Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

Nah kali ini saya akan memposting salah satu tugas Probabilitas dan statiska yang di berikan Bu.Rekyan tentang Probablitas/Peluang.

Nah sebelum menuju ke soal kita akan mereview tentang peluang.

Apa itu Probablitas…?

Probabilitas sendiri merupakan besarnya harapan peluang suatu kejadian akan terjadi. Juga bisa dikatakan sebagai derajat tingkat keyakinan dari munculnya hasil percobaan statistik. Sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat kita sedang bermain dadu. Saat dadu dilempar maka kemudian akan muncul suatu angka (yang berupa titik-titik). Sebenarnya peluang suatu angka pada dadu akan keluar tersebut bisa kita perhitungan probabilitasnya, dengan menggunakan rumusan-rumusan tertentu.

Probabilitas tidak lepas dari yang namanya eksperimen dan ruang sampel (S). Ruang sampel adalah himpunan semua hasil yang mungkin muncul atau terjadi pada suatu percobaan statistik. Anggota ruang sampel disebut titik-titik sampel.

  • Berikut 8 soal tugas yang di berikan Bu. Rekyan :

1.  Contoh berupa empat komponen elektronik diambil dari keluaran produksi. Probabilitas dari beragam produk, dihitung sbb : P(0 cacat) = 0,6561, P(1 cacat) = 0,2916, P(2 cacat) = 0,0486,  P(3 cacat) = 0,0036, P(4cacat) = 0,0001. Berapa probabilitas paling sedikit 1 cacat ?

2.  Seseorang harus mengerjakan 6 soaldari 9 soal yang tersedia. Berapa kemungkinan 3 soal pertama dikerjakan ?

3.  Jika angka 1,2,3,4,5 diurutkan dengan seluruh kemungkinan yang ada, berapa kemungkinan muncul angka yang 2 digit pertama adalah genap ?

4. Kelas XIIA terdiri dari 10 murid laki-laki dan 20 murid
perempuan. Setengah dari jumlah murid laki-laki dan setengah dari jumlah murid
perempuan berambut keriting. Apabila seorang murid dipilih secara acak untuk
mengerjakan soal, maka peluang bahwa murid yang terpilih itu laki-laki atau
berambut keriting adalah

5.  Sebuah kotak berisi 10 bola lampu dengan 3 diantaranya cacat. Jika 3 bola lampu dipilih secara acak,
maka peluang terpilihnya satu bola lampu cacat adalah ………… P(2

6.  Registrasi dari sebuah kelas yang terdiri atas 120 orang dianalisa. Diketahui bahwa : 30 mahasiswa tidak mengambil mata kuliah Probabilitas dan statistik, Kecerdasan Buatan maupun computer vision; 15 mengambil mk Probstat; 25 mengambil mk Kecerdasan Buatan dan Computer Vision, tetapi tidak mengambil mk Probstat; 20 mengambil mk Probstat dan Computer Vision, tetapi tidak mk Kecerdasan Buatan; 10 mahasiswa mengambil ketiga mata kuliah tersebut. Total yang mengambil Kecerdasan Buatan adalah 45 mahasiswa, diantaranya 5 mahasiswa hanya mengambil Kecerdasan Buatan.

  •  a. Berapa mahasiswa mengambil Probstat dan Kecerdasan Buatan, tapi tidak Computer Vision ?
  •  b. Berapa mahasiswa hanya mengambil Computer Vision ?
  •  c. Berapa total mahasiswa yang mengambil Computer Vision ?
  •  d. Jika dipilih mahasiswa secara acak dari yang tidak mengambil Kecerdasan Buatan maupun Computer Vision, Berapa peluangnya terpilih mahasiswa yang tidak mengambil Probstat juga?
  •  e. Jika satu dari mahasiswa yang mengambil paling sedikit dua dari tiga mata kuliah tersebut dipilih secara acak, berapa peluangnya terpilih yang mengambil 3 matavkuliah ?

7. Dalam suatu kotak terdapat 3 bola putih dan 2 bola hitam. Jika dari kotak tersebut diambil secara acak 2 bola sekaligus, maka peluang bola yang terambil berwarna sama adalah …………….

8. Sebuah kartu dipilih secara acak dari serangkaian kartu bridge yang berjumlah 52 kartu. Jika E adalah kejadian terpilih kartu As dan F adalah kejadian terpilih gambar hati, maka :

  • a. Tunjukkan bahwa E dan F saling bebas
  • b. Apakah E dan F saling lepas ?

 

Nah untuk untuk mendownload jawabannya silahkan click disini

 

Both comments and pings are currently closed.