Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

Rilisnya Ubuntu For Android

 

Ubuntu for Android resmi diumumkan oleh Canonical, Selasa (21/1). Ubuntu for Android didesain untuk membawa sistem operasi ini ke smartphone berbasis Android.

Ubuntu for Android bukanlah sebuah sistem operasi yang terpasang secara penuh pada smartphone, namun hanya sebagai aplikasi tambahan yang akan bekerja saat smartphoneterpasang pada docking khusus.

Meski bukan berupa sistem operasi, didalam Ubuntu for Android telah terpasang berbagai aplikasi umum layaknya sebuah OS, seperti aplikasi office, multimedia, web browsing, dan juga email.

Nantinya pengguna bisa mengoperasikan aplikasi ini menggunakan keyboard dan monitor yang terhubung dengandocking tersebut. Jadi saat smartphone dicabut dari docking-nya, maka smartphone akan berfungsi kembali layaknyasmartphone Android biasa.

Tujuan dihadirkannya aplikasi ini adalah untuk memindahkan fungsi desktop Ubuntu ke smartphone Android. Konsep ini mengingatkan orang akan platform WebTop pada perangkat Atrix yang diperkenalkan Motorola.

Ubuntu for Android baru dalam tahap perkenalan dan belum dipertunjukkan secara resmi kepada umum. Demo aplikasi tersebut baru akan dilakukan bertepatan pada saat ajang MWC 2012 berlangsung.

Aplikasi ini bisa jadi sebagai awal langkah Ubuntu untuk memperkenalkan proyek selanjutnya yaitu Ubuntu mobilesebagai sebuah sistem operasi penuh yang rencananya akan diluncurkan tahun 2014

 

Both comments and pings are currently closed.