UTS 11 April 2013 – E-Commerce –

11 April 2013
Comments Off on UTS 11 April 2013 – E-Commerce –

1. jelaskan pengertian e-commerce?

Adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen, manufaktur, service provider dan pedagang perantara dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer yaitu internet, dengan berbagai perantara pembantu seperti smartphone, komputer, tablet dsb, serta bantuan konten web yang ada di dalam jaringan contoh media sosial.

 

2. infrastruktur dan suprastruktur untuk e-commerce?

infrastruktur

Dalam implementasinya e-commerce membutuhkan suatu integrasi dari infrastruktur, yang terdiri dari 3 lapisan, yaitu pertama sistem distribusi (flow of good), kedua, sistem infrastruktur pembayaran (flow of money), terakhir yang ketiga, infrastruktur sistem informasi (flow of information)

-Internet: jaringan global
-Intranet: jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi Internet, seperti protokol Internet, browser Web, dsb.
-Extranet: jaringan melalui Internet yang menghubungkan beberapa intranet

suprastruktur

oSelain infrastruktur, aplikasi EC juga ditunjang oleh lima bidang pendukung:
-SDM
-Peraturan/perundangan publik
-Pemasaran dan periklanan
-Layanan-layanan pendukung
-Kemitraan usaha

B. Perkembangan e-commerce di Indonesia

Saat ini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet di indonesia, telah memiliki dampak yang besar terhadap perubahan bisnis. Yaitu mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar manusia, dan sebagainya. Contoh e-commerce di Indonesia yang sudah popular dan memiliki reputasi yang baik adalah seperti www.bhineka.com, www.blibli.com, www.gramedia.com, E-commerce adalah sebuah layanan internet yang dimanfaatkan untuk jual-beli. Dengan ecommerce telah banyak merubah dalam proses jual-beli. Jika dalam suatu jual-beli penjual dan pembeli bertemu, namun jika dengan e-commerce mereka tidak perlu bertemu, mereka
berinteraksi dengan melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon. Dalam proses ini kepercayaanlah yang menjadi modal utama. Karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak, maka proses jual-beli e-commerce bisa terjadi dan terlaksana. Namun dengan perkembangan yang semakin pesat, maka banyak toko online / e-commerce bermunculan. Baik mereka dengan memanfaatkan blog, social media, website. Dengan pesatnya ini membuat semakin mudahnya dalam jual beli.

Dalam perkembangannya saat ini dengan banyaknya bermunculan toko online. Sehingga banyak yang memanfaatkan untuk mengambil keuntungan pribadi dengan melakukan penipuan. Pada awal 2010-2011 banyak bermunculan toko online palsu baik melalui website maupun jejaring sosial. Mereka menjanjikan dengan harga yang jauh lebih murah dari harga normal. Dalam prakteknya biasanya mereka meminta transfer 50% di awal. Dan berjanji akan mengirimkan barangnya segera, akan tetapi esok harinya mereka meminta pelunasan dengan alasan ada masalah di bea cukai ataupun administrasi. Dan berjanji akan mengirimkannya secepatnya. Akan tetapi setelah pelunasan terjadi oleh pihak pembeli. Maka si penjual langsung menon aktifkan no ponsel yang dipakai untuk berhubungan dengan pembeli tadi. Dengan melihat banyaknya kasus di atas maka seharusnya pihak pemerintah melakukan regulasi atau aturan tentang toko online. Hal ini bisa dengan pendaftaran atau pendataan toko online dengan aturan khusus.
Adapun tips untuk agar terhindar dari penipuan atau toko online palsu adalah :
– memastikan dengan mencari info tentang kebenaran web tersebut.
– melakukan testimony di forum maupun mailist tentang toko online tersebut.
– memastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik,termasuk dalam purna jual / garansi.
– jika toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga. Keuntungan dalam transaksi di toko online adalah :
– Pembeli dengan mudah mendapatkan barang tanpa pergi ke toko, dan melakukan penawaran terhadap suatu barang, karena bisa dengan langsung melakukan penawaran harga terhadap suatu barang sebelum terjadi harga yang sesuai dengan kedua belah pihak.
– Pembeli dapat menghemat waktu dalam mendapatkan barang.
– Penjual tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk
memajang produk dan agar lebih laku produk kita dan memiliki banyak pelanggan.
– Penjual bisa memajang buka took selama 7 x 24 jam, karena tidak terbatas waktu, dan
bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.

 

3. contoh e-commerce di indonesia?

CONTOH E-COMMERCE :

tokobagus.com

Tokobagus, kadang disebut Toko Bagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.

Fitur

Pada Oktober 2011, Tokobagus mengembangkan situsnya dengan perubahan minor pada desain dengan penambahan-penambahan fitur baru, diantaranya adalah:

Extrafield

Penambahan extrafield didetail iklan kategori property dan otomotif. Kedepannya akan ditambahkan juga ke kategori-kategori lain, seperti fashion, gadget dll.

Iklan Member
Penambahan widget Iklan Lain dari member di detail iklan
Sortir Iklan
Re-design fitur Sorting pada list iklan berdasarkan waktu pemasangan, judul dan harga.
Search Faceting
Penambahan widget filterisasi hasil pencarian berdasarkan lokasi, harga, tipe iklan dll, sehingga user akan lebih mudah dalam mencari barang yang diinginkan.
Search Suggestion
Fitur yang memberikan saran keyword populer yang kemungkinan dimaksud oleh user saat menginput keyword di form search.
Keyword Suggestion
Saat hasil pencarian tidak ditemukan, keyword pencarian terkait akan diberikan kepada user.
Pop-Up Images
Menampilkan pop up mages yang lebih besar di list iklan saat mouse berada di thumbnail.
Widget
Peningkatan pada navigasi situs yang menampilkan iklan-iklan yang didapat dari hasil pencarian tanpa perlu kembali ke jendela sebelumnya.

www.kutubuku.com

website yang digemari oleh para pembaca ini sanagt nyaman pada tampilannya.sedikit sekali iklan yang ada pada website ini dan pemilihan warna yang sederhana membuat nyaman unutk dilihat.keunggulan dari website ini adalah dengan ada nya informasi yang update untuk buku dengan predikat bestseller.

website yang digemari oleh para pembaca ini sangat nyaman pada tampilannya, sedikit sekali iklan yang ada pada website ini dan pemilihan warna yang sederhana membuat nyaman untuk dilihat.keunggulan dari website ini adalah dengan ada nya informasi yang update untuk buku dengan predikat bestseller.

www.plasa.com

situs ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. dilihat dari desain yang ada situs ini memberikan penampilan yang menarik bagi pengunjung dan berbagai informasi produk yang tentu nya update sperti produk fashion, kecantikan, hingga olah raga.

 www.bhineka.com
 pemilihan warna dan tampilan pada website ini cukup bagus sehingga website penjual gadget ini layak untuk menjadi perhatian.menampilkan informasi yang selalu update tentang gadget membuat website ini sangat menarik.
www.rakuten.co.id

website yang menawarkan berbagai macam produk mulai dari fashion, alat kecantikan, kuliner, alat olah raga, maupun perlengkapan bayi ini cukup tertata dengan bagus,sehingga pengunjung sangat mudah dalam mencari produk yang diingikan, diskon yang lumayan besar sehingga harga terjangkau oleh para masyarakat menjadi salah satu keunggulan dari website ini.
 www.hartonoelektronika.com
 website yang menghadirkan berbagai macam produk yang berhubungan dengan elektronika ini sangat lah cocok bagi masyarakat yang akan mencari informasi maupun melakukan pembelian untuk produk elektronik, menghadirkan produk unggulan dan bestseller serta update nya produk elektronik menjadi salah satu keunggulan dari website ini.

4. teknik seo on page dan seo off page?

Pengertian SEO On Page

Mengetahui apa itu pengertian SEO on Page adalah hal yang cukup vital bagi para pemilik website. Hal ini dikarenakan dengan penyusunan SEO on Page yang baik, akan membawa dampak yang baik untuk peringkata website anda di hasil pencarian mesin pencari. Tentunya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menysusun SEO on Page yang baik.

Penggunaan Meta Tag dalam SEO On Page

Hal pertama yang perlu diketahui tentang SEO On Page yaitu tentang pemilihan nama domain. Pastikan nama domain yang anda gunakan memiliki keyword yang sesuai dengan keyword yang nantinya akan anda gunakan. Anda tidak disarankan untuk menggunakan nama perusahaan atau sekedar nama tanpa melibatkan keyword target anda nanti, kecuali untuk tujuan tertentu, misalnya merk atau perusahaan besar.

Pengertian dari SEO On Page, yang kedua adalah mengenai title tag. Hal ini juga sangat penting, karena title tag ini akan mucul di mesin pencari, title atau judul yang diindeks oleh mesin pencari. Selain itu, meta tag description juga sangat penting adanya. Jika melihat dibawah judul hasil dari pencarian, deskripsi singkat yang berada dibawahnya merupakan meta tag description. Jadi kedua hal tersebut sangatlah penting.

SEO On Page; Isi atau Konten

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah konten. Sangat direkomendasikan untuk menjaga originalitas dari suatu konten. Selain itu, pengulangan atau penggunaan keyword dalam prosentase tertentu juga sangat mempengaruhi ranking website di search engine. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui pengertian dan cara kerja SEO On Page.

Pengertian SEO Off Page

Setelah mengetahui apa itu SEO On Page, ada baiknya anda mengetahui pengertian SEO off page. Pada dasarnya, penggunaan teknik optimasi SEO melalui On page ataupun off page sama–sama penting. Hal ini saling melengkapi satu dengan yang lain untuk mencapai peringkat tertinggi dalam keyword tertentu di mesin pencari.

SEO Off Page; External Link

Sebenarnya, apa sih yang namanya Pengertian SEO Off Page? SEO Off Page adalah teknik optimasi mesin pencari dengan menggunakan media media eksternal, bukan berasal dari halaman website itu sendiri. Untuk mencapai SEO off page yang baik, ada sebuah cara simple yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara membangun link di website atau blog yang lain.

Tentunya, blog atau website yang akan ditumpangi merupakan website yang sudah memiliki ranking atau traffic yang sudah cukup bagus. Akan tetapi, dalam Pengertian SEO Off Page hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yaitu diantaranya jumlah external link yang anda bangun, ada baiknya membangun link di banyak website besar untuk menuju web anda.

Anchor Text dalam SEO Off Page

Yang selajutnya adalah mengenai anchor text. Anchor text merupakan teks yang di beri link hidup yang digunakan sebagai hyperlink. Hal ini juga tidak kalah pentingnya dari beberapa cara diatas. Anda harus dapat mengkombinasikannya dengan baik. Jadi, akan sangat berguna untuk mengetahui pengertian dari SEO Off Page.

 

Panduan SEO On Page dan SEO Off Page

  1. kita mulai dari setting onpage
  • Perhatikan meta robots dan juga meta verify dari google dan search engine lainnya terpasang dengan benar
  • Selalu Periksa validator dari css dan php website
  • Kurangi Penggunaan plugin yang tidak perlu
  • Gunakan meta description yang tepat untuk semua halaman
  • Buat sitemap.xml gunakan google webmaster tool
  • Gunakan heading tag sebagai indentitas penting
  • Pasang menu breadcumb

2. Offpage tehnik

  • Daftarkan blog pada google webmaster tools, submit sitemap
  • Gunakan Template yang cepat loadingnya
  • Jangan lupakan pentingnya image ALT
  • Jangan lupakan pentingnya keyword density
  • Jangan sampai ada brokenlink pada web/blog anda
  • Cari Backlink sebanyak-banyaknya, dari web yang high backlink dan jangan yang low
  • Mulailah mencari backlink dari article directory, social bookmark, dan rss directory
  • Lakukan ping secara berkala dan teratur
  • Mulai mencari backlink secara berfrekuensi secara natural bukan spamming

Vlog Tiga Cara SEO Website Mudah & Rank #1 di Google

Introduction to Internet Marketing

11 April 2013
Comments Off on Introduction to Internet Marketing

Pengantar internet marketing

Bab ini memberikan gambaran konsep inti yang tercakup dalam teks. Ini dimulai dengan diskusi tentang cara-cara di mana internet telah ditarik kembali mengubah bidang pemasaran melalui pengenalan produk baru, pemirsa baru dan strategi baru untuk menjangkau mereka khalayak. Metode pemasaran tradisional masih sangat relevan dalam ekonomi jaringan. Tapi perusahaan juga harus mempertimbangkan sejumlah metode pemasaran yang baru dan inovatif sekarang mereka miliki, seperti harga dinamis dan iklan banner.

Proses internet marketing terjadi dalam tujuh tahap. Prosesnya dimulai dengan membingkai peluang pasar, kemudian bergerak untuk merumuskan strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, kerajinan antarmuka pelanggan, merancang pelanggan program pemasaran, meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi, dan mengevaluasi hasil dari program pemasaran sebagai Seluruh. Bagian yang membahas rancangan program pemasaran juga memperkenalkan konsep pasar ruang matriks tuas hubungan (pasar ruang matriks untuk pendek) – kerangka menyederhanakan yang menggambarkan tuas bahwa internet marketer dapat memilih untuk menggunakan pada setiap tahap hubungan pelanggan. (more…)

HTML 5

14 March 2013
Comments Off on HTML 5

HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dariWaring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dariHTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

HTML5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak]] pembuat web.

(more…)

Prospek Windows Phone

14 March 2013
Comments Off on Prospek Windows Phone

Windows Phone

Windows Mobile adalah sebuah sistem operasi ponsel yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkatmobile, namun dikeluarkan untuk pasar tertentu.[1] Windows Mobile nantinya digantikan oleh Windows Phone.

Versi terakhir adalah Windows Mobile 6.5 yang didasarkan pada Windows CE 5.2 kernel, dan memiliki fitur sekumpulan aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Windows API. Sistem operasi ini didesain menjadi semirip mungkin dengan Windows versi desktop, baik secara fitur dan tampilan. Selain itu, pengembangan software oleh pihak lain dimungkinkan dalam sistem operasi ini. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diperoleh melalui Windows Marketplace for Mobile.

Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, sebagian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah dengan menyentuhkannya pada layar.[2] Microsoft meluncurkan konsep yang benar-benar baru yaitu Windows Phone dalam Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Ponsel yang menggunakan Windows Mobile versi 6.x tidak bisa dinaiktingkatkan ke versi 7.[3] (more…)

Prospek Blackberry

14 March 2013
Comments Off on Prospek Blackberry

Prospek Blackberry (OS)

 

Kompetisi Layar Sentuh

Salah satu faktor pemicu sepinya penjualan BlackBerry adalah keberhasilan iPhone, smartphone besutan Apple yang pertamakali muncul pada tahun 2007.

Setahun kemudian, RIM sempat berupaya menghadirkan kompetitornya dalam bentuk BlackBerry Storm. Sayang, produk itu tidak begitu sukses.

Mereka kemudian kembali ke khitah, yakni BlackBerry berkeyboard Qwerty. Dalam berbagai kesempatan, kedua mantan CEO RIM itu menyatakan bahwa fokus mereka pada smartphone Qwerty merupakan faktor pembeda BlackBerry dengan kompetitor.

Tetapi hal tersebut tak berarti mereka tidak berusaha untuk hadir di segmensmartphone yang tengah naik daun itu. Sejumlah upaya lain untuk menghadirkan perangkat layar sentuh juga telah dilakukan.  Namun, lagi-lagi mereka tak berhasil meraih perhatian pasar secara signifikan. (more…)

Next Page »