Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

5Mar/19Off

Rumus Kecepatan dan Percepatan Serta Contoh Soalnya

kecepatan

RUMUS PERCEPATAN dan KECEPATAN - Sebelum Anda dapat mempelajari tentang percepatan dan kecepatan secara rinci, Anda harus terlebih dahulu memahami kecepatannya. Kecepatan adalah perubahan posisi atau setiap kali. Kecepatan sangat terkait erat dengan akselerasi.

Jika suatu objek memiliki kecepatan yang lebih tinggi, objek tersebut juga memiliki akselerasi. Namun kecepatan suatu objek ketika dipanggil, melambat. Hasil perhitungan nilai percepatan adalah positif dan hasil perlambatan negatif.

Pengertian Percepatan

Percepatan adalah perubahan kecepatan setiap saat. Ada juga yang mengatakan bahwa akselerasi adalah perubahan kecepatan setiap detik. Perlu dipahami bahwa hasil akselerasi positif. Akselerasi adalah ukuran vektor, yang merupakan nilai dan arah. Bagaimana cara saya menulis akselerasi saat Anda mengetik tebal dengan simbol a?

Percepatan juga dapat diartikan sebagai perubahan kecepatan dari kecepatan suatu objek selama gerakan. Ketika kecepatan suatu objek dipertahankan, objek tersebut tidak berakselerasi. Akselerasi hanya terjadi ketika kecepatan suatu benda berubah. Jika kecepatan suatu benda terus berubah, akselerasi benda itu konstan.

Anda dapat menghitung Percepatan dalam meter per detik, berdasarkan waktu yang dibutuhkan suatu objek untuk mengubah kecepatan atau berdasarkan gaya yang diterapkan pada objek tersebut.

Contoh acara yang dipercepat dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  • Pergerakan kelapa dari pohon jatuh lebih cepat di tanah.
  • Pergerakan sepeda di jalan menurun akan lebih cepat.
  • Gerakan sepeda motor, ketika gasnya cepat, meningkatkan gerakannya.

Dalam kehidupan sehari-hari Anda mungkin pernah mendengar istilah kecepatan dan akselerasi.
Kecepatan adalah jarak yang ditempuh oleh satu objek pada suatu waktu.

Rumus Kecepatan

Berikut ini cara menghitung kecepatan yang dikutip dari rumus kecepatan :

V = S / T

Dengan:
V = kecepatan
S = jarak
T = waktu

Ini berarti bahwa jika seseorang menempuh jarak 100 meter dalam 10 detik, kecepatannya adalah 10 m / s. Unit kecepatan bervariasi sendiri, yang paling umum digunakan adalah KM / jam.
Jika ada pelari yang berhasil memecahkan rekor kejuaraan lari 100 meter dengan 10 detik, maka ia sebenarnya melaju dengan kecepatan 36 km / jam.

Rumus Percepatan

Sedangkan percepatan adalah perubahan kecepatan pada waktu tertentu. Berikut ini cara menghitung percepatan yang dikutip dari rumus percepatan

A = ΔV / ΔT

Dengan:
A = akselerasi
ΔV = perubahan kecepatan
ΔT = perubahan waktu

Contoh Soal

Artinya, jika seseorang mengendarai mobil cepat pada kecepatan 40 m / s, ia akan segera berakselerasi dan dalam 10 detik kecepatan mobil akan menjadi 60 m / s, maka akselerasi mobil itu akan menjadi 2 m / s. Ini dapat dihitung dengan rumus di atas:

A = ΔV / ΔT
A = (60-40) / 10
A = 10/10
A = 2 m / s2

Perbedaan paling mendasar dalam Kecepatan dan percepetan adalah seberapa cepat sebuah mobil dapat meningkatkan kecepatannya sementara SPEED mempertimbangkan seberapa cepat sebuah mobil menempuh jarak tertentu.

Ini menjelaskan mengapa setiap majalah mobil menunjukkan seberapa cepat mobil dapat mencapai kecepatan 100 km / jam dari keadaan diam. Setiap mobil harus mampu mencapai kecepatan 100 km / jam, tetapi hanya mobil mahal yang bisa mencapai kecepatan 100 km dalam waktu kurang dari 10 detik

Itulah penjelasan rumus kecepatan dan percepatan semoga bermanfaat...