Home » Uncategorized » Proseedur pendaftaran SNMPTN 2017

Proseedur pendaftaran SNMPTN 2017

test

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah salah satu jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.  SNMPTN sejak tahun 2013 merupakan jalur undangan yang seleksinya ditentukan oleh nilai rapot atau penilaian akademik siswa ataupun siswi ketika kegiatan belajar di Sekolah Menengah Atas.

Jika pada awalnya, siswa yang diizinkan untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN tidak seluruhnya, mulai tahun 2013, semua siswa memiliki peluang untuk masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN 2017, periode tahun selanjutnya biasanya dimulai pada awal tahun 2017, sekolah yang pertama kali melakukan pendaftaran ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) , pihak sekolah memberikan user ID untuk seluruh siswa yang terdaftar untuk kemudian masing – masing siswa melakukan pengisian data nilai rapor sesungguhnya yang datanya didapat dari pihak sekolah. Setelah itu, dalam pendaftaran melalui website PDSS siswa dapat melakukan pendaftaran dan pemilihan program studi yang sesuai dengan keinginannya yang akan diolah di kemudian hari oleh tim penerimaan data pendaftaran SNMPTN 2017. Setelah itu, diberikan kesempatan kembali untuk perbaikan nilai yang salah , jadi periode untuk pendataran dan input data nilai siswa merupakan salah satu periode waktu yang cukup panjang.

Peroiode terakhir dari pendaftaran SNMPTN 2017 adalah periode verifikasi nilai rapor oleh siswa, siswa mencocokkan nilai rapor yang ada sebenarnya dnegan data yang diinput, tidak boleh terjadi kesalahan karena kesalahan dapat mempengaruhi hasil penerimaan SNMPTN yang bersangkutan. Setelah itu dengan seiring berjalannya waktu dan menghadapi serangkaian ujian akhir yang diadakan oleh pemerintah yakni lewat Ujian Nasional maupun ujian akhir dari sekolah untuk keperluan kelulusan, siswa akan mendapatkan pengumuman hasil SNMPTN untuk penerimaan ke perguruan tinggi yang telah didaftarkan dalam pendaftaran SNMPTN 2017. Pengumuman hasil penerimaan SNMPTN 2017 biasanya dilakukan pada waktu setelah pengumuman kelulusan. Banyaknya jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi ditentukan oleh kuota jumlah penerimaan jalur SNMPTN masing – masing perguruan tinggi negeri, biasanya kuota SNMPTN dari pergurun tinggi tidak terlalu banyak disesuaikan dengan track record alumni sekolah menengah atas yang bersangkutan terhadap penerimaan melalui jalur SNMPTN.

 

Uncategorized

No Comments to “Proseedur pendaftaran SNMPTN 2017”

Leave a Reply

(required)

(required)


CAPTCHA Image
*