Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

EL-Classico Dini Hari Nanti Menentukan Langkah Sang Juara

 

Barcelona dan Real Madrid sepertinya memang sudah harus melupakan kekalahan di leg pertama semi-final Liga Champions tengah pekan ini. Pasalnya ada laga lain yang jauh lebih penting untuk menentukan kesuksesan mereka di musim ini.

Laga itu adalah El Clasico di Nou Camp pada Sabtu malam, atau Minggu dinihari WIB. Ya, Barcelona dan Real Madrid akan kembali bertemu untuk kali ke-164 dalam sejarah La Liga Spanyol, atau ke-182 dalam sejarah sepakbola secara keseluruhan.

Dalam tujuh duel terakhir di La Liga, Barcelona masih terlalu dominan bagi Real Madrid. Enam laga diakhiri dengan kemenangan Barcelona, dan sisanya imbang.

Tapi di sini kita tidak berbicara sejarah, melainkan potensi yang bisa ditimbulkan di masa mendatang di drama El Clasico besok.

Kemenangan 5-0 di Nou Camp di Nou Camp musim lalu, atau 6-2 di Santiago Bernabeu pada 2008/09 sudah tak bisa lagi dijadikan patokan untuk Barcelona berbangga. Soalnya Real Madrid yang sekarang sudah berbeda. Di perempat-final Copa Del Rey, Real Madrid sudah menunjukkan bahwa mereka sudah bisa membuka peluang menang dalam duel selama 90 menit.

 

 

Real Madrid terakhir kali memenangi La Liga Spanyol yaitu di musim 2007/08. Setelah itu, tak ada gelar La Liga lain yang bisa diraih lagi karena Barcelona begitu dominan dalam lima tahun ke depan.

Tapi musim ini, Real Madrid bisa mengakhiri dominasi itu. Syaratnya cukup berat, memenangi duel El Clasico di Nou Camp besok. Tapi bila bisa melakukannya, Real Madrid tinggal selangkah lagi untuk bisa menjadi juara.

Secara matematis, bila bisa menang, Real Madrid akan unggul tujuh angka dari Barcelona. Dengan kompetisi menyisakan empat laga lagi, kans Real Madrid menjadi juara akan semakin besar. Apalagi empat lawan berikutnya hanya tim papan tengah dan bawah, seperti Sevilla & Mallorca di Bernabeu, Athletic Bilbao di San Mames, juga Granada di Los Carmenes.

Jika imbang pun, Real Madrid masih pegang kendali. Demikian juga kalah. Tapi akan lebih aman bagi Real Madrid bila bisa menang, karena tekanan dari Barcelona bakal tak terasa karena jarak angka yang cukup lebar.

Sementara bagi Barcelona, jika bisa menang di laga tersebut, tentunya jarak angka akan semakin pendek dengan Real Madrid, meski tidak sampai memegang kendali kompetisi. Tapi setidaknya hasil tersebut bisa menjatuhkan kepercayaan diri lawan, atau menggoyahkan mental Real Madrid, karena jika pun bisa juara, Los Merengues tak mampu mengalahkan Barcelona satu lawan satu.

 

 

Both comments and pings are currently closed.