PENULISAN LAPORAN BISNIS

2012
03.31

Laporan bisnis adalah suatu laporan yang memiliki sifat netral, tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas dan berisi rencana penyajian fakta kepada seseorang atau lebih untuk tujuan bisnis tertentu. Pada umumnya penulisan laporan bisnis digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan, antara lain:

a. Untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan.

b. Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.

c. Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hokum dan peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan.

d. Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik bagi keperluan internal maupun eksternal.

e. Untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan-keputusan atas masalah tertentu.

f. Untuk memperoleh sumber pendanaan atau membuka bisnis baru.

Penggolongan Laporan Bisnis

a. Menurut Fungsinya. Menurut fungsinya, suatu laporan dapat dibedakan apakah untuk member informasi atau untuk analisis.

b. Menurut Subjeknya. Suatu laporan dapat dibedakan menurut dari departemen mana suatu laporan itu diperoleh.

c. Menurut Formalitasnya. Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau nonformal. Menurut Frekuensinya. Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar apakah secara berkala atau khusus.

d. Menurut Jenisnya. Suatu laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan. Laporan infomal meliputi laporan memorandum, laporan surat, dan laporan cetak. laporan formal sering disebut dengan laporan panjang. Laporan surat merupakan suatu laporan yang menggunakan format surat dengan kepala surat. Laporan dalam bentuk cetakan mempunyai judul yang sudah tercetak, instruksi, baris-baris kosong. Laporan formal biasanya lebih panjang daripada laporan informal.

e. Menurut Kegiatan Proyek. Dalam melakukan suatu proyek, terdapat tiga jenis laporan,yaitu laporanpendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan akhir.

f. Menurut Pelaksanaan Pertemuan. Laporan bisnis dapat dibedakan ke dalam agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan.

Persiapan adalah sesuatu yang sangat penting dalam segala aspek, begitu halnya dengan membuat laporan. Adapun tahapan sebelum menulis laporan:

ΓΌ Definisikah Masalah, Tujuan, dan Ruang Lingkup. Perencanaan adalah melakukan analisis masalah, yang mencakup tujuan penyusunan laporan.

untuk Pertimbangkan Siapa yang akan Menerima Laporan. Menentukan Ide atau Gagasan. Tuliskan semua ide yang terlintas secara umum. Kemudian buatlah laporan berdasarkan rencana kerja yang rinci.

untuk Mengumpulkan Bahan yang Diperlukan. Mengumpulkan fakta yang diperlukan dari sumber-sumber yang dapat dipercaya.

untuk Menganalisis dan Menafsirkan Data.

untuk Mengorganisasi Data dan Mempersiapkan Kerangka Akhir.

Your Reply

*