Olah Raga Yang Dianjurkan Rasulullah

3 Olahraga yang Disunnahkan Islam

 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.. kali ini ana pengen share ke antum semua tentang olahraga yang disunnahkan oleh agama kita semua, agama islam. Jadi gini brom kalo antum ngelakuin olahraga yang disunnahin oleh islam, pasti ada manfaatnya bro, namanya juga islam bro, setiap ajarnnya pasti mengajarkan semua hal yang bermanfaat bagi kehidupan kita di dunia dan akhira bro!.. Jadi ana pengen ngasih tau nih olahraga yang disunnahkan oleh agama kita semua, antum semua baca dengan seksama yaa, baca dan renungin hikmahnya! Cekkitdott…

 

  1. 1. Panahan

    yang pertama adalah panahan! wuihh bro.. di sekolah luar nih, olahraga panahan adalah salah satu olahraga yang jarang dilakuin bro.. kenapa? karena enggak semua orang bisa ngelakuin olahraga yang satu ini, yang pertama, harga Panah dan busurnya itu bisa dikatakan lumayan mahal bro. Yang kedua, buat nyari lapangan panahan juga susah, ada sih yang untuk disewa, tapi mahal bro sewa per hari bro, makanya jarang yang ngelakuin olahraga ini. Alhamdulillah,kali ini sekolah kita, nfbs sudah bisa melakukan kegiatan ekstrakulikuler panahan bro.. jadi bisa ngejalanin salah satu olahraga sunnah islam deh.. oke kita lanjut aja ke pembahasan panahan aja bro.Panahan adalah olahraga yang menggunakan busur dan anak panah yang dilontarkan. Olahraga ini membutuhkan ketepatan dan ketangkasan dalam menembakkan anak panah. Mengapa Islam mensunahkan olahraga ini? Karena memanah memberikan manfaat bagi penggunanya. Seperti: melatih konsenterasi, kesabaran, dan ketepatan sehingga memudahkan untuk mengontrol diri kita. Selain itu, memanah juga berguna ketika tersesat di alam liar. Dan dengan hanya menggunakan panah kita dapat bertahan hidup dengan cara mencari hewan buruan. Dan pada masa lalu, ketika perang masih bergejolak dalam syiar Islam, panah adalah senjata yang efektif. Dan katanya juga bro, Panahan itu harus di budi dayakan karena suatu saat zaman ini sudah mendekati hari akhir, dimana senjata api satu pun sudah tidak ada, kita akan berperang memakai Panah, hayoo.. makanya belajar panah dari sekarang! 

  2. 2. Berkuda

    Berkuda? siapa yang pernah berkuda? paling pernahnya naik kuda, itupun dipegangin sama babang babang yang punya nya kan :v ? jadi berkuda ini adalah salah satu olahraga yang disunnahkan oleh islam bro. Berkuda adalah aktivitas berjalan dengan menunggangi kuda. Dalam olahraga ini, dibutuhkan keberanian, dan keseimbangan dalam mengontrol kuda yang kita tunggangi.Berkuda mempunyai banyak manfaat, diantaranya melatih kita untuk bersahabat dengan makhluk lain, dan berarti kita juga memperlakukan makhluk lain dengan dengan tidak menyiksanya. Yang kedua, menguji keberanian kita. Selain itu dengan berkuda berarti kita telah menjalankan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

  3. 3.Berenang

    Berenang adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh secara terkoodinasi sehingga kita dapat dapat melayang dan bergerak di air. Berenang merupakan salah satu olahraga yang digemari di masa globalisasi ini. Dengan berenang kita dapat mendapatkan manfaat. Yaitu, memperkuat seluruh otot kita sehingga kita tidak akan mudah lelah, melatih sistem pernafasan, dan kita harus bersyukur karena kita masih masih diberi nafas oleh Allah SWT. Dan jika dapat berenang, kita menyelamatkan diri ketika terjadi kecelakaan di air. Sehingga kita masih dapat bertahan hidup dan masih bisa melanjutkan ibadah kepada Allah. Nahh 

Ketiga olahraga di atas juga disebutkan dalam dalam sebuah hadist yang berbunyi: “Ajarilah putra-putramu  memanah, dan berenang.” (HR. Ath-Thawawi). Sedangkan berkuda adalah olahraga yang dianjurkan Rasullullah, karena beliau bersabda: “Tidak ada perlombaan kecuali untuk unta, panah, atau kuda.” (HR. Ahmad dan Tiga Imam). Dan menurut hadist lain: “Orang mu’min yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu’min yang lemah.” 
So, tidak ada alasan bagi kita untuk malas berolahraga kan…Karena dengan berolahraga berarti kita telah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sehingga kita semakin kuat untuk beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, dengan berolahraga kita telah menjalankan sunnah Rasulallah SAW.