Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

7 Kebiasaan Sehat yang Murah

 

Tips hidup sehat simpel dan mudah dilakukan dapat memberikan perubahan dan manfaat kesehatan yang besar dalam jangka panjang. Memulai hidup sehat tidak harus menggunakan alat-alat kesehatan yang mahal.

Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan hal-hal kecil yang murah dimulai dari diri Anda sendiri. Berikut 8 tips memulai hidup sehat yang murah seperti dikutip dariallyou, Senin (16/4/2012) antara lain:

1. Mencatat Makanan yang Anda Makan dalam Buku Harian
“Menuliskan semua yang anda makan sepanjang hari dapat membantu membatasi asupan kalori dan menghindari kenaikan berat badan,” kata peneliti. Ketika Anda mendapati diri Anda semakin gemuk, coba cek lagi daftar makanan apa saja yang Anda makan dan bagaimana pola makan Anda hari-hari sebelumnya.

2. Liburan (dalam Pikiran)
Bersantai di pantai mungkin hal yang menyenangkan pikiran Anda, tapi jika tidak ada anggaran untuk hal itu, Anda dapat mencoba menyegarkan pikiran dengan cara yang lebih murah.

Penelitian telah menemukan bahwa, membayangkan sesuatu yang tenang dan santai dapat menimbulkan efek yang sama dengan menjalaninya. Pejamkan mata dan bayangkan Anda berada dalam tempat yang tenang. Bagaimana kulit Anda tersapu angin? Bagaimana suara gelombang?

Setiap kali Anda merasa stres Anda dapat melakukan liburan ‘dalam pikiran’ ini selama 30 detik.

3. Rajin Merapikan Rumah
Pikiran Anda akan jauh lebih ringan jika Anda melihat meja di kamar rapi dan isi lemari yang terorganisir. Kondisi rumah yang berantakan akan membuat pikiran Anda yang semula kacau setelah pulang kerja menjadi semakin buruk.

4. Bernapas dari Perut
Kebanyakan orang bernapas dari dada bagian atas. Anda dapat mencoba bernapas dengan mengambangkan perut Anda yang akan membantu memberikan 8 kali jumlah oksigen ke otak Anda. Sehingga rangsangan pada gelombang di otak lebih lama, terkait dengan relaksasi dan ketenangan pikiran.

5. Menelpon Teman
Sesekali Anda perlu ngobrol hal-hal yang menyenangkan dengan teman Anda yang tinggal di tempat yang jauh lewat telepon. Hormon oksitosin dilepaskan ketika wanita berinteraksi satu sama lain, yang dapat menenangkan tubuh dan melawan efek stres.

6. Pakailah Pedometer Sepanjang Hari
Pedometer adalah alat penghitung langkah yang murah dan dapat membantu Anda memonitor jumlah langkah yang Anda ambil dari pagi sampai malam. Tingkatkan langkah Anda setiap hari dengan melangkah sebanyak 10.000 langkah.

7. Membuat Kelompok Pendukung Hidup Sehat
Berolahraga dengan beberapa orang teman dapat membantu Anda tetap bersemangat menjalankan rutinitas tersebut. Ajaklah teman-teman di lingkungan sekitar rumah Anda untuk bersepeda santai atau membuat kelompok gerak jalan.

 

Both comments and pings are currently closed.