rozzaqu norma

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya

10 artikel jurnal e-commerce

 

Financial e-commerce under capital regulation and deposit insurance

A new strategy for harnessing knowledge management in e-commerce

Evolving a “Wise” integration system for e-commerce transactions

Measuring the impact of organizational constraints on the success of business-to-business e-commerce efforts: a transactional focus

An E-Commerce Sales Model for Manufacturing Companies:: A Conceptual Framework and a European Example

Market share, profit margin, and marketing efficiency of early movers, bricks and clicks, and specialists in e-commerce

Airline e-commerce: the revolution in ticketing channels

Technology, politics, and e-commerce: Internet sales tax and interstate cooperation

A prediction model for success of services in e-commerce using decision tree: E-customer’s attitude towards online service

E-commerce in financial services:: An e-agenda for the corporate parent

 

source :

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1059056003000777

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160791X05000321

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1567422306000603

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0378720603000880

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0263237302001512

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0148296304000906

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0969699703000401

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0957417406001825

 

http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0263237301000445

 

NANANG SURYADI

NANANG SURYADI (LECTURE)

Situs e-commerce di Indonesia

 

-Kaskus

www.kaskus.us

Situs kaskus ini membantu para penjual untuk menjual barangnya melalui forum dalam kaskus ini, barang yang terdapat di kaskus bermacam – macam. Biasanya barang yang cepat laku adalah barang yang unik dengan testimony yang unik  agar dapat menarik konsumen, dan pastinya dengan harga yang terjangkau juga. Menariknya bahasa yang ada di kaskus ini bikin selalu tertawa. Dalam mengunjungi situs kaskus ini penjual yang terpercaya di situs ini biasanya sudah mendapat tanda cendol yang berarti penjualnya memang serius dalam berjualan, jika belum mendapat cendol dari kaskus maka penjual itu patut dicurigai dan jangan mempercayainya dahulu.

 

-Modifikasi.com

www.modifikasi.com

Salah satu Forum Diskusi Otomotif Terbesar Di Indonesia Untuk Komunitas Mobil, yang sekarang menjadi wadah Jual Beli Mobil Bekas, Car Audio, Ban, Velg, Knalpot, Mesin, Aksesoris, dll. Pemasarannya dilakukan melalui media internet, yang tentu saja agar konsumen lebih mudah untuk berkunjung mancari dan membeli barang yang diiginkan. Menurut saya situs – situs seperti iniyang sangat menarik untuk wadah pecinta otomotif di Indonesia, karena akan dengan mudahnya kita pecinta otomotif untuk mencari dan membeli barang yang kita inginkan  hanya dengan membuka situs modifikasi.com ini, barang- barang yang dijual sangat berkualitas, ini dilihat dari pengalaman saya dalam membeli barang otomotif di situs ini.

 

-Hartono Elektronika

www.hartonoelektronika.com

Situs ini adalah situs pemasaran melalui media elektronik internet yang dimiliki oleh toko elektronik Hartono yang menjual berbagai macam barang elektronik. Menurut saya dengan adanya situs ini konsumen dari toko elektronik Hartono akan dengan mudahnya mengetahui harga barang elektronik yang diinginkan sehingga tidak susah – susah berkunjung ke toko elektronik hartono untuk mengecek harga.

 

-Toko Bagus

www.tokobagus.com

Tokobagus.com adalah salah satu pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas. Situs ini menarik, barang – barang yang dijual dikategorikan seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan akan langsung dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan di situs toko bagus ini secara gratis.

 

-Glodokshop

www.glodokshop.com

Situs ini menyediakan berbagai macam elektronik, mulai dari yang umum dan tidak umum di pasaran. Glodok shop sudah 12tahun berdiri di Indonesia untuk membantu pemasaran melalui media internet. Situs ini menurut saya bagus karena dari bentuk layanannya sudah terjamin, dalam cara pemesanannya terdapat hotline yang tersedia mulai dari cara bertransaksi, metode pembayaran, pengiriman, kredit online, dan perjanjian transaksi. Dalam hotline pelayanan purna jualnya pun terdapat complain pelayanan, barang belum sampai, FollowUp pemesanan, perbaikan produk, kritik, saran &testimonialnya pun pasti selalu dibantu oleh hotline dari glodok.shop ini. Hanya saja tampilan dari glodokshop ini kurang menarik, masih terlalu ribet untuk dilihat, harusnya ditata sesimpel mungkin namun tetap harus megutamakan unsur menarik agar konsumen sering berkunjung ke situs glodokshop ini.

 

 

Situs e-commerce Luar Negeri

eBay

www.eBay.com

eBay adalah sebuah situs web dari yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa. Menurut saya untuk membeli di situs ini sangat aman dan terpercaya karena Website ini memberikan keamanan bagi orang-orang yang melakukan transaksi sehingga resiko penipuan bisa diminimalisir dengan baik dengan layanan ebay buyer protection. Dari segi pembayaran pastinya situs kuar negeri seperti ini menggunakan paypal. Untuk cara bertransaksinyapun terdapat  petunjuk dalam melakukan pembelian sehingga pengunjung website yang akan melakukan pembelian bisa memahami lebih dulu bagaimana cara melakukan transaksi dengan benar, agar tidak keliru dalam melakukan langkah dalam bertransaksi.

 

Nanang Suryadi

Nanang Suryadi

 

terjemahan Manual Joomla dan WordPress untuk E-Commerce

 

Dosen : Nanang Suryadi

Guideline Webmaster Google

 

Pastikan semua situs yang harus tahu tentang halaman Anda sadar situs Anda online.

 

Desain dan isi pedoman :

 

  • Buat situs dengan hirarki yang jelas dan teks link.
  •  Tawarkan peta situs kepada pengguna dengan link yang menunjuk ke bagian penting dari situs.
  • Jauhkan link pada halaman tertentu ke nomor yang wajar.
  • Informasi situs dan penulisan halaman yang secara jelas dan akurat tentang penjelasan konten.
  • Pergunakan kata untuk ditemukan pada halaman, dan pastikan bahwa situs benar-benar termasuk kata-kata di dalamnya.
  • Cobalah untuk menggunakan teks daripada gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Crawler Google tidak mengenali teks yang terdapat dalam gambar. Jika harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan”ALT” atribut untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif.
  • Pastikan bahwa  <title> elemen dan atribut ALT yang deskriptif dan akurat.
  • Periksa link yang rusak dan HTML yang benar.
  • Jika memutuskan untuk menggunakan halaman dinamis (misalnya URL berisikarakter “?”), Diketahui bahwa tidak setiap  mesin pencari mencari halaman dinamis sebaik halaman statis.
  • Meninjau praktek yang direkomendasikan terbaik kami untuk gambar dan video.

 

Kualitas pedoman :

 

  • Pedoman ini mencakup kualitas bentuk yang paling umum dari perilaku menipu atau manipulatif, namun Google akan merespon negatif praktik menyesatkan lain yang tidak tercantum di sini (misalnya menipu pengguna dengan mendaftarkan salah eja terkenal website).
  •  Jika yakin bahwa situs lain yang menyalahgunakan panduan kualitas Google, silahkan melaporkan bahwa situs di https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport.

 

 Kualitas pedoman – prinsip dasar :

 

  • Membuat halaman terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari.
  •  Hindari trik yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.
  • Jangan berpartisipasi dalam skema link yang dirancang untuk meningkatkan peringkat situs atau PageRank.

 

Petunjuk teknis yang dilakukan :

 

  • Gunakan browser teks seperti Lynx untuk memeriksa situs, karena kebanyakan search engine melihat situs seperti Lynx.
  • Izinkan bot pencarian untuk merayapi situs tanpa ID sesi atau argumen yang melacak jalur mereka melalui situs.
  • Pastikan server web mendukung If-Modified-Since HTTP header.
  • Memanfaatkan file robots.txt pada server Web.
  • Melakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari.
  • Gunakan robots.txt untuk mencegah crawling dari halaman hasil pencarian atau otomatis dihasilkan halaman yang tidak menambah nilai lebih bagi pengguna yang datang dari search engine.
  • Uji situs untuk memastikan bahwa itu muncul dengan benar di browser yang berbeda.
  • Memantau performa situs dan mengoptimalkan beban kali.

 

 

 

 

 

 

 

Guideline Webmaster Yahoo

 

 

Dalam guideline webmaster yahoo disini berkaitan dengan Bing. Dimana Bing adalah evolusi dalam ruang mesin pencari. Dengan desain yang inovatif, antarmuka pengguna baru (UI) membawa kedalaman baru dan peluang untuk pencari, mereka sekarang dapat dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari ketika mereka mencari di Internet. Baru UI fitur, seperti Quick Tabs, Penelusuran Terkait, dan Preview Dokumen (untuk nama hanya beberapa), informasi permukaan lebih banyak dan lebih banyak kesempatan sekarang untuk menemukan apa yang pencari ingin tahu sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih lebih cepat. Akibatnya, kami menjelaskan Bing sebagai mesin keputusan. (Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur UI baru di Bing, lihat Bing Webmaster Pusat posting blog, Bing kertas putih untuk webmaster & penerbit dirilis.)

 

Terdapat Prinsip Bing SEO :
SEO pada dasarnya adalah tentang membuat website yang baik untuk orang. Saran yang paling dasar yang dapat kita berikan untuk mencapai peringkat yang optimal untuk situs di Bing adalah dengan melakukan hal berikut:

  • Mengembangkan besar, konten asli (termasuk kata kunci baik dilaksanakan) diarahkan audiens
  • Gunakan baik architected kode dalam halaman web (termasuk gambar dan peta situs) sehingga pengguna web ‘browser dan crawler mesin pencari dapat membaca konten yang akan diindeks)
  • Dapatkan beberapa, berkualitas tinggi, inbound link otoritatif
    Seperti yang terlihat dengan link, banyak dari bahan ini telah dibahas secara mendalam dalam blog Pusat Webmaster di tim kami yang berkelanjutan, pemasaran pencarian mesin kolom (SEM).

Untuk mengikuti informasi terbaru dan terbesar datang dari tim Webmaster Bing Pusat, disarankan untuk mengikuti dan meninjau konten berikut:

  • Review pedoman resmi Bing untuk dokumen pengindeksan sukses untuk rekomendasi berbagai masalah teknis dan konten serta masalah yang diketahui yang dapat mempengaruhi peringkat situs
  • Kunjungi blog Pusat Webmaster untuk mengikuti informasi terbaru dari tim (bahkan dapat berlangganan RSS Feed blog kita untuk mengotomatisasi proses ini)
  • Daftarkan semua website dengan Bing Webmaster Pusat alat, di mana dapat menggunakan alat untuk melihat segala macam data ke website yang berhubungan dengan webmaster
  • Berpartisipasi dalam forum Webmaster Pusat pengguna menampilkan peta dan memberikan kami umpan balik.

 

 Nanang Suryadi

Kontes SEO Alfmart

Kontes SEO Cari Kredit

Artikel Kontes SEO: Informasi Kredit Terbaik di Indonesia 

Pada hari ini tanggal 12 Maret 2012 materi mata kuliah e-commerce menulis blog diwordpress dan blog universitas brawijaya .

baca : percobaan SEO

Kode – kode wajib yang digunakan pada HTML5 :

 

1. Contenteditable. Yaitu atribut baru dari HTML5 yang memungkinkan sebuah elemen untuk dimodifikasi langsung pada tampilan. Contoh sederhananya:

?

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

<!DOCTYPE html>

<html lang=”en”>

<head>

<meta charset=”utf-8″>

<title>Judul</title>

</head>

<body>

<h2>Daftar barang piknik</h2>

<ul contenteditable=”true”>

<li>Jas hujan</li>

<li>Tenda</li>

<li>Air minum</li>

</ul>

</body>

</html>

Hasil tampilan dari kode di atas adalah memungkinkan untuk penambahan list dalam tag “ul” yang telah diberikan atribut tersebut. Jika dikombinasikan dengan sedikit Javascript, fitur ini bisa menghasilkan sebuah mekanisme input yang cukup powerful namun mudah untuk dibuat.

 

2. Struktur semantic. Pada XHTML, programmer HTML bisa saja menjadi pembuat stress programmer CSS karena struktur halaman yang dibuatnya. Harus ada kesepakatan penamaan yang solid antara kedua pihak agar tidak ada masalah pembacaan struktur halaman. Biasanya, dalam XHTML akan dibuat sebuah “div” dengan id-nya masing-masing, seperti pada gambar. Struktur tersebut tidak terlihat semantic, sulit dibaca dan dideskripsikan, serta bagi programmer HTML yang iseng, bisa saja id header diubah sesukanya. HTML5 menawarkan elemen-elemen yang umum digunakan dalam sebuah struktur halaman website. Sehingga, penulisan tag setiap elemen dapat terlihat lebih semantic dan mudah dibaca, seperti pada gambar.

 

Dalam penulisan kode, dapat ditulis sebagai berikut.

?

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

<body>

<header>…</header>

<nav>…</nav>

<article>

<section>

</section>

</article>

<aside>…</aside>

<footer>…</footer>

</body>

 

Banyak manfaat jika menggunakan struktur seperti ini. Elemen “header” merepresentasikan header dari suatu section. Elemen “footer” juga merepresentasikan footer dari suatu section. Elemen “nav” cocok digunakan untuk merepresentasikan link navigasi. Sedangkan elemen “section” merepresentasikan suatu bagian generic dari dokumen.

 

3. Deklarasi doctype baru. Sebelum membuat sebuah halaman dengan HTML5, tentu saja doctype yang digunakan juga harus benar. Doctype pada HTML5 jauh lebih sederhana daripada XHTML, sehingga Anda tidak perlu menghafalnya. Pada doctype untuk XHTML 1.0, Anda harus menuliskannya dengan panjang.

 

?

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 1Transitional//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”>

Sedangkan pada HTML5, doctype tersebut disederhanakan menjadi

?

1 <!DOCTYPE html>

 

 

4. Validasi email. Dengan validasi langsung di tampilan, Anda dapat mencegah seorang user untuk memanggil script website dengan input yang salah. Ini dapat mengurangi jumlah request yang tidak valid terhadap script program Anda. HTML5 menawarkan fitur validasi email secara langsung dengan mengubay type dari elemen input menjadi “email”. Sayangnya, masih belum semua browser memberikan support untuk fitur ini. Dari percobaan penulis, salah satu browser yang memiliki fitur ini adalah Opera.

?

1

2

3

4

5

<form action=”” method=”post”>

<label for=”email”>Email:</label>

<input id=”email” type=”email” name=”email” />

<button type=”submit”>OK</button>

</form>

 

5. Internet Explorer Hack. Seperti biasanya, Internet Explorer selalu terlambat dalam mengimplementasikan teknologi website terbaru, meski Microsoft selalu memiliki teknologi sendiri seperti silverlight untuk browsernya tersebut. Pada IE, secara default semua elemen akan ditampilkan secara “inline”. Untuk itu, Anda harus mendeklarasikan style tersendiri agar tampilan dapat seperti seharusnya, seperti berikut ini.

?

1

2

3

header, footer, article, section, nav, menu, hgroup {

display: block;

}

Meskipun demikian IE tetap tidak menghiraukan style tersebut. Anda harus membuat javascript di bawah ini ke dalam “head” dari setiap halaman.

?

1

2

3

4

5

6

document.createElement(“article”);

document.createElement(“footer”);

document.createElement(“header”);

document.createElement(“hgroup”);

document.createElement(“nav”);

document.createElement(“menu”);

Untuk kemudahan, seseorang bernama Remy Sharp telah membuat library javascript untuk mengatasi error yang dibuat oleh IE tersebut. Script ini biasa disebut dengan HTML5 shim. Anda bisa memasukkan kode di bawah ini ke dalam head halaman website Anda, atau mendownload script tersebut secara lokal.

?

1

2

3

<!–[if IE]>

<script src=”http://html5shim.googlecode.com/svn/trunk/html5.js”></script>

<![endif]–>

 

 

 

NANANGSURYADI

NANANGSURYADI

NANANGSURYADI      


 

           Bicara tentang dunia internet dan teknologi, di Negara Indonesia ini adalah salah satu  negara yang pengguna internetnya sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sangat pentingnya internet bagi semua orang dimanapun itu berada, karena dengan adanya internet dapat memudahkan  seseorang yang jauh agar menjadi dekat.

 

Apabila dilihat dari umur pengguna, laporan perkembangan teknologi di indonesia ini menunjukkan lebih dari setengah pengguna internet Indonesia berumur di bawah 20 tahun, rata – rata digunakan para pemuda ABG yang baru saja mengenal dunia internet. Dan apabila dipilah berdasarkan gender, laporan perkembangan teknologi di Indonesia ini menunjukkan pengguna internet di Indonesia kebanyakan pria.

 

Internet yang digunakan di Indonesia rata – rata berbentuk situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, yang lagi ngetrend pada saat ini. Berdasarkan penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, ternyata jumlah pemilik akun Twitter di negara ini merupakan yang terbesar kelima di dunia. Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah akun 19,5 juta, setelah disalip oleh Inggris Raya yang berhasil berada di posisi keempat dengan 23,8 juta akun. Sementara itu, posisi satu ditempati Amerika Serikat dengan 107,7 juta, posisi kedua diraih Brasil dengan 33,3 juta, dan Jepang di posisi ketiga dengan 29,9 juta akun.

 

Disini situs jejaring sosial itu tidak hanya digunakan masyarakat Indonesia untuk mengenal teman baru di dunia maya saja, namun di tahun 2012 ini situs jejaring sosial di internet ini juga untuk melakukan kegiatan bisnis yang biasa disebut electronic commerce, yaitu melakukan kegiatan bisnis yang pemasarannya melalui facebook, twitter ataupun situs jejaring sosial lainnya

 

Dari data perkembangan teknologi di Indonesia tahun 2012 secara keseluruhan menyebutkan bahwa pengguna internet hanya 17% dari total penduduk Indonesia. Namun internet adalah media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dibandingkan media radio atau surat kabar. Internet lebih diminati karena dapat lebih luas untuk mendapatkan informasinya dan dapat di akses secara mudah melalui ponsel smartphone yang dimiliki oleh penggunanya.

 

Source :    – www.tempo.co

NANANGSURYADI

NANANGSURYADI

NANANGSURYADI      

Dewasa ini kegiatan bisnis yang dilakukan oleh pelaku usaha sangatlah ketat dalam persaingannya di dunia bisnis, maka dari itu seorang pelaku usaha sangat memikirkan bagaimana caranya bisnis yang dilakukan itu bisa dilakukan dengan lancar sehingga dapat dengan mudah menghadapi para pesaingnya di pasar. Kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh  seorang pelaku usaha agar produknya dikenal yaitu melakukan kegiatan Pemasaran.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan makanan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika ada makanan yang cepat saji, maka kebutuhannya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya satu porsi Mie Goreng merek Indomie yang enak, cepat saji dan mudah dimasak. Maka konsumen ini memilih Indomie Goreng yang sesuai dengan selera dan sesuai dengan keinginannya yaitu mudah dimasak dan cepat saji.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran (product, price, place, promotion). Mulai dari pemenuhan produk, penetapan harga, pengiriman barang , dan mempromosikan barang. Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju

Menurut pandangan saya Pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pelaku usaha dalam melakukan kegiatan untuk memasarkan produknya kepada konsumen ataupun di pasaran agar tercapainya suatu tujuan yaitu pengenalan produk, harga, tempat, dan promosi  terhadap calon konsumen yang dituju.

Pada dewasa ini kemajuan teknologi membuat manusia menjadi mudah dalam melakukan kegiatan apapun termasuk dalam melakukan kegiatan pemasaran dan promosi. Sekarang ini para pelaku usaha sudah berpikir agar bagaimana caranya melakukan kegiatan pemasaran  menjadi mudah dilihat dan dimengerti calon konsumennya.

Perdagangan elektronik (e-commerce) menurut pandangan saya adalah kegiatan yang dilakukan seorang pelaku usaha dalam melakukan kegiatan pemasaran produknya melalui system elektronik yaitu seperti internet, media televisi, ataupun jaringan komputer dan elektronik lainnya, sehingga memudahkan calon konsumen untuk mengetahui produk – produk apa saja yang berada di pasaran.

Sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, terdapat beberapa faktor yang termasuk dalam hal menunjang kegiatan pemasaran elektronik yaitu:

  1. Menyediakan harga yang kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan (tidak berbelit – belit).

 

Penggunaan Internet Marketing untuk Mendukung Strategi Pemasaran

Pada saat ini Internet sudah menjadi kebutuhan sehari – hari dari setiap orang, dari anak kecil hingga orang dewasa dan orang tua pasti menggunakan internet. Banyak orang bilang hidup tanpa sebuah internet bagaikan merasakan sayur tanpa garam, karena sekarang ini sumber informasi tidak hanya melalui media cetak ataupun televisi saja, namun juga berada pada internet. Karena dengan adanya Internet ini seseorang dapat mengetahui sumber informasi yang sangat luas sampai luar negeri (mancanegara) sekalipun. Meningkatnya pengguna internet setiap harinya ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Saat ini banyak pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun di facebook maupun twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan inilah yang sangat dirasakan pelaku bisnis dan sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran dalam bisnis.

Pemasaran internet adalah suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui/menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.

Jika menurut saya Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara seseorang untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk dapat dijangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk, namun dilakukan lebih mudah melalui internet. Penggunaan internet Marketing seperti ini dapat memudahkan pelaku bisnis dalam mendukung strategi Pemasaran.

Berikut terdapat beberapa strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing, antara lain yaitu :

  • Website Marketing

Belakangan ini banyak usaha offline yang sengaja membuat website untuk memasarkan produknya melalui media online. Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau melalui transver via bank. Kemudian barang akan dikirimkan kepada konsumen melalui jasa pengiriman barang seperti Pos, Tiki atau JNE. Dengan adanya website marketing, pemasaran produk dapat dilakukan secara otomatis menggunakan bantuan sistem internet.

  • Email Marketing

Selain website marketing, promosi bisnis melalui internet dapat dilakukan melalui email marketing. Pemberitahuan mengenai informasi produk untuk memberikan penawaran kepada calon konsumen, dapat dilakukan secara masal maupun personal melalui email marketing. Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah, dan murah. Selain membantu mempromosikan produk, email marketing juga menjadi sarana komunikasi antara pelaku usaha dengan calon konsumen. Konsumen yang tertarik dengan produk Anda, biasanya akan menanyakan informasi produk tersebut melalui telepon maupun email. Keberadaan email marketing, mendukung kegiatan pemasaran baik secara online maupun secara offline.

Adanya pemasaran melalui internet marketing, selain memberikan kemudahan kepada para pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Ternyata juga dapat memberikan beberapa manfaat lain yang menguntungkan perusahaan. Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai berikut :

1. Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen selama 24 jam non stop. Karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para konsumen. Sehingga permintaan produk dari konsumen, dapat Anda layani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.

2. Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri (mancanegara).

3. Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.

4. Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll.

5. Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internat dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau ruang coment, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat meningkat.

Sampai saat ini, pemasaran bisnis melalui internet sangat membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Mudahnya memasarkan produk melalui online, serta banyaknya manfaat yang diberikan internet marketing menjadikan solusi yang tepat bagi pelaku bisnis yang ingin sukses dalam strategi pemasaran produk.

Pada saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mendekati angka 30 juta lebih dan makin banyak orang beralih pada media promosi lewat internet untuk mempromosikan barang atau jasanya, angka seperti ini tentunya angka yang terlalu besar untuk diabaikan oleh para pelaku usaha bisnis . Berikut terdapat beberapa tips tentang strategi marketing lewat Internet (diadopsi dari tulisan Laura LakeTop 10 Internet Marketing Strategy :

  1. Mulai dari rencana promosi dan strategi desain web yang efektif. Efektif berarti membuat desain yang sesuai, serta memberikan informasi yang bernilai tinggi bagi pengunjung.

  2. Usahakan untuk dapat muncul di ranking 10 besar dalam pencarian di mesin pencari (Google/Yahoo), lewat teknik SEO.

  3. Belajar menggunakan email marketing secara efektif.

  4. Dominasi marketing niche Anda lewat afiliasi, reseler dan program associate.

  5. Konsultasikan dengan konsultan Internet marketing. Mintalah analisa terhadap kanal-kanal marketing yang Anda gunakan.

  6. Bangun milis yang sesuai topik. Rawat milisnya agar tetap responsif dan update.

  7. Publikasikan artikel atau paling tidak terdaftar dalam media berita (baik online maupun offline).

  8. Tulis dan publikasikan press release online.

  9. Fasilitasi dan jalankan kontes berhadiah via website.

  10. Tulis blog dan berinteraksilah dengan pengunjung Anda.

Mungkin dengan melakukan strategi – strategi pemasaran diatas dapat memudahkan para pelaku usaha bisnis dalam menjalankan promosinya melalui internet.

Sumber :

– Blog info Ekonomi UKM diakses pada tanggal 21-12-2011, pukul 17.10 WIB

– Wikipedia diakses pada tanggal 21-12-2011, pukul 17.15 WIB

– Online integrated marketing communication diakses pada tanggal 21-12-2011, pukul 17.16