Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

29Aug/19Off

Perbedaan kanker ginjal pada anak-anak dan orang dewasa

Kanker dapat menyerang sel mana saja di tubuh, termasuk ginjal. Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak pun bisa mengalaminya. Namun, Anda tahu bahwa kanker ginjal yang diderita anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Untuk mengetahui perbedaannya, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan kanker ginjal pada anak-anak dan orang dewasa

Ginjal terdiri dari dua organ, yaitu perut kiri dan kanan. Tugas utama ginjal adalah untuk menyaring darah, membuang kelebihan air, garam dan produk-produk limbah dalam tubuh dan membuangnya sebagai urin. Selanjutnya, organ ini juga membantu memastikan bahwa tubuh memiliki cukup sel darah merah.

Saringan organ penting ini bagi tubuh sebenarnya bisa juga terserang kanker. Umumnya disebut karsinoma ginjal. Baik orang dewasa maupun anak-anak dapat tertular penyakit ini.

Meskipun menyerang anak-anak dan orang dewasa, kanker ginjal pada anak-anak dan orang dewasa berbeda. Kanker ginjal pada anak-anak sering disebut tumor Wilms atau nephroblastoma.

Sementara itu, karsinoma sel ginjal dewasa dikenal sebagai karsinoma sel ginjal, hiperneproma, atau adenokarsinoma ginjal. Agar lebih jelas, mari kita kupas perbedaannya satu per satu.

1. Usia rata-rata kanker
Tumor Wilms umumnya terjadi pada usia anak-anak. Dikutip dari laman Mayo Clinic, penyakit ini paling sering menyerang anak usia 3 hingga 4 tahun dan jarang terjadi pada anak yang berusia lebih dari 5 tahun. Sementara itu, adenokarsinoma ginjal adalah risiko terbesar pada orang tua.

2. Kondisi lain yang menyertai dan faktor risiko
Pada orang dewasa dan anak-anak, karsinoma sel ginjal disebabkan oleh perkembangan sel yang tidak normal. Sel-sel terus berkembang tanpa kontrol, sehingga mereka mengumpulkan dan membentuk tumor di ginjal.

Meskipun penyebabnya sama, faktor risikonya berbeda. Tumor Wilms lebih berisiko jika ada anggota keluarga yang juga memiliki penyakit serupa. Lebih lanjut, karsinoma ginjal yang menyerang anak-anak juga lebih sering terjadi pada anak-anak yang lahir dengan kelainan atau sindrom tertentu, seperti:

Aniridia. Anak-anak lahir dengan kelainan iris (mata berwarna).
Hemihipertrofi. Bayi lahir dengan satu sisi tubuh atau beberapa bagian tubuh yang lebih besar.
Sindrom WAGR Sindrom ini mencakup tumor Wilms, anirides, kelainan sistem reproduksi dan kemih, serta masalah kognitif.
Sindrom Denys-Drash. Sindrom ini termasuk penyakit ginjal dan pseudohermafroditisme pria, yang merupakan bayi yang lahir dengan testis tetapi menunjukkan fitur lain pada wanita.
Sindrom Beckwith-Wiedemann. Bayi lahir dengan lidah besar, organ dalam besar dan gangguan telinga.
masalah paru-paru bayi prematur
Tidak seperti kanker ginjal pada anak-anak, orang dewasa yang berisiko terkena kanker ini biasanya memiliki faktor-faktor berikut:

Kebiasaan hidup yang buruk. Merokok dan kelebihan berat badan memiliki risiko memperburuk kerja ginjal dan menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal.
Mereka memiliki beberapa masalah kesehatan. Orang dewasa yang memiliki hipertensi, menjalani perawatan untuk gagal ginjal atau memiliki sindrom Birt-Hogg-Dube, gangguan langka yang mempengaruhi kulit dan paru-paru.
Terkena bahan kimia. Paparan bahan kimia, seperti kadmium atau herbisida, dapat merangsang perkembangan sel-sel tubuh.
Warisan dan usia. Punya anggota keluarga dengan kanker dan lebih tua sehingga sel-sel ginjal lemah dan risiko menjadi abnormal.
3. Gejala kanker muncul
Gejala kanker ginjal yang menyerang anak-anak dan orang dewasa sangat bervariasi. Sebagian besar anak yang mengalami kanker Wilms akan mengalami tanda dan gejala berikut:

Nyeri perut disertai bengkak
Demam, mual dan muntah
Sembelit dan kehilangan nafsu makan
Adanya darah dalam urin
Sesak nafas dan tekanan darah tinggi
Pada orang dewasa dengan kanker ginjal, mereka juga akan mengalami pembengkakan perut, darah dalam urin dan nafsu makan berkurang, seperti yang dialami oleh anak-anak.

Namun, rasa sakit tidak hanya di sekitar perut, tetapi bisa menembus ke daerah pinggang dan punggung. Selain itu, bahkan orang dewasa dengan kondisi ini umumnya mengalami anemia.

Meski berbeda, perawatan dasarnya sama
Bahkan jika mereka berbeda, orang dewasa atau anak-anak dengan karsinoma sel ginjal akan mengalami perawatan yang sama.

Perawatan termasuk pengangkatan tumor dan sel kanker secara bedah, diikuti dengan terapi seperti kemoterapi, radiasi dan obat-obatan antikanker lainnya.

Baca Juga :

Recent Posts

Filed under: Kesehatan Comments Off