Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

25Oct/18Off

Rumus Kimia Magnesium Sulfat

Berikut ini akan memberikan gambaran tentang rumus kimia magnesium sulfat. Seperti diketahui, magnesium sulfat adalah senyawa kimia dari garam anorganik yang mengandung magnesium, sulfur dan oksigen, dengan rumus kimia MgSO4.

Rumus Kimia Magnesium Sulfat

Di alam, mereka ada dalam bentuk mineral sulfat epsomite heptahydrate (MgSO4 • 7H2O), atau umumnya disebut garam Epsom. Nama ini diambil dari air terjun yang mengandung larutan garam yang ditemukan di kota Epsom di Surrey, Inggris. Garam Epsom ditemukan sebagai mineral murni. Bentuk hidrat lainnya adalah kiserit.

magnesium sulfat

magnesium sulfat

Sifat kimia magnesium sulfat - Rumus kimia magnesium sulfat
Untuk rincian lebih lanjut tentang sifat-sifat kimia magnesium sulfat, berikut beberapa sifatnya:

1. Massa molar
120.366 g / mol (anhydrous)
246,47 g / mol (heptahydrate)

2. Penampilan: padatan kristal putih.

3. Bau: tidak berbau

4. Kepadatan:
2,66 g / cm3 (anhidrat)
2,445 g / cm3 (monohidrat)
1,68 g / cm3 (heptahidrat)
1,512 g / cm3 (11-hidrat)

5. Titik lebur:
Anhidrat terdekomposisi pada 1124 ° C.
Monohidrat terdekomposisi pada 200 ° C
Heptahidrat terdekomposisi pada 150 ° C.
undecahydrat terurai pada 2 ° C

6. Kelarutan dalam air:
Untuk anhydrous [26,9 g / 100 ml (0 ° C)) dan (25,5 g / 100 ml (20 ° C)]
Untuk heptahydrate [71 g / 100 ml (20 ° C)]

7. Kelarutan:
1,16 g / 100 mL (18 ° C, eter)
Lebih larut dalam alkohol, gliserol.
tidak larut dalam aseton

8. Indeks bias (nD):
1,523 (monohidrat)
1,433 (heptahydrate)

Kegunaan Magnesium Sulfat

Magnesium sulfat adalah persiapan farmasi magnesium biasa, umumnya dikenal sebagai garam Epsom, yang digunakan baik secara eksternal dan internal. Garam Epsom digunakan sebagai garam mandi. Sulfat disediakan sebagai persiapan gel untuk aplikasi topikal dalam pengobatan sakit dan nyeri. Oral magnesium sulfat umumnya digunakan sebagai pencahar air garam atau pencahar osmotik. Magnesium sulfat juga merupakan persiapan utama magnesium intravena.

Mandi dalam larutan garam Epsom 1% adalah cara yang aman dan sangat mudah untuk meningkatkan kadar sulfat dan magnesium dalam tubuh.

Manfaat untuk penggunaan internal meliputi:

Terapi penggantian untuk hipomagnesemia.
Magnesium sulfat adalah lini pertama agen antiaritmia untuk torsades de pointes dalam serangan jantung menurut ECC 2005 dan untuk pengobatan aritmia quinidine-induced.
Sebagai bronkodilator setelah zat beta-agonis dan antikolinergik telah diuji, misalnya, pada eksaserbasi berat asma. Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium sulfat dapat ditulis untuk mengurangi gejala asma akut. Ini diberikan secara intravena untuk pengobatan serangan asma berat.
Magnesium sulfat juga sering digunakan untuk mengobati eklampsia pada wanita hamil.
Magnesium sulfat juga dapat menunda kerja dengan menghambat kontraksi otot uterus dalam kasus persalinan prematur, untuk menunda persalinan prematur. Namun, meta-analisis belum mengakuinya sebagai tokolitik. Dan penggunaan jangka panjang (lebih dari 5 hingga 7 hari) dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi.

Jadi itu adalah beberapa sifat kimia magnesium sulfat. Inilah penjelasan kali ini tentang rumus kimia magnesium sulfat. Kesimpulannya, rumus kimia magnesium sulfat adalah MgSO4.

Refrense : https://rumus.co.id