Review Film “GIE” dalam Konteks Nasionalisme

film gie“Gie” mengisahkan seorang tokoh pemuda keturunan Tionghoa yang hidup pada era orde lama bernama Soe Hok Gie yang diperankan oleh aktor Nicholas Saputra. Gie mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.

            Pemuda bernama lengkap Soe Hok Gie ini adalah seorang yang berpendirian kuat, pendiam tapi kritis, tidak mudah terpengaruh oleh siapapun, dia adalah seorang pemuda yang bercita-cita akan merubah negeri ini, negeri yang di dalamnya terdapat ketidakadilan yang merambah dimana-mana, menjadi Negara yang betul-betul dapat mewujudkan keadilan, persatuan, keamanan, dan kesejahteraan bagi rakyatnya. Dia dikenal sebagai pemuda yang kritis dalam melihat ketidakadilan di negeri ini, terutama pada masa pemerintahan Soekarno.

Sejak kecil Gie sudah di kenal sebagai orang yang keras kepala, berpendirian teguh, dan mempunyai alasan atas segala gugatan dan aspirasinya. Dibalik sifatnya yang krtis dan pluralis, dia adalah seorang yang hobi menonton film, mendaki gunung, membaca, dan menulis artikel, yang tulisannya sering dimuat di berbagai surat kabar dan sering kali membuat siapa yang membacanya terpengaruh akan ide dan gagasannya.

            Ketika beranjak menjadi mahasiswa, saat semua orang disibukkan oleh organisasi,  Gie tidak terlalu di sibukkan olehnya, dia asyik dengan hobinya yaitu menonton film dan mendaki gunung, padahal di kampusnya ia dikenal sebagai orang yang aktif dalam melancarkan berbagai aspirasi, gugatan dan pendapat mengenai kondisi negara  yang semakin kacau ini, namun ia hanya seorang demonstran yang tidak menduduki posisi penting di suatu organisasi.Dan itu tidak lantas membuatnya diam saja. Gie terus melancarkan aspirasi, gugatan dan pemikirannya, bagi dia hanya itu yang sementara dapat melakukan perubahan dalam memperbaiki kondisi Negara yang semakin kacau.

 Read More »

categories Uncategorized | comments Comments Off on Review Film “GIE” dalam Konteks Nasionalisme

Manual Penggunaan Plugin WooCommerce

I. Menambahkan dan Mengatur Produk

Pada menu produk, pilih sub menu Add Product hingga tampil layar seperti berikut :

adding-and-managing-products-1-300x217

Judul dapat diisi dengan nama produk yang dikehendaki, sedangkan deksripsi dapat diisi dengan keterangan dari produk tersebut yang bersifat menjelaskan dan menggambarkan tenteng produck yang bersangkuatan.

Tab Data Produk

Tab ini berisikan semua mengenai input data produk.

adding-and-managing-products-2-300x111

General tab

  • SKU – stock keep unit, ini digunakan untuk melacak produk dengan ID yang unik.
  • Price:
    • Regular Price – Harga jual biasa dari produk
    • Sale Price – Harga jual yang ditawarkan
  • Tax:
    • Tax Status – Status pajak produk
    • Tax Class – jenis pajak yang akan dikenakan untuk produk tersebut.

 

Inventory tab

Tab ini digunakan untuk mengatur persediaan produk dan mengatur kapan terjadinya back orders.

 Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on Manual Penggunaan Plugin WooCommerce

Chapter 6

Customer Relationships

 

What Is a Relationship?

 

Relationship Type

 

Hubungan ada di sepanjang kontinum, dan berkisar dari komunal untuk bertukar berbasis. Sebuah hubungan murni komunal adalah altruistik, setiap orang berfokus pada metting kebutuhan dan keinginan yang lain (s). Mereka berinteraksi tanpa requieremen atau harapan bahwa mereka akan menerima sesuatu sebagai balasannya. Induk – hubungan CHold, atau mereka antara keluarga dekat atau teman-teman, cenderung komunal.

Sebaliknya, pihak-pihak dalam hubungan pertukaran memberikan satu hal sebagai imbalan untuk yang lain. Ketika seseorang membantu yang lain, kewajiban dibuat, dan pada titik tertentu itu expencted bahwa utang akan dilunasi.

Namun, hubungan pertukaran dapat melibatkan manfaat emosional, sosial, dan psikologis serta yang keuangan. Seseorang dapat membantu seseorang karena dia ingin merasa baik tentang dirinya sendiri, atau mungkin untuk menghindari rasa bersalah. Aspek interpersonal pembeli – penjual pertukaran merupakan komponen penting dari pengalaman belanja atau konsumsi.

Dapatkah perusahaan online membangun emosional, manfaat sosial, dan psikologis dalam proses exchange?. Adalah strategi yang tersedia untuk perusahaan yang ingin meningkatkan aspek nonekonomi pertukaran. Sebagai contoh:

• Menanamkan kepercayaan diri sangat penting dalam situasi pembelian secara online. Membiarkan  jangka panjang pemegang kartu Amerika Express untuk menggunakan kartu kredit untuk menyelesaikan pembelian berbasis Web, misalnya, sepatu mungkin bahwa kepercayaan pelanggan di website itu.

• Perusahaan dapat membuat emosi ditukar dengan mendukung charides. Misalnya, Ben & Jerry dan The Body Shop melakukan persentase dari keuntungan mereka untuk penyebab sosial. Pembeli merasakan rasa bangga dan kepuasan bahwa pembelian mereka membantu orang lain.

Relationship Involvement

 Read More »

categories Uncategorized | comments Comments Off on Chapter 6

UTS E-commerce 11 April 2013

1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan ecommerce !

Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

2.  Jelaskan infranstruktur dan suprakstruktur yang harus disiapkan untuk e-commerce, serta berikan analisis kondisi di Indonesia ?

Infrastruktur yang perlu disiapkan :

Infrastrukturnya

  • Internet: jaringan global
  • Intranet: jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi Internet, seperti protokol Internet, browser Web, dsb.
  • Extranet: jaringan melalui Internet yang menghubungkan beberapa intranet

Slain infrastruktur, aplikasi E-commerce juga ditunjang oleh lima bidang pendukung (suprastruktur) :

  • SDM
  • Peraturan/perundangan publik
  • Pemasaran dan periklanan
  • Layanan-layanan pendukung
  • Kemitraan usaha

Kondisi di Indonesia sudah cukup baik saat ini dunia e-commerce berkembang dengan cepat dan pesat namun masih perlu perbaikan dari segi infrastruktur dan suprakstrukturnya agar lebih dapat berkembang dengan lebih baik lagi.

 Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat pengguna internet di Indonesia hingga Juni 2012 kemarin baru mencapai 62,9 juta. Menurut Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan, jumlahnya baru 25% dari total populasi penduduk.
Dalam tiga tahun ke depan, APJII yang berinisiatif mendeklarasikan Indonesia Internet Governance (ID-IGF) bersama komunitas teknologi informasi komunikasi, berupaya untuk menjalankan tata kelola internet agar bisa memenuhi target 50% yang dicanangkan World Summit of Information Society (WSIS) untuk seluruh negara dunia. Jika pengguna internet tumbuh pesat di atas angka 100 juta, apalagi jika Indonesia bisa memenuhi target WSIS untuk Millenium Development Goals 2015 dengan jumlah penetrasi 125 juta, pasar bisnis e-commerce diyakini bisa tumbuh sedikitnya dua kali lipat. (http://inet.detik.com)
Peluang untuk bertransaksi elektronik melalui e-commerce sangat terbuka lebar. Pemerintah RI pun telah mengeluarkan regulasi yang akan menjadi payung hukumnya.  UU no 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 9, pasal 10 (1), pasal 15, pasal 17 (1,2) secara jelas mengatur pelaku usaha yang agar menyelenggarakan transaksi elektronik secara andal, aman dan bertanggungjawab.

3.  Berikan (5) contoh e-commerce di Indonesia, dan beri analisisnya !

Beberapa contoh ecommerce di Indonesia :

  • Kaskus.com

download (4)

 

Kaskus muncul atau berawal pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi yang merupakan pelajar dari seatle US. Kaskus merupakan situs forum komunitas didunia maya terbesar Indonesia. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.Anggotanya, yang berjumlah lebih dari 1.620.000 member. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Pengguna situs ini atau membernya dinamai atau disebut dengan Kaskuser. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 100 juta posting. bulan April 2010 Kaskus berada di peringkat 313 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (Alexa.com)

  • Sophie martin indonesia

download (2)

 

Sophie martin adalah perusahaan Multi Level Marketing yang didirikan oleh sepasang suami istri berkebangsaan Prancis yang datang ke Indonesia pada tahun 1997, yaito Bruno Hasson dan SophieMartrin. Keahlian Sophie martin dalam mendesain produk fashion terutama tas dan didukung kepiawaian Bruno Hasson dalam meletakkan dasar-dasar manajemen menjadikan Sophie Martin bertumbuh pesat dalam waktu kurang lebih sepuluh tahun. Saat ini, Sophie Martin sudah memiliki lebih dari 300 BC (Business Center) yang tersebar diseluruh Indonesia. Member adalah orang yang bersedia mengikatkan dirinya sebagai member Sophie Martin yang berhak membeli dan menjual/ memasarkan produk dengan mendapatkan keuntungan bonus, dan fasilitas.

 

  • Berniaga.com

download (3)

Merupakan situs jual beli online terbesar di indonesia. Penawaran terbaik ada di sekitar Anda! Di berniaga.com, Anda dapat pasang iklan gratis untuk hampir semua jenis barang/jasa. Lebih mudah dan nyaman juga dalam melakukan pencarian barang/jasa, seperti kendaraan, hunian, pekerjaan, elektronik, fesyen dan sebagainya. Situs ini masih terus berkembang di dunia e-commerce sampai saat ini dan sudah mulai banyak dipercaya oleh konsumen dan penjual.

  • TokoBagus.com

download

 

 

Tokobagus.com adalah pusat jual beli online terbesar di Indonesia. Tempat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas seperti produk handphone murah, komputer, fashion, mobil bekas, motor, rumah dan properti, peralatan rumah tangga, aneka jasa dan juga lowongan kerja. Untuk para penjual, pasang iklan gratis adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Tokobagus. Iklan anda akan dilihat oleh ratusan ribu orang setiap harinya. Bertransaksi di Tokobagus, baik jual maupun beli tidak dikenakan biaya, semua disediakan gratis. Bergabunglah sekarang juga bersama jutaan member lain yang sudah terdaftar. Merup[akan pesaing dari situs berniaga.com karena berupa situs sejenis di Indonesia dan merupakan salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia saat ini.

 

  • Blibli.com

download (1)

 

Blibli.com merupakan salah satu situs e-commerce di Indonesia yang menawarkan aneka produk, sepertifashion, produk kecantikan, gadget, elektronik, dan sebagainya. Dalam hal merek produk, produk yang ditawarkan di Blibli.com ada yang bermerek internasional maupun lokal. Semua produk yang tampil di Blibli.com adalah produk orisinal dan bergaransi resmi. Laman ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada konsumen mengenai manfaat dari berbagai macam produk. Situs ini juga menampilkan berbagai tweet dari twitter yang berkaitan dengan situs ini. Selain itu, ada pula “let’s chat” yang memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola Blibli.com

 

4.  Tunjukkan teknik SEO onpage dan offpage

Onpage adalah cara untuk optimalisasi situs dari dalam.

Teknik SEO on Page :

  • Keyword
  • Title Tags
  • Hi Tags
  • Keyword Dendity
  • Keyword Placement
  • Description

SEO Offpage yaitu dengan mengoptimalkan blog dari luar atau secara external , optimasi Offpage bisa dilakukan dengan cara memberi backlink berkualitas kepada situs / blog kita, lalu naikan otoritas situs menggunakan Social Media yaitu dengan cara share artikel” atau blog kita ke berbagai social media

Teknik SEO offpage :

  • Content
  • Bookmarking
  • Social Networking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

categories E-Commerce | comments Comments Off on UTS E-commerce 11 April 2013

Prospek App. Android, IOS, Windows, BlackBerry

Prospek Applikasi Android

Semakin berkembangnya aplikasi mobile maka, terciptalah sebuah sistem operasi (OS) yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasis linux yaitu android. Pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc. yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Dalam usaha mengembangkan Android, pada tahun 2007 dibentuklah Open Handset Alliance (OHA), sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan.

 

Android dan Peluang Bagi Para Pengembang Aplikasi Lokal

Popularitas Android terus bertumbuh, bukan hanya dari jumlah perangkat yang mengadopsi platform ini, tetapi juga para operator telekomunikasi yang mulai memberikan fokus yang lebih pada platform opensource yang dikembangkan Google ini.

 Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on Prospek App. Android, IOS, Windows, BlackBerry

Kode-kode HTML5

HTML5 adalah sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990 dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun 1997[1]) dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.

HTML5 merupakan salah satu karya Konsortium Waring Wera Wanua (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.

 Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on Kode-kode HTML5

Infrastruktur Internet Dunia dan Indonesia

Internet merupakan sebuah sistem jaringan yang terbentuk dari beragam kumpulan sub-sub jaringan komputer yang tersebar di berbagai belahan bumi ini. Karena setiap bentuk jaringan komputer, kecil maupun besar, dapat dengan mudah dihubungkan ke dunia maya ini, maka secara kontinyu dan eksponensial, komunitas internet pun bertambah besar. Karakteristik tersebut mengakibatkan internet tumbuh dengan pesat, tanpa ada pihak-pihak yang mengatur perkembangannya. Secara alami, pertumbuhan internet dapat dianalogikan seperti organisme (semacam mahkluk hidup), tumbuh secara pasti menjadi semakin besar dan dewasa. Berdasarkan fakta ini terlihat, bahwa secara tidak sengaja, internet telah menjadi suatu sistem yang terdesentralisasi ke beragam pusat-pusat komunitas digital (Kosiur, 1997). Tidak ada satu lembaga pun yang dapat “memerintah” komunitas yang melakukan interaksi di dunia maya, termasuk negara Amerika Serikat sebagai pelopor teknologi ini.

 

Secara fisik, infrastruktur jaringan internet membentuk struktur pohon hirarkis. Kabel transmisi berkecepatan tinggi (high-speed backbone networks) berfungsi sebagai tulang punggung utama dari sistem komunikasi ini. Contohnya adalah media transmisi yang dibangun dan dimiliki oleh MCI dan AT&T (yang menghubungkan benua Amerika dengan negara-negara di belahan bumi lainnya). jaringan fisik internet melibatkan beragam jenis perangkat keras dan perangkat lunak yang diproduksi oleh berbagai perusahaan besar di dunia. Untuk memungkinkan dilakukannya komunikasi antar komponen-komponen yang berbeda tersebut, tentu saja dibutuhkan aturan-aturan atau standard yang disepakati bersama (protokol). Salah satu protokol yang disepakati untuk dipergunakan di seluruh dunia adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

 Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on Infrastruktur Internet Dunia dan Indonesia

Adword, pengertian manfaat dan langkah pembuatannya

Pengertian dan Manfaat Adword

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini hampir bisa dikatakan pengguna internet didunia sebesar 600 juta orang dan mengapa hal ini kita tidak manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi kita, untuk itu google menyediakan layanan iklan ini atau Google Adwords untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya.

Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:

  1. Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut
  2. Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.

 Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on Adword, pengertian manfaat dan langkah pembuatannya

Menggunakan Webmaster Google, Bing dan langkah-langkah SEO

Menggunakan Webmaster Google dan Bing

Ketika kita mendaftarkan blog ke Webmaster Google,Bing,dan lainnya. Tentu membuat sitemap adalah hal yang harus diperhatikan. Karena pada saat Anda ingin mengindex tiap halaman di blog Anda, tentu sitemap lah yang akan menghubungkan blog Anda ke beberapa search engine tersebut. Untuk itu, yuk kita ikuti panduan mengenai “Cara Membuat Sitemap di Google,Bing Webmaster Tools pada Blog”.

sitemap adalah sebuah alat atau tools yang digunakan oleh para Webmaster dari berbagai search engine agar mempermudah dalam pengenalan dan penjelajahan peta situs dari sebuah web/blog. Oleh karena itu, sitemap ini sangat penting agar searh engine seperti Google dan Bing dapat dengan cepat membaca keseluruhan isi dari semua halaman blog kita.

Langkah-langkah mengunkan web master :

  1. Kirimkan situs Anda ke Bing/Submit your site to Bing, melalui Webmaster Tool Sign In.
  2. Masukkan alamat situs, klik Add Site, ketik URL blog. Klik Submit.
  3. Untuk Verifikasi kepemilikan diperlukan untuk memastikan bahwa pemilik yang sah hanya diberikan informasi tentang situs atau blog Anda, pilih Option 2 : Copy and paste a tag in your default webpage, agar mudah dalam mengedit HTML.
  4. Sebelum Verivy diklik, Anda pergi terlebih dahulu ke Edit Template HTML Blogger, selanjutnya copy code seperti (<meta name=”msvalidate.01”content=”2C307460F5612739CAD1D86AC7EF779” />. Paste code tersebut, sebelumnya cari code <head> agar mudah tekan Ctrl+F, lihat contoh code HTML dalam kotak merah, tepat di bawah code <head>, klik SAVE TEMPALTE.

 Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on Menggunakan Webmaster Google, Bing dan langkah-langkah SEO

PROSPEK E-COMMERCE

“Prospek E-commerce di Indonesia dan Dunia”

Tampaknya e-commerce mempunyai masa depan yang cerah. Jika berbagai detail dari perdagangan online ini dapat di selesaikan maka bukan mustahil e-commerce dan Internet akan mengubah struktur dunia usaha secara global. Prospek E-commerce di Indonesia bahkan didunia sangatlah menunjukkan kemajuan yang sangat baik dan pesat. Industri e-Commerce punya potensi besar, di Indonesia saja Seiring pertumbuhan akses internet, transaksi jual beli online yang diperkirakan bisa mencapai Rp 330 triliun tahun ini masih bisa terus meningkat di tahun mendatang. E-commerce sendiri memiliki prospek yang sangat baik karena memiliki banyak sekali manfaat :  Read More »

categories E-Commerce | comments Comments Off on PROSPEK E-COMMERCE