Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

Cara Lihat Komputer Kena Virus/Malware

Virus komputer hanyalah salah satu tipe dari apa yang disebut dengan malware (malicious software) atau malcode (malicious code), yakni semacam program komputer–baik makro atau script– yang dapat dieksekusi dan dibuat dengan tujuan merusak sistem komputer tanpa pengetahuan pemiliknya. Bahkan para ahli telah mencatat lebih dari 40.000 malware/malcode kini tersebar di dunia maya.

Virus dan Malware masih menjadi musuh utama pengguna komputer, berbagai ancaman terhadap user dari berbagai macam virus yang datang setiap waktu, mulai dari pencurian data, kerusakan hardware membayangi pengguna komputer.

Cara yang paling bagus atasi ini adalah dengan melakukan Mematikan process, kemudian cari dan hapus file induk Virus atauMalware dan beserta filenya yang lain dan terkahir adalah mengembalikan settingan yang telah dirubah virus ke pengaturan default.

Ada tool atau aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melihat proses apa saja yang sedang berjalan pada perangkat komputer/laptop salah satunya yaitu Hijackthis. jika sudah bisa kita lihat selanjutnya kita harus bisa membedakan mana file yang benar dari windows dan mana file yang dibuat oleh virus atau malware. caranya adalah dengan mengetikkan nama file yang sedang melakukan proses ke Google Search, dan temukan jawaban dari hasil pencarian. Contohnya smss.exe

Sekarang bagaimana cara kita melihat dan membuka penyamaran virus atau malware dikomputer kita. biasanya virus atau malware banyak menyerupai sistem operasi sehinnga sulit untuk ditemukan, proses yang sering ditiru oleh virus atau malware adalah smss, svchost, services, untuk menghentikan proses ini bisa menggunakan Tool Process XP, atau bisa juga dengan The Killer Machines.

Dengan menggunakan Process XP sobat benar-benar dapat membedakan mana file system yang benar-benar sedang melakukan process dan mana file system yang merupakan sebuah penyamaran dari virus atau malware. Process file system windows selalu mempunyai nama perusahaan Microsoft, sedangkan virus yang menyamar tidak memiliki code name company dan icon yang biasa digunakan biasanya berbentuk icon folder, icon winamp, icon k-lite, icon WMP dan icon yang lainnya.

Apabila  menggunakan The Killer Machines, anda tinggal klik bagian process dan satu persatu pilih process yang sedang berjalan.

Berikut ini cara lain untuk mengatasi Malware di laptop anda :

1.Check menggunakan Google Webmaster.

Buka Google Webmaster, lalu pilih website atau blog sobat yang kena malware. Pilih “diagnostics”, lalu klik “Malware”. Tunggu beberapa saat, hingga asal Malware di ketahui.

2. Check langsung di kode HTML blog .

Jika Google Webmaster tidak menemukan asal Malware, sobat bisa check langsung di kode HTMLnya. Pertama, catat atau copy dulu, link yang terdeteksi sebagai malware oleh antivirus sobat, lalu cari link tersebut di kode HTML blog sobat. Caranya (khusus Blogspot), pilih “Design”, “Edit HTML” lalu tekan di keyboard sobat “Ctrl F”. Masukkan link malware tadi. Jika sudah di temukan, hapus link tersebut, biasanya terselip atau jadi satu dalam sebuah script. Hapus semua script tersebut.

3. Pasang Anti Malware di Laptop.

Setelah asal malware di kode HTML blog sudah di temukan dan di hilangkan, sebaiknya sobat juga mengechecknya dengan software anti malware, siapa tahu komputer atau laptop sobat sendiri terdapat malware juga. Banyak program atau software anti malware gratisanyang bisa di pakai. Sobat bisa mencarinya di search engine. Ane sendiri pakai Malwarebytes

 

 

Both comments and pings are currently closed.