Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

6May/19Off

Bisakah Anda memberikan air kelapa untuk anak-anak?

Air kelapa sering dianggap minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anak. Meskipun banyak yang menyarankan ini, masih bisa enggan menyediakan air kelapa untuk anak-anak. Sebenarnya, bisakah Anda memberikan air kelapa atau tidak?

Bisakah Anda memberikan air kelapa untuk anak-anak?

Jawabannya jelas mungkin. Namun, ada beberapa aturan umur jika Anda ingin menyediakan air kelapa untuk anak-anak. Anak-anak baru dapat minum air kelapa ketika mereka berusia di atas 6 bulan.

Idealnya Anda bisa memberikannya sekitar 6-8 bulan, atau pada saat yang sama anak mulai mencoba makanan pendamping.

Tidak kalah dengan susu dan jus buah, air kelapa juga berkontribusi terhadap sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anak. Dilihat dari kandungan nutrisinya, secangkir air kelapa dapat menyediakan 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, 3 gram serat, 0,5 gram lemak dan berbagai vitamin dan mineral lain yang melengkapi nutrisi yang dikandungnya, dikutip oleh Healthline .

Selain itu, air kelapa juga kaya akan elektrolit, seperti potasium, kalsium dan magnesium, yang membantu mendukung fungsi organ-organ tubuh. Kandungan gula dan kalorinya yang rendah juga menambah daftar manfaat jika memberikan air kelapa untuk anak-anak.

Minuman ini juga dapat dipertahankan untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi tekanan darah, meredakan sembelit, sumber antioksidan dan sumber hidrasi yang baik untuk tubuh.

minum air kelapa

Tapi hati-hati, air kelapa bisa memicu alergi
Selain diminum langsung, air kelapa juga dapat diproses dengan makanan padat lainnya seperti sarapan, makan siang atau makan malam untuk anak. Namun, Anda harus berhati-hati sebelum memberikan air kelapa kepada anak-anak.

Pastikan anak Anda tidak memiliki alergi kelapa dan semua persiapannya. Untuk mengetahuinya, tunggu hingga beberapa hari setelah bayi pertama kali mencoba minum air kelapa, sebelum beralih ke jenis makanan dan minuman lain.

Jika Anda menderita alergi, gejalanya biasanya akan muncul beberapa hari kemudian. Artinya, Anda tidak dapat lagi memasok kelapa dan produk olahan lainnya untuk anak Anda. Namun, jika anak Anda terlihat oke dan menyukainya, itu berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca juga:

Filed under: Umum Comments Off