Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

Teknologi tepat guna adalah teknologi yang cocok dengan kebutuhan masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan. Teknologi kreatif, tepat guna serta ramah lingkungan menginspirasi tiga mahasiswa Teknik Mesin UB untuk membuat “Spinwipe” atau secara sederhana dijelaskan sebagai Alat Pembersih Kaca yang Efektif dan Efisien. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Puspita Fajar K.H., (angkatan 2010), Hendri Ariful A dan Febrina Dyah S (angkatan 2008) dengan Dosen Pembimbing Dr. Eng. Anindito Purnowidodo, ST., M.Eng. Hasil dari pengerjaan dan simulasi alat yang dikerjakan di Studio Perancangan dan Rekayasa dengan Kepala laboratorium Dr. Eng. Moch. Agus Choiron, ST., MT., dan disponsori PT TRIMITRA ABADI Jakarta ini, berhasil meraih prestasi Juara III pada Lomba Desain Kreatif (Mechanical Design CompetitionMechanical Fair 2012 yang berlangsung di Universitas Indonesia, Depok Jawa Barat pada 29 Februari – 1 Maret 2012.

Pada ajang ini juara pertama diraih tim Universitas Gadjah Mada dengan alat Regulator FOS dan Juara 2 diraih tim Universitas Indonesia dengan alat Economized Shoes Washer. Peserta berasal dari seluruh Mahasiswa Teknik Mesin di Indonesia yang mana sistem perlombaan dilakukan seleksi sebelum tahapan final, dan kemudian diambil 10 finalis dari seluruh peserta. Selanjutnya dari 10 finalis diwajibkan untuk mempresentasikan dan memamerkan karya model berskala yang telah dibuat (maket) di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Lomba desain ini secara umum mengharapkan peranan mahasiswa dalam bentuk teknologi tepat guna yang dapat diterapkan untuk masyarakat umum. Sedangkan untuk tahun ini, Mechanical Fair yang salah satu kegiatannya adalah lomba desain, mengusung tema “Improving Indonesia with Self Power” dan subtema “Menghidupkan Potensi Anak Bangsa, Memperkuat Industri Nasional”. Tema yang diangkat didasari dari kesadaran akan perlunya bangsa Indonesia untuk lebih mempercayai dan mengandalkan kekuatan bangsa kita sendiri dalam memajukan Indonesia.

source : http://prasetya.ub.ac.id

 

Both comments and pings are currently closed.