Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

15Aug/19Off

Pakaian Adat Bali Lengkap

Pakaian tradisional Bali - Bali adalah daerah yang memiliki kekayaan luar biasa. Selain menjadi tujuan wisata bagi wisatawan dari seluruh dunia, pulau ini juga merupakan tempat yang kaya akan budaya.

Budaya yang dimiliki oleh orang Bali adalah salah satu identitas budaya utama di Indonesia. Budaya yang terikat pada pulau ini adalah pakaian tradisional Bali.

Pakaian tradisional Bali cukup terkenal bagi wisatawan domestik dan asing. Salah satu yang membuat wisatawan asing berkunjung ke Bali adalah karena minat mereka pada pakaian tradisional. Bukan hanya pakaian yang menarik wisatawan, tetapi juga tarian dan rumah tradisional yang menarik.

Pakaian khas Bali memiliki nilai filosofis yang menunjukkan makna pakaian. Filosofi pakaian Bali pada dasarnya adalah keyakinan yang berasal dari ajaran Sang Hyang Widhi, dewa yang diyakini memberikan kegembiraan, kedamaian dan bayangan bagi orang-orang Hindu yang percaya padanya.

Pakaian Adat Bali

Pakaian tradisional Bali sebagai identitas budaya
Karakteristik pakaian tradisional Bali sebagai identitas budaya
Nama pakaian tradisional Bali
1. Pakaian Safari
2. Udeng
3. Kamen
4. Kebaya Bali
5. Selendang
6. Chignon (Pusung)
7. Kemeja putih
Pakaian tradisional Bali sebagai identitas budaya
Layaknya pakaian terkenal yang unik di nusantara, pakaian tradisional Bali memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan gaun-gaun ini dengan pakaian tradisional lainnya.

 

Karakteristik ini berada dalam bentuk fisik dan dalam tradisi memakainya. Sebagai pakaian tradisional yang bervariasi dan membuat orang lain tertarik melihatnya, pakaian tradisional Bali berikut ini akan dijelaskan:

Karakteristik pakaian tradisional Bali sebagai identitas budaya
Pakaian tradisional Bali

Pakaian Adat Bali

Pakaian tradisional Bali memiliki karakteristik pakaian yang unik dan menjiwai karakter budaya lokal Bali yang sama. Pakaian yang digunakan antara pria dan wanita berbeda, mulai dari bahan, model / bentuk dan aksesori untuk melengkapi pakaian ini.

Pakaian tradisional Lampung
Jika Anda melihat orang-orang Bali, pakaian adat dan aksesoris tidak hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu, tetapi sudah menjadi tradisi untuk menggunakannya setiap hari.

Jika Anda pergi ke Bali di beberapa tempat, Anda akan melihat banyak orang mengenakan kostum tradisional sedikit terbuka bahkan jika mereka tidak menghadiri acara tersebut. Ini menunjukkan bahwa pakaian Bali telah menjadi bagian dari aktivitas kehidupan masyarakat.

Tetapi Anda tidak hanya berpakaian sedikit terbuka, Anda juga bisa menemuinya dengan pakaian tertutup dan itu adalah jenis pakaian tradisional Bali.

Sedangkan untuk pakaian tradisional Bali, ada satu hal lagi yang menjadi fitur utama, yaitu nama masing-masing jenis pakaian tradisional itu sendiri. Ada berbagai jenis pakaian tradisional Bali dengan nama yang berbeda. Berikut adalah nama-nama jenis pakaian Bali dan penjelasannya:

Nama pakaian tradisional Bali
Pakaian tradisional Bali tidak hanya memiliki satu jenis tetapi ada berbagai jenis pakaian tradisional Bali yang bisa Anda ketahui. Dari semua pakaian tradisional Bali Anda mungkin tidak pernah tahu atau mendengarkannya. Berikut adalah beberapa pakaian tradisional Bali dan penjelasannya:

1. Pakaian Safari
Pakaian tradisional Bali
Gaun Safari adalah pakaian tradisional Bali yang dikenakan oleh pria. Bentuk kemeja safari seperti kemeja pada umumnya dan lengkap dengan kerah dan kancing. Ada juga kantong yang dibuat di kiri atau kanan. Warna Baju Safari identik dengan bersih, sehingga warna baju yang tepat adalah putih murni.

2. Udeng
Pakaian tradisional Bali
Udeng adalah nama lain untuk ikat kepala atau topi baja yang dikenakan dengan pakaian tradisional Bali. Band ini telah menjadi sesuatu yang spesial bagi masyarakat Bali. Selain digunakan bersamaan dengan pakaian Bali, udeng juga dipakai saat orang beribadah di pura.

Pakaian tradisional Jawa Barat
Beberapa pria masih menggunakan udeng bahkan jika mereka tidak menghadiri acara atau ibadah. Ini karena kesadaran budaya yang tinggi dan menciptakan kekhasan bahwa pria akan lebih baik menggunakan udeng kapan saja dan di mana saja.

3. Kamen
Pakaian tradisional Bali

Kamen adalah kain yang disubordinasikan dengan pakaian tradisional Bali yang dikenakan oleh penduduk asli Bali. Saat diamati, Kamen memiliki kemiripan dengan sarung berbentuk persegi dengan kain tertentu. Kain Kamen terbuat dari kain tipis. Pria dan wanita memiliki aturan penggunaan yang berbeda untuk mengenakan kamen ini.

Sumber : santinorice.com

 

Filed under: Umum Comments Off