Sedikit Ilmu Tentang Rumus Pendidikan Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

23Sep/19Off

8 Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan

Sambiloto atau Andrographis paniculata merupakan tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Sudah lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit.

Manfaat Daun Sambiloto

Bisa menurunkan deman

Penyakit demam memang bisa menyerang siapa saja, terlebih pada musim pancaroba yang tidak menentu. Nah, untuk mengatasi suhu tubuh yang terlalu berlebihan, anda bisa menggunakan daun sambiloto sebagai salah satu alternatif obat tradisional. Karena pada daun ini terdapat zat antiperetika yang sangat ampuh untuk menurunkan suhu panas yang terjadi di dalam tubuh.

Mencegah kanker

Daun sambiloto juga sudah terbukti bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit trofoblas serta tumor paru yang bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya kanker ganas pada tubuh kita. Bagi anda yang ingin menghindari penyakit kanker ini, ada baiknya bila mulai sekarang anda rutin mengkonsumsi daun sambiloto.

Menurunkan tekanan darah

Hasil uji coba yang telah dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa zat kalium yang terdapat pada daun sambiloto berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, bagi anda yang menderita penyakit ini, manfaatkan saja obat herbal yang terbuat dari daun sambiloto. Selain tidak mengandung zat kimia, ekstrak dari daun ini tak akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh anda.

Dapat mengobati penyakit tipes

Penyakit tifus memang merupakan penyakit yang bisa menjangkit siapapun. Salah satu penyebabnya adalah karena kita terlalu capek. Nah, bila anda atau salah satu anggota keluarga yang ada di rumah menderita penyakit ini, anda bisa menggunakan daun sambiloto sebagai alternatif untuk penyembuhan. Caranya dengan merebus segenggam daun sambiloto ke dalam ½ ltr air lalu tunggu sampai mendidih. Bila airnya tinggal segelas saja, angkat, dan minum selagi hangat.

Mencegah diabetes atau penyakit gula

Diabetes memang merupakan penyakit turunan. Namun jangan salah bagi kita yang tidak memiliki riwayat diabetes pun juga bisa terserang penyakit ini. Salah satu penyebabnya adalah karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Nah, untuk mengontrol agar kandungan gula dalam darah tidak berlebih, mengkonsumsi daun sambiloto dengan merebusnya merupakan alternatif yang bisa kita coba. Tak hanya untuk mencegah saja, khasiat dari daun sambiloto juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes.

Mengobati sengatan hewan berbisa

Bagi anda yang tak sengaja disengat hewan berbisa, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun sambiloto. Caranya dengan mengunyah daun sambiloto yang telah dicuci bersih. Setelah itu telah air kunyahannya, dan untuk ampas dari daun sambiloto bisa anda tempelkan pada bagian luka sengatan yang ada di tubuh anda.

Mengatasi malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles betina. Salah satu cara untuk mengobati penyakit ini dengan menggunakan daun sambiloto, yakni dengan merebusnya dalam 1 liter air. Minum rutin 3 sampai 4 kali sehari.

Mengobati disentri

Bila anda sedang menderita penyakit disentri, kandungan yang ada dalam daun sambiloto bisa mengobati penyakit ini. Caranya cukup mudah, hanya dengan menguapkan beberapa lembar dari daun sambiloto. Setelah itu tumbuk sampai benar-benar halus lalu peras. Air perasannya bisa anda campurkan dengan beberapa mili bubuk sambiloto, lalu aduk-aduk kemudian minum rutin 3 kali sehari.

Itulah manfaat dan khasiat daun sambiloto untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula.