Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

1Mar/19Off

Cara membaca dan menghitung mikrometer sekrup

Bagi mereka yang memiliki pertanyaan tentang Screw Micrometer - Screw Micrometer reading dan metode perhitungan Screw Micrometer, kali ini saya akan menjelaskan secara rinci dalam artikel ini secara langsung. Pada dasarnya definisi sekrup mikrometer adalah alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur panjang, diameter, atau ketebalan suatu benda. Keakuratan (presisi) alat ini sangat tinggi, 0,01 mm atau 10 kali lebih akurat daripada kaliper yang hanya mencapai 0,1 mm.

Cara membaca dan menghitung mikrometer sekrup

Sekrup mikrometer sering digunakan untuk mengukur benda kecil dengan menggunakan sekrup mikrometer dengan tingkat presisi yang tinggi ini. Bagi mereka yang tidak tahu bagaimana alat ini, bagian, penggunaan sekrup mikrometer yang benar, artikel ini akan menjelaskannya sebagai bahan pembelajaran bagi kita semua. Selanjutnya, mari kita lihat mikrometer sekrup dengan bagian-bagian berikut.

Dari penjelasan tentang sekrup mikrometer di atas, kita dapat melihat bahwa ada tujuh bagian dari mikrometer sekrup yang perlu kita ketahui. Bagian-bagian mikrometer sekrup adalah sebagai berikut.

Bagian mikrometer sekrup:

Poros tetap berada di ujung bingkai melengkung dan tidak bisa bergerak.
Poros poros berada di ujung bingkai dan dapat digerakkan dengan memutar tombol.
Skala utama sekrup mikrometer disusun sejajar dengan poros geser dan skalanya adalah satuan mm.
Skala non-skala (skala putar) mikrometer sekrup berada di sebelah skala utama dan berputar di sekitar skala utama. Akurasi non-skala adalah 0,01 mm.
Pemutar sekrup mikrometer terletak di sebelah non-skala dan dapat diputar untuk menggerakkan poros geser.
Kunci sekrup mikrometer berfungsi untuk mengunci poros geser agar tidak bergerak.
Ratchet sekrup mikrometer adalah bagian yang tidak memiliki fungsi selain membantu pergerakan poros geser. Ketika poros geser bergerak, ratchet juga bergerak.
Bingkai berada di sekrup mikrometer berbentuk U sebagai bingkai poros.

Selengkapnya di : https://rumusbilangan.com

Sudut pandang skala mikrometer sekrup

Secara umum, skala mikrometer dibagi menjadi dua jenis, skala utama dan skala putar atau skala nonius. Penjelasan dari dua skala sekrup mikrometer adalah sebagai berikut.

Definisi skala utama

Ini terdiri dari skala: 1, 2, 3, 4, 5 mm dll berada di atas. Dan nilai menengah: 1.5. 2.5; 3.5; 4, 5; 5,5 mm di bagian bawah dll.

Definisi Skala Nonius atau Skala Bermain

Ini terdiri dari skala 1 hingga 50. Setiap kelulusan putar atau kelulusan Nonius berputar terbalik satu kali. Skala utama meningkat 0,5 mm. Untuk membuat satu skala rotasi = 1/100 mm = 0,01 mm dari logika.
Metode perhitungan mikrometer ulir

Seperti kita ketahui, sekrup mikrometer terdiri dari dua skala: skala utama (pada poros geser) dan skala non-skala atau putar (pada pemain). Masing-masing timbangan ini memiliki fungsi yang berbeda.

Pada skala utama ada angka yang mewakili satuan milimeter (mm), dan ada titik tengah di antara angka-angka ini. Misalnya, pada contoh gambar di atas, skala utama menunjukkan angka 5,5 mm.

Pada skala nonenus ada angka yang mewakili skala mikrometer (0,01 mm). Skala itu sendiri adalah 50 baris per putaran. Ketika non-skala diputar penuh, poros geser biasanya bergerak sekitar 0,5 mm. Oleh karena itu, setiap baris pada skala Nonius adalah 0,5 mm tebal dibagi dengan 59 baris = 0,01 mm.

Melihat contoh mikrometer sekrup atas, skala sekrup mikrometer Nonius menunjukkan garis 26. Sekarang, dari mengamati dua skala ini, Anda dapat menghitung berapa ketebalan objek dengan menambahkan nilai (= 5,5 mm + 0,26 mm = 5,76 mm) ditunjukkan oleh skala utama dan skala nonius.

Filed under: Rumus Comments Off