Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

Maraknya isu mengenai sebuah software yang ada di dalam ponsel berbasis Android, Symbian, dan iOS ini memang sedang hangat diperbincangkan. Nampaknya software ini dapat mencatat segala sesuatu yang kita lakukan pada handphone kita. Software ini bernama Carrier IQ yang dipublikasikan pertama kali oleh seorang pemuda bernama Trevor Eckhart. Dikatakan bahwa Carrier IQ ini dibawa oleh beberapa operator terkemuka di Amerika. Tentu saja hal ini menimbulkan respon negative dari banyak pihak karena melanggar privasi.

Eckhart menganalisa software yang ada pada ponsel android dan menemukan bahwa kegiatan mata-mata / spyware ini berjalan dengan cara yang tidak lazim, bahkan bisa dibilang licik. Carrier IQ di install sedemikian rupa hingga tidak dapat di deteksi tanpa pengetahuan teknis yang tinggi. Carrier IQ ini dapat memonitor segala aktifitas pada ponsel dan mencatat semua URL yang di kunjungi termasuk HTTPS.

Pencipta perangkat lunak Carrier IQ ini menyatakan bahwa software yang ia ciptakan tersebut di desain untuk membantu operator mobile dalam mengembangkan kualitas service nya.

 

Both comments and pings are currently closed.