rizalrifada

Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

Selamat Datang Propinsi Muda: Kalimantan Utara

 Pada kamis, 25 Oktober 2012 diberitakan bahwa telah disetujui pembentukan daerah otonom baru yakni propinsi Kalimantan utara (kaltara). Provinsi Kaltara satu dari 5 daerah otonom baru yang disahkan Dewan. Empat lainnya adalah Kabupaten Pandandaran di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pesisir di Provinsi Lampung, Kabupaten Manokwari Selatan di Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten Pegununan Arfak di Provinsi Papua Barat. Seperti yang diberitakan di situs resmi departemen dalam negeri RI, keputusan tersebut diambil melalui rapat dewan.

“Apakah disetujui lima daerah otonom baru?” tanya Ketua DPR Marzuki Alie kepada anggota DPR yang hadir.

“Setuju,” jawab anggota DPR serentak.

Dalam sambutannya Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar menegaskan khusus untuk Provinsi Kaltara adalah provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia.
“Komisi II berharap kejadian pencaplokan wilayah perbatasan tidak terjadi lagi,” katanya.

Dikatakan Provinsi Kaltara merupakan open gates ke Malaysia, Filipina Selatan, dan Brunei Darussalam. “Sehingga posisinya strategis,” kata Agun.

Provinsi Kaltara terdiri dari Kabupaten Bulungan, Berau, Nunukan, Malinau dan Kota Tarakan yang sebelumnya bergabung dengan Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan dibentuknya propinsi Kalimantan utara ini otomatis jumlah propinsi yang ada di Indonesia yakni 34. Dengan letak yang strategis, diharapkan kaltara menjadi kekuatan baru perekonomian Indonesia dan yang terpenting adalah mampu menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia yang selama ini terusik denagn isu-isu terkait Negara-negara tetangga khususnya permasalahan denagn Malaysia.

Isu kedaulatan merupakan sesuatu yang sangat sensitive. Setidaknya mampu membuat panas telinga masyarakat Indonesia ketika ada kabar adanya ancaman terhadap kedaulatan NKRI terancam oleh Negara tetangga, lagi-lagi terutama Malaysia

Reference

http://www.depdagri.go.id/news/2012/10/25/kalimantan-utara-resmi-jadi-provinsi

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*