalui menu Administrator.
  4. Setelah itu lakukan setting pada toko online anda dan jadilah sebuah toko online anda.

Itu tadi sepintas tentang bagaimana cara membuat toko online secara singkat dan cepat. Dan bila anda praktekkan, maka tidak butuh waktu lama untuk membuat sebuah toko online bagi usaha anda yang berarti bahwa anda sudah membawa usaha anda pada level Informasi dan Teknologi. Karena keterbatasan ruang dan waktu, maka penjelasan yang diberikan mungkin hanya berupa tutorial singkat. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan seputar bagaimana membuat toko online, dapat menghubungi customer support service AnekaHost.

WORDPRESS

Kita akan mencoba membuat sebuah toko online dengan WordPress tanpa modal sedikit pun kecuali modal untuk akses internet. Sebenarnya jika kita ingin membuat sebuah toko online, yang paling cocok adalah menggunakan Joomla. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya dengan WordPress jika kita tidak biasa menggunakan Joomla. Toko Online yang akan kita buat ini sangat simple sekali dan cukup mudah digunakan. Daripada membeli script-script toko online yang banyak dijual di pasaran internet.

Membuat toko online dengan platform WordPress ini ternyata mudah. Hanya saja ada beberapa keterbatasan tentunya, misalnya cara pembayaran dan konfirmasi.

Untuk cara pembayaran, hanya bisa menggunakan Paypal. Karena kita bakal menggunakan plugin WordPress Simple Paypal Shopping Cart. Ini bisa disebut kekurangan, bisa juga disebut keunggulan. Kekurangannya adalah tidak semua orang sudah memiliki akun Paypal. Sementara keunggulannya adalah transaksi (pembayaran) bisa dilakukan dengan cepat. Oke deh, langkah pertama kita download dulu pluginnya, klik link diatas aja. Kalau sudah lalu aktifkan plugin tersebut via Dashboard Admin kita.

Langkah kedua, masuk ke menu Settings, nanti ada pilihan WP Shopping Cart. Klik lalu atur opsi-opsi yang ada. Seperti Email Paypal kita, Shipping Cost, URL konfirmasi, dll.

Pilihan Products Page URL bisa dikosongkan dulu.

Langkah ketiga baru deh kita bikin halaman khusus untuk menampilkan produk-produk yang mau kita tawarkan. Contohnya bisa dilihat di halaman Produk PLR yang ada di blog ini.

Langkah selanjutnya pasti sudah bisa sendiri. Tinggal menyimpan widget Shopping Cart di Sidebar untuk nampilin Keranjang Belanja.

Sederhana bukan? Kalau mau bikin toko online WordPress yang lebih dashyat lagi, bisa pake Themes Shopperpress dari Mark Fail. Atau menggnakan Plugin E-Store dari Tipsandtricks-hq. Tapi dua-duanya adalah Themes dan Plugin Premium, alias berbayar.

OS-COMMERCE

osCommerce termasuk salah satu perangkat lunak eCommerce yang sudah ada sejak era web 1.0. Keberadaannya yang sudah cukup lama membuat osCommerce memiliki fitur yang cukup lengkap untuk ber-jualan online. osCommerce juga tergolong cukup mudah digunakan dan dipahami, serta ‘ringan’ untuk di-instal dalam web hosting kebanyakan. Oleh karena itu, osCommerce layak dipertimbangkan sebagai salah satu paket yang bisa digunakan oleh para pedagang online untuk menggelar dagangannya di internet.

Gambar berikut ini tampilan halaman beranda toko demo osCommerce versi 3.0a5:

osCommerce termasuk perangkat lunak open source yang bisa kita gunakan secara gratis. Kita bisa mengunduhnya, memasangnya untuk digunakan secara lokal dalam komputer sendiri, dan memasangnya dalam server untuk kita gunakan ber-jualan online. Kita bisa mengunduh osCommerce dari alamat berikut ini: http://www.oscommerce.com/solutions/downloads.

Kalau ditilik dari tampilan standarnya, osCommerce sampai versi 3.0a5 memang tampak masih seperti dalam era web 1.0, hampir tidak berubah sejak pertama kali osCommerce diterbitkan. Namun tampilan tersebut bisa diubah dengan menerapkan tema atau template yang berbeda sehingga kesan web 2.0 bisa ditampilkan dalam osCommerce. Kita bisa mencari tema osCommerce di internet baik yang gratis maupun berbayar. Dalam beberapa menit, tampilan standar osCommerce yang kurang menarik bisa diubah menjadi sangat menarik dengan tema yang tepat.

Fitur-Fitur osCommerce

Dari sisi fitur, osCommerce saat ini sudah cukup lengkap. Fitur-fitur dasar sebuah web eCommerce seperti halaman penampil produk, shopping cart, proses checkout, modul pengiriman, dan modul pembayaran semuanya ada. Modul CMS (content management system) dalam osCommerce diimplementasikan secara sederhana, cukup untuk bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan toko online ke pelanggan.

Sekarang kita akan melihat secara sepintas fitur-fitur osCommerce ini dari sisi pelanggan dan pemilik toko online.

osCommerce dari Sisi Pelanggan

osCommerce menyediakan berbagai cara navigasi yang bisa dilakukan pelanggan terhadap toko online. Pelanggan bisa melakukan browsing terhadap toko online berdasarkan Kategori, dan Pabrikan. Pelanggan juga bisa menggunakan fitur Pencarian untuk mencari produk berdasarkan kata kunci tertentu. osCommerce juga bisa menampilkan kotak atau webpart yang bisa diisi dengan produk terbaru atau produk pilihan.

Halaman penampil produk osCommerce bisa dikonfigurasi dengan SEF (search engine friendly) URL. Dalam kaitannya dengan pemasaran web kita, SEF URL ini penting karena bisa membantu produk kita lebih cepat ditemukan oleh calon pelanggan yang mencari produk dengan kata kunci tertentu melalui mesin pencari seperti Google dan Bing. Berikut ini contoh-contoh SEF URL dalam osCommerce:

  • http://oscommerce.local/products.php/pro_php_security
  • http://oscommerce.local/products.php/labelwriter_400_turbo
  • http://oscommerce.local/products.php/oscommerce-tshirt

Halaman tampilan detil produk dalam osCommerce menyediakan informasi vital tentang produk bagi pelanggan. Informasi ini meliputi penjelasan produk, harga, pabrikan, model, dan lain-lain. Atribut produk seperti warna juga bisa dipilih sehingga sebagai pelanggan kita memiliki kebebasan untuk memilih produk berdasarkan atribut tertentu. Halaman tampilan produk juga menyediakan fungsi untuk menambahkan review terhadap produk.

Gambar berikut ini menunjukkan halaman tampilan detil produk dari toko demo osCommerce:

Sebagai salah satu paket perangkat lunak eCommerce, osCommerce juga menyediakan shopping cart. Fungsi shopping cart dalam osCommerce ini kurang lebih sama dengan kereta belanja yang kita pakai pada saat ber-belanja di swalayan. Produk-produk yang kita beli terlebih dahulu ditampung dalam shopping cart sebelum kita menuju kasir untuk melakukan pembayaran.

Gambar berikut menunjukkan tampilan shopping cart dalam osCommerce:

Proses checkout dalam osCommerce dimulai pada saat pelanggan meng-klik tombol ‘Checkout’ pada shopping cart. Dalam osCommerce, proses checkout memerlukan registrasi pelanggan ke toko online dimana pelanggan berbelanja. Setelah registrasi, proses checkout akan dilanjutkan dengan pengisian alamat pengiriman, metode pengiriman (kurir), dan metode pembayaran. Setelah pelanggan meng-klik tombol ‘Konfirmasi’, proses checkout pun selesai.

osCommerce menyediakan menu ‘My Account’. Menu ini bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengubah informasi registrasi, melacak order, dan konfigurasi notifikasi. Menu ‘My Account’ ini tersedia hanya setelah pelanggan melakukan registrasi ke toko online.

Dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, pelanggan akan cukup mudah berbelanja di toko online yang dijalankan dengan osCommerce. Proses checkout yang mudah dan cepat juga membantu pelanggan menyelesaikan belanjanya. ‘My Account’ memudahkan pelanggan untuk melacak order yang pernah dilakukannya di toko online osCommerce.

osCommerce dari Sisi Pemilik Toko Online

osCommerce menyediakan layar administrasi yang terintegrasi untuk melakukan fungsi-fungsi pemilik toko online (admin). Admin bisa melakukan tugas-tugasnya dari mulai mengubah konfigurasi toko online, meng-update katalog, menambah modul pengiriman/pembayaran, mengubah bahasa, menambahkan plug-in, sampai melihat statistik penjualan.

Sama halnya dengan halaman depan (front-end) osCommerce, tampilan halaman administrasi (back-end) osCommerce juga tergolong sangat sederhana. Namun untuk back-end, aspek tampilan ini tidak terlalu penting mengingat yang akan mengakses sehari-hari adalah pemilik toko online, bukan pelanggan.

Gambar berikut ini menampilkan halaman utama layar administrasi osCommerce:

Salah satu tugas sehari-hari yang mesti dilakukan oleh pemilik toko online adalah update katalog, meliputi administrasi produk dan kategori. Misalnya apabila ada produk baru atau perubahan harga produk, admin akan membuka halaman administrasi untuk melakukan hal tersebut. Dalam osCommerce layar administrasi untuk menambah atau mengubah informasi produk tergolong cukup sederhana, sehingga memudahkan tugas admin.

Gambar berikut menunjukkan layar administrasi untuk mengubah produk dalam osCommerce:

osCommerce juga menyediakan fungsi-fungsi statistik buat pemilik toko online untuk mendukung jualan-nya. Misalnya statistik yang memberikan informasi produk-produk yang ketersediannya sudah menipis, informasi pelanggan terbaik, dan informasi produk terbaik. Walaupun informasi statistik yang disediakan oleh osCommerce belum terlalu banyak dan tidak didukung oleh fitur grafis, namun informasi tersebut cukup informatif bagi pemilik toko online dalam mendukung kegiatan ber-jualan sehari-hari.

Gambar berikut menunjukkan layar administrasi dimana pemilik toko online bisa mengakses layar statistik:

Kesimpulan

OsCommerce merupakan salah satu perangkat lunak eCommerce yang bisa menjalankan sebuah toko online. Walaupun tampilan standar osCommerce terlihat masih berada di era web 1.0, namun fitur-fiturnya cukup lengkap. Bagi pelanggan, osCommerce menyediakan fitur-fitur standar eCommerce seperti shopping cart, dan SEF URL. Bagi pemilik toko online, osCommerce juga menyediakan fitur-fitur standar yang didukung dengan fitur statistik dalam mendukung jualan online. Secara keseluruhan, osCommerce termasuk perangkat lunak eCommerce yang layak dipertimbangkan sebagai salah satu pilihan untuk menjalankan toko online.

DAFTAR PUSTAKA :

http://www.anekahost.com/membuat-toko-online.html

http://www.bloggerceria.org/membuat-toko-online-wordpress-sederhana.html

http://www.suhanto.com/category/e-commerce/


posted by SAKTI CAHYO P
Apr 23

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management ?

Hubungan E-commerce terhadap supply chain management adalah sangat erat. E-commerce dengan segala kemudahannya membantu perusahaan dalam melakukan perencanaan, mengorganisasikan, menjalankan, sera melakukan pengontrolan terhadap rantai pasokan mereka. Dalam hal ini, perusahaan bisa melakukan penghematan baik waktu dan biaya yang akan dihabiskan dalam hal rantai pasokan. Peningkatan intensitas produksi perusahaan tentu harus didukung oleh manajemen rantai pasokan yang baik pula. Pasokan yang akan di atur untuk masuk dalam produksi harus bisa di atur dengan mudah. Manajemen rantai pasokan tersebut bisa diatur dengan mudah melalui direktori online yang tentunya sangat membantu perusahaan untuk melakukan pengawasan dengan baik. Supply chain management selalu mempunyai masalah mengenai idle time waktu pemesanan dengan waktu pengiriman dan waktu kedatangan waktu barang yang telah dibutuhkan dalam kegiatan operasionalnya. Hal ini bisa diatasi dengan sistem yang canggih dan terintegrasi dengan otomatisasi database. Dengan hal ini sistem yang akan bekerja secara otomatis untuk mengaturnya. Para pemesan dapat memesan barang yang menjadi bahan baku dalam aktivitas produksinya dengan melalui direktori online yang disediakan oleh perusahaan vendor meraka. Sehaingga dengan E-commerce ini tentunya dengan mudah melakukan berbagai hal mengenai supply chain management yang tentunya dapat meningkatkan tingkat efisiensi dan efektivitas perusahaan baik dalam hal waktu maupun biaya yang dikeluarkan.

2. Jelaskan bagaimana E-Commerce dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap memfasilitasi pelanggan ?

E-commerce hal ini dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan, dan memberikan dukungan terhadap memfasilitasi pelanggan. Hal ini tercermin di perusahaan-perusahaan yang telah melakukan atau mengaplikasikan e-commerce secara konsisten dan sudah terintegrasi melalui sistem yang modern. Sehingga sistem tersebut tertata rapi di database perusahaan. Dalam hal mengurangi siklus waktu sudah dibicarakan mengenai supply chain management di atas. Dimana perusahaan bisa menghemat idle time mereka dengan baik dan konsisten dengan e-commerce.

Dalam hal meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan menggunakan e-commerce untuk melakukan koordinasi alur kinerja mengenai melalui direktori online. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari pemberian tugas dengan lebih terstruktur dan kemudahan akses bagi karyawan mengenai apa yang harus mereka lakukan besok di pagi hari di kantor mereka. Sehingga karyawan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya secara dini untuk pekerjaan yang ttelah menanti esok hari. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan melalui e-commerce.

Dalam hal e-commerce memfasilitasi pelanggan tentu saja hal ini sangat benar. Ditijau dari kegunaan e-commerce itu sendiri, e-commerce dapat memanjakan pelanggan dengan direktori online mellalui official website perusahaan yang telah dirancang untuk memudahkan calon pelanggan mereka. Kemudahan akses dan pemberian layanan secara baik, akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen yang telah melakukan aktivitas di direktori online perusahaan. Maka dari itu e-commerce sangatlah membantu pelanggan.

3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing !

Keunggulan marketplaces:

1. Mempunyai akses penjualan dan pembelian secara jelas dan nyata.

2. Mempunyai tingkat kepercayaan yang lebih jelas dan tinggi diantara penjual dan pembeli.

3. Barang yang dijual atau dibeli dapat diamati dengan mudah mengenai kualitas dan kondisi barang.

4. Tidak ada pihak manapun yang merasa tertipu dalam aktivitas pembelian maupun penjualan.

Keunggulan maketspace:

1. Dapat mempunyai informasi yang lebih mengenai barang yang diperdagangkan.

2. Pembeli lebih murah dalam mencari nformasi mengenai barang yang akan dibelinya.

3. Memungkinkannya pembeli dan penjual untuk melakukan aktivitas perdagangannya walaupun tidak dalam satu lokasi.

4. Pembeli mempunyai aksesibilitas yang baik dalam melakukan pembelian barang yang diinginkannya.

Kelemahan Marketplaces.

1. Informasi yang harus dibeli untuk mendapatkan barang oleh pembeli lebih terkesan mahal.

2. Tingkat aksesibilitas yang lebih rendah.

3. Tidak terjadinya proses jual beli bila pembeli dan penjual tidak dalam satu lokasi.

4. Informasi mengenai harga, mutu, dan kualitas barang yang rendah.

Kelemahan Marketspaces.

1. Rentan terhadap penipuan.

2. Kualitas barang yang tidak terjamin 100% dengan kualitas sebenarnya.

3. Adanya idle time untuk mendapatkan barang yang telah dibeli oleh seorang pembeli.

4. Tingkat kepercayaan yang relatif rendah.

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Situs yang memberikan harga terbaiknya tergantung pada seri Sony digital camera dan specifikasinya. Akan tetapi saya membandingkan harga Sony Cyber-shot DSC-T700 dimasing-masing situs diatas. Ternyata situs tang memberikan harga terbaik yaitu pada situs pricescan.com. Situs ini menawarkan harga yang menarik dan bagus diantara situs-situs yang lain.

Informasi terbaik juga terletak pada pricescan.com mengenai update harga yang meraka tawarkan. Apabila informasi ini meliputi informasi lebih lengkap mengenai rentang harga Sony digital camera lebih condong di situs shopping.com yang memberikan informasi rentang harga lebih lengkap diantara yang lain.

Kesimpulan dari kedua analisis diatas lebih tergantung pada konten dan fleksibilitas harga yang ditawarkan. Masing-masing tipe sony digital camera berbeda perlakuannya di masing-masing situs tersebut.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce.

Trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada e-commerce yaitu:

Kepercayaan

Kepercayaan dalam hal ini dalam arti dimana sebuah perasaan dimana seorang pelanggan akan merasa percaya untuk melakukan aktivitas dengan vendor yang dikehendakinya. Berikut ini cara meningkatkan kepercayaan di e-commerce.

– Bundel merk yang berkualitas dan terjamin.

– Pengaturan sistem keamanan vendor yang terjamin. Sehingga pelanggan merasa nyaman ketika melakukan transaksi.

– Meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan diantara keduanya.

Kepuasan

Kepuasan dalam e-commerce adalah salah satu yang paling penting dari reaksi konsumen dalam lingkungan online B2C. Dalam e-commerce kepuasan dapat diukur dari statistik berikut:

– 80% dari kepuasan tertinggi konsumen online menginginkan untuk berbelanja kembali dalam 2 bulan.

– 90% menginginkan untuk memberikan rekomendasi vendor kepada yang lain.

– Bagaimanapun, 87% pelanggan yang tidak puas akan meninggalkan vendor mereka secara permanen tanpa memberikan komplain mereka.

Loyalitas

Loyalitas yaitu suatu tingkat dimana seorang pelanggan setia dengan suatu penyedia atau vendor dan merk tertentu dan pelanggan tersebut melakukan pembelian kembali. Dimana loyalitas pelanggan ini tentunya akan meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Sehingga apabila dihubungkan dengan e-commerce, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bagaimana pelanggan yang telah menggunakan fasilitas e-commerce pada vendor tertentu akan setia melakukan aktivitas online mereka pada vendor tertentu.

6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce.

Dalam segmentasi bila diterapkan melalui e-commerce meliputi beberapa hal baik segmentasi produk,segmentasi pasar, segmentasi pelanggan dan lainnya. Proses segmentasi yang disain oleh vendor online pada pinsipnya sama dengan vendor offline yang telah ada. Tetapi dalam e-commerce ini dituntut untuk melakukan inovasi layanan mengenai kemudahan online yang ditawarkan oleh vendor online tersebut. Segmentasi pada e-commerce akan memudahkan para vendor online untuk bisa melakukan bidikan secara tepat dalam aktivitas B2B dan B2C yang telah mereka terapkan. Sehingga vendor tersebut bisa mempertahankan bisnis mereka secara terus menerus.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.

www.alibaba.com

dalam situs tersebut memberikan penawaran baik untuk aktivitas sell or buy, serta untuk supplier yang akan bergabung. Kita bisa melakukan join secara free dan bisa melakukan cek barang yang tersedia dengan memasukkan barang yang akan kita cari dengan juga menentukan tempat barang tersebut tersedia. Baik secara region maupun semua negara. Dalam situs ini menawarkan berbagai keperluan, mulai keperluan agriculture, teknologi dan sebagainya.

www.eceurope.com

ECeurope dalam profilnya menyatakan bahwa mereka adalah sumber terbesar the international trade lead. Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah.

www.ecplaza.net

Dalam situs ini dasarnya sama dengan kedua situs diatas. Mereka menawarkan konsep B2B di site mereka. Tetapi dalam disain dan fitur webnya cukup sederhana dibandingkan dengan kedua site diatas. Akan tetapi dalam site ini memperlihatkan history dalam kegiatan B2B yang telah dilakukan dan dilengkapi dengan hot keywords yang tentunya memudahkan para pengunjung site ini. Kategori yang ditawarkan yaitu mulai dari animal&vegetables sampai services.


>type of malls

posted by SAKTI CAHYO P
Mar 18

>

Pengertian Spesifik e-Mall
Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang E mall, sebelumnya disini akan dejelaskan mengenai e Mall terlebih dahulu. Secara umum e_commerce dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu business to business (B2B) dengan business to customer (B2C). B2B adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis, sedangakan B2C merupakan mekanisme toko on Line (electronic shopping Mall) yaitu transaksi antara e_merchant dengan e_customer. Dalam business to business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para crading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalam business to customer sifatnya terbuka untuk public sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Jadi e mall merupakan bagian dari e-commerce yang berupa toko atau mall online / maya di dunia internet.
Secara spesifik elektronik mall dapat berbentuk dalam beberapa tipe mall :
1. Mall umum / generalized
Ini adalah marketspace yang besar yang menjual semua tipe produk/ contoh amazon.com, choicemall.com, shop4.com shop.com, spree.com dan portal publik yang besar seperti yahoo.com, aol.com, lycos.com. semua departemen yang besar dan toko diskon termasuk dalam kategori ini.
2. Mall special/ specialized
Mereka hanya menjual satu tipe atau beberapa tipe produk, seperti buku,bunga.anggur, mobil, atau hewan. Amazon.com memulai bisnisnya sebagai spesial penjual buku, namun sekarang telah berubah menjadi general store. 1800flowers.com hanya menjual bunga dn hadiah yang berkaitan. Fashionmall/beautyjungle.com spesialisasi pada produk kecantikan, tips, dan trend mode. Cattoys.com menjual berbagai macam mainan kucing. Uvine.com menjual anggur.
3. Regional vs toko global
Beberapa toko, seperti e-grocers atau penjual furnitur, melayani customer yang berada pada lingkungannya saja. Contoh parknshop.com hanya melayani hongkong.

Comentar generalized e-mall
Seperti dijelaskan diatas bahwa generalized e-mall merupakan mall yang menjual barang-barang secara umum. Kita dapat mengambil contoh shop4.com, di disitus luar negeri tersebut menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh konsumen.
Comentar terhadap e-mall shop4.com
Komponen utama dan pemain dalam e-mall adalah customer, penjual, barang, dan jasa (fisikal atau digital), infrastruktur, front end, back end, perantara, partner bisnis lainnya, dan jasa pendukung.

1. Customer
10 juta orang di dunia ini yang membuka internet merupakan pembeli potensial atas barang dan jasa yang ditawarkan atau diiklankan di internet. Pembeli mencari perbandingan harga, barang sesuai pesanan, barang kolektor, entertainment, dan lain-lain. Situs ini hanya berlaku bagi konsumen yang ada di Amerika serikat.

2. Penjual
Dalam situs tersebut disebutkan bahwa shop4.com merupakan salah satu pasar online yang melakukan penjualan local, nasional dan interlokal yang dilakukan oleh individu maupun bisnis kecil. “Shop4®.com is owned and offered by Signature Agency, Inc.” disini jelas disebutkan bahwa pemiliknya adalah signature agency Inc.

3. Produk dan jasa
Produk yang dijual disini beraneka ragam, mulai dari buku, computer, kebutuhan rumah tangga dan kantor, elektronik, olah raga, mainan, kesehatan dan kecantikan.

4. Infrastruktur
infrastruktur marketspace meliputi jaringan elektronik, hardware, software, dan lain-lain.

5. Front end
customer berinteraksi dengan marketspace melalui front end. Komponen dari front end bisa meliputi pintu gerbang penjual, katalog elektronik, shopping cart, search engine, dan pintu pembayaran. Semua front end telah ada di situs tersebut dengan jelas.

6. Back end
semua aktivitas berhubungan dengan agregasi pesanan dan pemenuhan, manajemen persediaan, pembelian dari supplier, accounting, keuangan,proses pembayaran, packaging, pendistribusian yang dinamakan back end dari sebuah bisnis.

7. Perantara
Dalam marketing, perantara merupakan orang ketiga yang mengoperasikan hubungan antara penjual dan pembeli. Perantara menawarkan jasa mereka dalam web. Peranan dari perantara disini berbeda dengan peranan perantara pada umumnya. Perantara online menciptakan dan mengatur pasar online. Mereka membantu mencocokkan pembeli dan penjual, menyediakan jasa infrastruktur, dan membantu customer dan atau penjual dalam menyelesaikan transaksi. Mereka juga membantu sangat banyak transaksi yang ada pada jasa penyediaan, seperti didemonstrasikan pada WebMD. Perantara online biasanya beroperasi dengan sistem komputer.

8. Partner bisnis lainnya
Selain perantara, terdapat beberapa tipe partner bisnis, seperti pengiriman yang berkolaborasi melalui internet, dan partner lain yang biasanya berkaitan dengan supply chain. Disini shop4.com menjalin kerjasama dengan Global Online Travel — www.geperfectgetaways.com, Signature’s Nationwide Auto Club, Inc® — www.autoclub.com, Signature Wellness Plan® — www.signaturewellnessplan.com, Legal Services Plan — www.legalhelpnow.com.

9. Jasa pendukung
Banyak jasa pendukung yang tersedia, mulai dari pengesahan sertifikat, jaminan orang ketiga, sampai penyedia layanan.
Secara keseluruhan, shop4.com telahmenyediakan dan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen. Disitu juga terdapat persetujuan penggunaan, yang bertujuan untuk memberitahukan kesepakatan antara penjual dan calon pembeli di dunia maya.

Comentar spesialized e-mall
Seperti yang telah dijelaskan di atas, jenis e mall ini adalah e mall yang menjual barang yang lebih spesifik. Jika anda merupakan penyuka gaya berbusana, maka shoppingmall.com merupakan pilihan yang tepat. Shoppingmall mulai penjualan di dunia maya tahun 2004. Disini merupakan e-mall yang hanya menjual pakaian, dari pakaian anak-anak, pria dan wanita, asesories, sepatu, dan aneka kebutuhan yang lain. Fashionmall.com merupakan hasil kerja sama antara beauty jungle yang menyediakan produk kecantikan, boo.com sebagai penyedia pakaian, dan outlettmall.com sebagai penedia pakaian wanita dan masih banyak lg merchant yang lain.


>e- commerce

posted by SAKTI CAHYO P
Mar 12

>

E- Commerce

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini..

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

  1. Menyediakan harga kompetitif

2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.

3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.

4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.

5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.

6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.

7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging

* Content Management Systems

* Dokumen, spreadsheet, database

* Akunting dan sistem keuangan

* Informasi pengiriman dan pemesanan

* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise

* Sistem pembayaran domestik dan internasional

* Newsgroup

* On-line Shopping

* Conferencing

* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

Faktor Pendukung ECommerce

  1. Cakupan yang luas

  2. Proses transaksi yang cepat

  3. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.

  4. E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.

  5. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat

Karakteristik E-Commerce

  • Terjadinya transaksi antar dua belah pihak

  • Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi

  • Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.

Masalah ECommerce

  • Keaslian Data.

  • Keabsahan (validity).

  • Kerahasiaan (confidentiality/privacy).

  • Keberadaan barang (availability).

  • Pembuktian kecakapan para pihak.

  • Yurisdiksi.

PILAR-PILAR E-COMMERCE

Pilar orang terdiri dari pembeli, penjual, perantara, jasa, orang sistem informasi dan manajemen.

Pilar kebijakan publik meliputi pajak, hukum dan isu privasi, bebas bicara dan nama domain.

Pilar standar teknis mencakup dokumen, keamanan dan protikol jaringan dan sistem pembayaran.

Pilar organisasi adalah patner, pesaing, asosiasi dan pelayanan pemerintah.

INFRASTRUKTUR E-COMMERCE

Infrastruktur jasa bisnis umum terdiri dari keamanan kartu cerdas (otentikasi), pembayaran elektronik, direktori / katalog.

Infrastruktur distribusi informasi dan pesan meliputi EDI (electronic data interchange), e-mail, hypertext transfer protocol.

Infrastruktur publikasi jaringan dan kandungan multimedia mencakup HTML, Java, Flash, WWW, VRML, PHP, ASP dan sebagainya.

Infrastruktur Jaringan terdiri dari telekom, TV kabel, wireless, internet (VAN, WAN, LAN, Intranet, ekstranet).

PROSPEK E- COMMERCE DI INDONESIA

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Saya berpendapat bahwa E-commerce di Indonesia masih memiliki potensi untuk berkembang pesat. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, yakni :

* Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet

* Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi

* Biaya web hosting yang semakin murah

* Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll

Selain hal – hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.

DAFTAR PUSTAKA

(http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.doc diakses tanggal 7 maret 2010).

indoshopguide.com diakses tanggal 7 maret 2010

Saputro, w hendra. “ Pengertian e commerce”, http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/