Univ. of Brawijaya Change the World

Informatics Students Blog of Brawijaya University

5 Tanaman Paling Berbaya Di Dunia

Wah ternyata tidak semua tumbuhan itu friendly dengan kita, dan ternyata ada beberapa tumbuhan yang dapat membahayakan bahkan dapat membunuh kita. Ibarat Serigala berbulu Domba mungkin peribahasa inilah yang cocok gunakan untuk menggambarkan tanaman-tanaman berbahaya di bawah ini.

Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang sebenarnya memiliki fungsi untuk membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain. Mulai dari hewan-hewan herbivora sampai perusak lingkungan seperti manusia kita ini. Senjata tersebut sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri-duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Sungguh Tanaman-tanaman yang Berbahaya!

Berikut daftar 10 Tanaman Paling Berbahaya yang terjemahkan dan rangkum dari popularmechanics.com

  • Giant Pitcher Plant / Tanaman Kendi Raksasa : Nepenthes attenboroughii (Sanggup Menelan Tikus Besar)
      
Dapat dijumpai di 5000 kaki di atas permukaan laut Mt. Victoria Filipina, tanaman unik berbentuk menyerupai kendi ini memiliki semacam nektar yang dimiliki pada bunga seperti biasanya. Namun, nektar ini bukannya menjadi hidangan yang lezat bagi yang hinggap di tanaman ini melainkan malah menjadi jebakan paling ampuh untuk menarik perhatian mereka kemudian akan dilumat habis-habisan oleh si Tanaman Kendi Raksasa ini. Diameter mulutnya dapat mencapai 30 cm sehingga cukup besar untuk menelan seekor tikus yang kurang beruntung. Enzim-enzim dan asam-asam tajam membuat makhluk yang sudah masuk di tanaman ini hampir tidak mungkin melepaskan diri dan tinggal menunggu akhir hidupnya.

  • Castor Bean Plant Ricinus Communis (Racunya yang mematikan)
Castor Bean Plant dapat dijumpai dengan mudah di taman-taman, meskipun faktanya tanaman ini memiliki racun ricin yang mematikan, seorang pakar tanaman beracun dan mematikan, Amy Stewart menanam tanaman ini di kebun tanaman beracun miliknya, dan masalahnya tidak ada orang yang berani mencabut atau memanennya kembali.

 

  • Western Water Hemlock : Cicuta douglasii (Tanaman Paling Beracun di Amerika Utara)
Tanaman ini mengandung racun cicutoxin, yaitu racun yang mampu menimbulkan ganggunan ketenangan yang parah, kehilangan kesadaran karena rusaknya jaringan otot hingga akhirnya meninggal dunia. Jika ditelusuri, sebenarnya tanaman berbahaya ini masih satu keluarga dengan tanaman wortel.

 

  • White snakeroot : Eupatorium Rugosum (Tanaman yang Telah Membunuh Ibu President Abraham Lincoln)
Meminum susu dari sapi perah yang sebelumnya sempat memakan tanaman White snakeroot dapat sangat mematikan. Hal tersebut disebakan karena setiap bagian tanaman ini mengandung tremetol dan alkohol jenuh yang dapat menyebabkan kekejangan otot sebelum membunuh korban. Hal itu pula yang menyebabkan ibu Presiden Abraham Lincoln meninggal dunia. Tidak ada satupun orang yang tahu penyebab kematian tersebut sebelum abad ke 19, sampai akhirnya Depertemen Pertanian mengungkapkan penelitiannya.

 

  • Monkshood Aconitum napellus (Tanaman Terbaik untuk Membunuh Tamu Makan Malam)
Tanaman bewarna ungu ini tumbuh dengan racun alkaloid aconite yang dapat menyebabkan sesak dada. Ketika Ami Stewart kembali ditanya dampak terburuk apa yang dapat disebabkan, dia menjawab sekaligus bercanda yang kira-kira seperti ini “Silakan hidangkan sup monkshood dan tamu makan malam anda tidak akan pulang dengan selamat .

 

 

Both comments and pings are currently closed.