• cara baru hidup sehat makan menurut golongan darah

    Date: 2013.04.09 | Category: Cerita, Motivation, Uncategorized | Tags:

    cara baru hidup sehat

    makan menurut golongan darah

     

    Belakangan diet menurut golongan darah (Blood Type Diet) sedang amat

    populer. Bagi awam, membaca buku aslinya yang ditulis oleh pakar penemu diet

    tersebut, Dr. Peter J. D�Adamo, lumayan bikin pusing. Nah, berikut adalah

    intisari diet menurut golongan darah yang sesuai untuk pemilik golongan darah:

    A, B, AB, maupun O.

    Golongan darah A

    Metabolisme tubuh pemilik golongan darah A lebih cocok dengan hidangan

    vegetarian dan alami. Menu makanan yang disarankan adalah yang kurang

    mengandung lektin. Orang-orang bergolongan darah A memiliki lambung

    dengan kandungan lektin rendah, sehingga asupan makanan kaya lektin dapat

    mengganggu kesehatan lambung. Lektin bertumpuk dalam hidangan laut

    berdaging putih, seperti cumi-cumi, kakap putih, lele, ikan gabus, teri, scalop

    (sejenis kerang).

    Makanan nabati merupakan pilihan terbaik bagi pemilik golongan darah A.

    Daging sapi wajib ditinggalkan. Anda boleh menyantap makanan hewani selain

    daging sapi dengan jumlah dan frekuensi terbatas, terutama ikan. Alternatif

    kedua adalah ayam kampung. Pilihlah makanan hewani yang segar; bukan

    olahan, kalengan, atau awetan. Jauhi sosis, corned beef, dendeng, ham, daging

    asap.

    Tubuh bergolongan darah A secara alami memproduksi lendir lebih

    banyak dibandingkan golongan darah lainnya. Kondisi ini menjadikan Anda lebih

    berisiko mengidap alergi – terutama asma, infeksi telinga, gangguan pada

    saluran napas. Karena itu, susu diharamkan, karena merangsang tubuh

    menggenjot produksi lendir. Untuk mendapatkan manfaat nutrisi susu, Anda

    disarankan menggantinya dengan susu fermentasi, seperti yogurt dan kefir.

    Krim tanpa lemak dan keju alami (natural cheese) dibolehkan, karena

    bersifat netral. Namun keju jenis apa pun hasil olahan industri wajib dipantang,

    karena sudah tidak alami dan dibubuhi food additives, yang merupkan toksin

    pemicu produksi lendir. Konsumsi telur sebaiknya dibatasi, itu pun dipilih yang

    organik atau telur ayam kampung.

    Pemilik golongan darah A hanya perlu asupan lemak sehat dalam jumlah

    terbatas. Satu sendok makan minyak zaitun sehari sudah cukup. Tambahan lain

    lemak sehat bisa didapat dari biji kacang-kacangan (nuts) dan the biji-bijian

    (seeds), seperti kenari, almon, wijen, biji bunga matahari, biji labu kuning,

    hazelnut, kacang brasil (brazil nut). Minyak kelapa, minyak jagung, minyak

    kacang tanah kurang disarankan. Perbanyak kacang-kacangan dan biji-bijian,

    karena kaya mineral, guna memenuhi keterbatasan asupan mineral karena pola

    makan cenderung vegetarian.

    Polong-polongan merupakan sumber protein nabati yang baik bagi

    golongan darah A. Namun sayangnya tidak semua jenis cocok, karena sebagian

    banyak mengandung lektin. Polong-polongan mengandung lektin tinggi

    mengganggu produksi insulin dalam tubuh pemilik golongan darah A yang

    secara alami kurang memiliki lektin, sehingga dapat memicu risiko diabetes.

    Jauhi kacang merah dan kacang tolo. Utamakan kacang hijau, miju-miju (lentil),

    kedelai, serta hasil olahan tradisional kedelai, terutama tempe, tahu, dan susu

    kedelai alami buatan sendiri.

    Makanan dari terigu seperti roti, kue-kue, dan cake, sebaiknya dibatasi.

    Terigu memperbanyak produksi lendir. Ganti tepung terigu dengan tepung beras,

    tepung hunkue, atau lainnya yang non-terigu. Hilangkan kebiasaan makan mi

    instan. Kalau terpaksa, pilih makanan dari tepung terigu wholewheat. Pilih pati

    non-gandum yang berserat tinggi, seperti beras merah, jawawut, havermut

    (oats). Kentang kaya lektin, mungkin bisa mengganggu lambung.

    Pemilik golongan darah A wajib banyak makan sayuran segar dan buahbuahan

    segar, untuk meminimalkan produksi lendir. Kalau Anda sensitif, hatihati

    dengan sayuran dan buah kaya lektin, seperti kol, mangga, pepaya, jeruk

    impor, pisang. Jika tidak mengakibatkan produksi lendir berlebihan, makan saja

    sebanyak Anda makan buah lainnya.

    Golongan darah B

    Bertolak belakang dengan golongan darah A yang harus banyak mengkonsumsi

    nabati, pemilik golongan B justru diizinkan lebih banyak menyantap makanan

    hewani. Tubuh orang bergolongan darah B memiliki kemampuan mengolah

    bahan makanan nabati maupun hewani dengan baik. Anda adalah pemakan

    segala. Jadi, bersyukurlah bila Anda selama ini penyuka daging sapi, domba,

    kambing, atau kelinci, karena kebiasaan itu bisa Anda lestarikan. Namun

    waspadai ayam, karena kaya lektin yang mudah menggumpalkan darah pemilik

    golongan darah B, sehingga meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

    Bisa dikatakan semua ikan dan hasil laut cocok bagi golongan darah B.

    Namun waspadai kepiting, lobster, udang, kerang, scalop, remis, tiram, kodok,

    belut, yang berlimpah lektin. Yang terbaik bagi golongan darah B adalah ikan

    laut dalam, seperti ikan salmon. Hanya golongan darah B yang bisa

    mengkonsumsi susu dan hampir semua produk susu, kecuali blue cheese dan

    es krim. Sebab gula primer dalam antigen darah golongan B adalah Dgalaktosamin,

    sama dengan gula dalam susu. Telur ayam organik atau ayam

    kampung boleh dikonsumsi, namun hindari telur puyuh dan telur bebek.

    Minyak zaitun bisa dikonsumsi lebih banyak, sedikitnya sesendok makan

    per hari. Hindari minyak kaya lektin yang bisa memicu diabetes pada pemilik

    golongan darah B, yakni minyak wijen, minyak jagung, minyak biji bunga

    matahari, minyak kacang tanah, minyak kedelai, minyak kelapa. Batasi

    konsumsi bahan baku minyak tersebut, di antaranya kelapa, santan, kedelai,

    kacang tanah, biji bunga matahari, biji labu, wijen. Kacang mete dan pistasio

    juga termasuk kacang-kacangan (nuts) kaya lektin, yang harus dihindari.

    Kedelai dan produk kedelai, termasuk tempe, tahu, dan susu kedelai, bisa

    mengganggu produksi insulin dalam tubuh pemilik golongan darah B, karena

    bahan makanan tersebut kaya lektin. Demikian pula dengan kacang merah,

    kacang tolo, garbanzo. Namun bagi kita yang sudah terbiasa makan polongpolongan,

    gangguan yang ditimbulkannya relatif kurang, kecuali bagi orang yang

    sensitif.

    Terigu dan makanan dari terigu kurang cocok bagi golongan darah B.

    Kandungan lektinnya akan tertahan dalam otot, yang memperlambat sistem

    metabolisme dan pembakaran kalori. Akibatnya, tubuh menjadi lebih mudah

    gemuk serta meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Lupakan mi

    instan, ketan, jagung. Utamakan beras merah, beras putih pecah kulit, beras

    putih tumbuk, makanan dari bahan beras atau tepung beras, havermut (oats),

    bekatul.

    Pemilik golongan darah B rentan terhadap penyakit autoimun (akibat

    gangguan sistem kekebalan tubuh) dan akibat serangan virus. Untuk itu, penting

    mengkonsumsi banyak sayuran hijau, yang umumnya kaya magnesium.

    Waspadai lobak, tomat, dan jagung – termasuk jagung muda untuk sayur bening

    atau perkedel jagung, karena dapat menurunkan metabolisme dan membuat

    darah lebih pekat. Pada orang yang sensitif, banyak mengkonsumsi lobak,

    tomat, atau jagung dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

    Semua jenis buah baik bagi pemilik golongan darah B. Anda hanya perlu

    membatasi buah kaya lektin, terutama kesemek, delima, belimbing, pir. Bagi

    golongan darah B yang memiliki kecenderungan mudah gemuk, nanas sangat

    baik, karena kandungan enzim bromelainnya dapat membantu proses

    pembakaran energi.

    Golongan darah AB

    Pola makan pemilik golongan darah AB merupakan paduan dari pola makan

    golongan darah A dan B. Batasi makan daging sapi atau makanlah sedikitsedikit

    tapi sering. Ayam dan daging unggas lainnya, seperti bebek dan puyuh,

    harus dihindari, karena kaya lektin, yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

    Demikian pula dengan daging olahan, seperti daging asap, sosis, corned beef.

    Hidangan laut disarankan sebagai menu utama hidangan Anda. Hampir

    semua hasil laut cocok bagi golongan darah AB. Anda hanya perlu hati-hati

    terhadap kepiting, lobster, udang, cumi-cumi, ikan ekor kuning, belut, teri, kodok.

    Namun bila tubuh Anda tidak bereaksi negatif, misalnya mengalami gangguan

    pencernaan atau keluar banyak lendir, Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak

    Anda suka. Reaksi ini bisa tidak muncul, karena sebagai bangsa bahari, kita

    biasa menyantap hasil laut.

    Sinus, infeksi telinga, dan gangguan saluran napas merupakan gangguan

    kesehatan yang paling umum diderita pemiliki golongan darah AB. Sebab secara

    alami tubuh mereka memproduksi lebih banyak lendir. Telur merupakan sumber

    protein terbaik, kecuali telur bebek. Susu dan produk susu, seperti susu bubuk

    kalengan, susu cair olahan, susu kental manis, keju, termasuk yang harus

    dihindari. Susu fermentasi lebih disarankan, seperti yogurt dan kefir, karena

    produk pracerna (predigested) ini tidak memberatkan sistem pencernaan pemilik

    golongan darah AB.

    Sama seperti golongan darah lainnya, bagi pemilik golongan darah AB

    paling disarankan menggunakan minyak zaitun daripada minyak goreng jenis

    lain. Namun karena sifatnya yang mudah rusak, minyak zaitun paling baik jika

    digunakan sebagai minyak salad, bukan untuk memasak, sekalipun itu hanya

    untuk menumis. Untuk menggoreng atau menumis disarankan menggunakan

    minyak kanola, minyak kedelai, atau minyak kacang tanah. Batasi minyak

    kelapa, minyak jagung, minyak wijen, minyak biji bunga matahari.

    Bagi golongan darah AB, semua jenis kacang-kacangan (nuts) dan bijibijian

    (seeds) berisiko mengganggu, karena umumnya berlimpah kandungan

    lektin. Namun kacang tanah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena itu,

    kacang-kacangan dan biji-bijian sebaiknya dikonsumsi sedikit-sedikit, sambil

    diamati reaksinya. Jika bereaksi negatif, hentikan sementara. Jika tidak,

    makanlah seperti selama ini Anda memakannya. Yang paling perlu diwaspadai

    adalah wijen dan minyak wijen, karena mudah menimbulkan gangguan pada

    golongan darah AB.

    Sama seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, polong-polongan pun

    dilematis bagi pemilik golongan darah AB. Di satu sisi miju-miju (lentil) kaya

    senyawa sehat antikanker, di sisi lain kacang merah memperlambat laju

    produksi insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes. Untuk itu, hati-hati

    mengkonsumsi polong-polongan, kecuali kedelai serta hasil olahannya seperti

    tempe, tahu, dan susu kedelai. Batasi konsumsi tepung terigu dan makanan

    olahannya, seperti roti, cake, kue, pasta. Jagung harus dhindari, karena memacu

    produksi lendir. Ganti makanan dari terigu dengan makanan dari beras, tepung

    beras, havermut (oats).

    Pemilik golongan darah AB umumnya memiliki kekebalan tubuh rendah.

    Semua jenis sayuran pada umumnya bebas dikonsumsi. Namun waspadai

    sayuran berikut, karena berpeluang memicu gangguan: taoge, jamur, radis.

    Anda dibolehkan mengkonsumsi semua jenis buah-buahan, terutama buah

    pembentuk basa, seperti anggur, stroberi, plum. Hanya saja, lebih berhati-hatilah

    mengkonsumsi jeruk karena dapat mengakibatkan iritasi lambung dan pisang

    yang kaya lektin yang memacu produksi lendir.

    Golongan darah O

    Pemilik golongan darah O adalah kelompok manusia pemburu, yang terbiasa

    mengkonsumsi banyak daging. Karena itu, Anda boleh menyantap daging

    sebanyak yang Anda suka. Demikian pula dengan makanan hasil laut. Namun

    Anda sebaiknya menghindari daging olahan (corned beef, daging asap,

    dendeng), ikan olahan (ikan kalengan), cumi-cumi, ikan lele, ikan gabus, kodok.

    Namun kebebasan ini harus Anda tebus dengan �kebebasan� lainnya,

    yakni Anda dibebaskan untuk makan beragam sayuran sebanyak yang bisa

    Anda habiskan. Boleh banyak makan daging, tapi makan sayurannya juga harus

    banyak dong.

    Hampir tak ada sayuran yang dipantang, kecuali kol, brokoli, kembang

    kol, sawi, bokcoi, yang rawan menimbulkan gangguan tiroid yang secara alami

    memang lemah pada pemilik golongan darah O. Sayuran kaya lektin, seperti

    taoge, terong, jamur, dan kentang sebaiknya dihindari. Taoge meningkatkan

    sensitivitas lambung, sedangkan jamur cenderung memicu reaksi alergi. Jamur

    dan kentang berlimpah lektin, yang akan ditimbun dalam jaringan sendi,

    sehingga meningkatkan risiko nyeri sendi.

    Telur dan susu bukanlah makanan yang sesuai bagi pemilik golongan

    darah O. Karena itu, sebaiknya dihindari atau dibatasi. Tak ada satu pun jenis

    susu maupun telur yang disarankan, karena memang semuanya kurang

    memberi manfaat bagi tubuh Anda. Sebaliknya, tubuh Anda bisa dengan baik

    mengolah minyak nabati jenis apa pun. Karena itu, Anda dibebaskan memilih

    jenis minyak nabati yang mana pun. Tetapi tentunya pilihlah minyak nabati yang

    sehat, seperti minyak zaitun untuk minyak salad dan minyak kanola untuk

    memasak.

    Karena Anda sudah banyak menyantap makanan hewani, terutama

    daging, tubuh Anda tidak terlalu memerlukan asupan nutrisi dari kacangkacangan

    (nuts) dan biji-bijian (seeds). Polong-polongan, seperti kacang polong,

    kedelai – termasuk tempe, tahu, susu kedelai, serta kacang hijau,kacang merah,

    juga tidak menjadi kebutuhan tubuh Anda, karena asupan protein sudah

    tercukupi dari daging.

    Bagi pemilik golongan darah O, tidak ada sumber pati yang dianggap

    paling bermanfaat. Terutama waspadalah dengan tepung terigu dan makanan

    hasil olahannya, termasuk terigu dari gandum berkulit ari (wholewheat)

    sekalipun, karena mudah menyebabkan kegemukan. Karena itu, golongan dare

    sebaiknya membatasi konsumsi pati. Sebaliknya, buah-buahan segar diwajibkan

    Anda konsumsi sebanyak yang Anda mau. Namun berjati-hatilah dengan jeruk,

    terutama bagi Anda yang sensitif, karena berisiko meningkatkan keracunan

    usus. (N)

    Dapatkan koleksi ebook lain di:

    http://jowo.jw.lt