Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

24Aug/19Off

Gerak Jatuh Bebas : Pengertian, Rumus, Dan Contoh Soalnya Secara Lengkap

gerak jatuh bebas

Gerak Jatuh Bebas : pemahaman, formula, dan contoh masalah sepenuhnya - Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan "Gerakan bebas" ??? Jika Anda tidak mengetahui hal ini, Anda sepenuhnya benar dengan mengunjungi gurupendukasi.com. Karena dalam hal ini Jika kita akan membahas arti dari gerakan jatuh bebas, rumus untuk gerakan jatuh bebas dan contoh lengkap gerakan jatuh bebas, maka mari kita tinjau ulasan di bawah ini.

Pengertian Gerak Jatuh bebas

Aplikasi nyata dari gerakan langsung berubah secara tidak teratur dengan akselerasi positif (gerak langsung berakselerasi dengan akselerasi tetap) - ini adalah benda yang jatuh dari ketinggian h meter dengan kecepatan awal sama dengan nol atau tanpa kecepatan awal. Akselerasi yang dialami objek adalah percepatan gravitasi bumi g (m / s2). Pergerakan objek ini adalah garis lurus. Gerakan ini disebut jatuh bebas.

Gerakan jatuh bebas didefinisikan sebagai gerakan benda yang jatuh dari ketinggian tertentu di atas tanah tanpa kecepatan awal, dan hanya gravitasi yang mempengaruhi gerakannya.

Formula jatuh bebas

Gerakan jatuh bebas dapat menunjukkan bahwa suatu benda jatuh tanpa kecepatan awal dari ketinggian h dan berada di bawah pengaruh percepatan di bawah pengaruh gravitasi g.

Secara matematis, terjun bebas ditulis:

vt = v0 + a.t

Karena v0 = 0 dan a = g, rumus di atas berubah menjadi:

vt = g.t

Informasi: vt = kecepatan (m / s), g = percepatan gravitasi (m / s2) dan t = waktu.

Rumus untuk menemukan ketinggian objek (h) dapat menggantikan persamaan gerak maju yang berubah secara tidak teratur, sehingga diperoleh persamaan ketinggian untuk gerak jatuh bebas:

h = ½ gt2

Untuk menentukan kecepatan jatuh bebas suatu benda dari ketinggian h, dapat ditentukan dengan rumus:

W 2 = 2 GG

Contoh gerakan jatuh gratis
Objek dilepaskan dari ketinggian 20 meter di atas tanah (r = 10 m / s ^ 2). Berapa kecepatan objek setelah mencapai ketinggian 15 meter di atas tanah?
penyelesaian:

Perhatikan:

h1 = 20 m
h2 = 15 m
g = 10 m / s ^ 2

Untuk pertanyaan:

vt = ....?

Menjawab:

h = h1 - h2
h = 20-15
h = 5 m
Kemudian kita dapat menentukan kecepatan akhir:

Sel 2 = 2gh
Sel 2 = 2.10.5
2 = 100
VT = Root 100
W = 10 m / s
Jadi, kecepatan jatuh objek adalah 10 m / s.

Artikel Lainnya :

gurusekolah.co.id

Filed under: Rumus Fisika Comments Off