browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Setya Novanto dan Media Sosial : Dari Status Tersangka Hingga Ditahan KPK

Posted by on December 6, 2017

Semuanya bermula enam tahun lalu, saat pemerintah dan DPR memulai pengadaan KTP elektronik secara nasional, akhirnya Setya Novanto ditahan. Saat itu, enam tahun lalu, kontrak pengadaan e-KTP senilai Rp5,84 triliun diteken pada 1 Juli 2011 oleh konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia. Beranggotakan PT Quadra Solution, PT Sandipala Arthapura, PT Sucofindo, dan PT LEN.

Selang dua bulan kemudian, muncul dugaan persekongkolan dalam tender, sehingga Komisi Pengawas Persaingan Usaha mulai menyelidiki.

Dugaan itu terbukti di tahun 2012. Namun, setahun kemudian Pengadilan Negeri Jakarta Pusat malah membatalkan putusan KPPU. Baru pada 2014, KPK menyidik kasus ini dengan tersangka pertama yaitu bekas Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan yang juga pejabat pembuat komitmen, Sugiharto.

Di tahun 2016, atasan Sugiharto yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipl (Dukcapil), Irman berstatus tersangka.

Selanjutnya, beberapa pokok peristiwa sepanjang 2017:

Lini masa Setya Novanto

Setya Novanto dan keramaian di media sosial

Berkali-kali Setya Novanto menjadi pusat perbincangan di media sosial -dengan menjadi subjek tanda pagar,tagar.

Tagar #PapaMintaSaham sempat menjadi topik utama Twitter, November 2015. Saat itu Setnov disebut-sebut mencatut nama Presiden Joko Widodo untuk minta saham di PT Freeport Indonesia.

Kasus itu terungkap setelah Menteri ESDM waktu itu, Sudirman Said, mengadukan Setya Novanto kepada DPR dengan bukti rekaman audio yang dibuat oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Ma’roef Syamsudin.

Dalam rekaman itu terungkap, Setya Novanto ditemani seorang pengusaha, Riza Chalid, saat melakukan pertemuan dengan presiden direktur PF Freeport Indonesia. Dan terdengar dalam rekaman itu, Setya Novanto dan Riza Chalid terdengar pembicaraan tentang permintaan saham.

Warganet pun ramai-ramai membuatkan meme, menyandingkan kasus politisi Golkar tersebut dengan sindikat penipuan SMS yang dijuluki ‘Mama Minta Pulsa’ yang marak pada zaman itu.

setnov

Setnov sempat disidang oleh Majelis Kehormatan DPR. Dalam sidang-sidang MKD, para anggota DPR dipandang oleh berbagai kalangan, justru memojokkan Sudirman Said dan Maroef Syamsudin. Betapa pun, Setya Novanto kemudian mundur sebagai ketua DPR sebelum MKD menjatuhkan putusan.

Namun Setya Novanto pun mengajukan uji materil kepada MK tentang sah tidaknya penggunaan rekaman tanpa izin. MK memenangkan kasusnya, MKD pun pda 28 September 2016, memulihkan nama baik Setya Novanto, dan Setnov juga dipulihkan posisinya sebagai Ketua DPR.

Sementara pada Mei 2016, Setya Novanto menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode 2016-2019 berdasarkan hasil Munaslub Partai Golkar, setelah pesaingnya, Ade Komarudin, berserpakat untuk mundur dari pemilihan tahap kedua.

Sampai kemudian, pada 17 Juli 2017, KPK menetapkannya sebagai tersangka perkara korupsi KTP elektronik.

September 2017: Papa Cepat Sembuh

Petisi online ‘Papa Cepat Sembuh’ ini ditandatangani lebih dari 27 ribu warganet. Petisi tersebut mempertanyakan mengapa Setya Novanto terus-terusan mangkir dari panggilan pemeriksaan KPK dengan alasan sakit.

Surat sakitnya diantarkan oleh Sekjen Golkar Idrus Marham yang menerangkan Setya sakit gula dan menjalani rawat inap di RS Siloam Jakarta.

Di bulan yang sama beredar luas foto Setnov berbaring di rumah sakit dengan alat bantu pernapasan. Warganet yang memelototi foto tersebut kemudian menderetkan sejumlah kejanggalan dan menjadikan foto tersebut sebagai bahan meme.

2 Oktober: #ThePowerofSetyaNovanto

Ribuan tagar berbunyi #ThePowerofSetyaNovanto muncul sejak ia dibebaskan dari praperadilan kasus KTP elektronik. Warganet yang prihatin meresponnya dengan satir. Dia juga sembuh dari sakitnya dan meninggalkan Rumah Sakit Premier Jatinegara Jakarta.

10 Oktober: Setnov adukan pembuat meme

Setnov mempolisikan seorang warganet hanya gara-gara meme. Upayanya selain dianggap pegiat kebebasan berekspresi sebagai pembungkaman, juga dinilai membunuh kepuasan warganet berekspresi dengan meme yang sudah jadi tren sedap di Internet.

8 November: Sudah sembuh dan tertidur di pernikahan Kahiyang

Setnov tertangkap kamera sudah sehat dan hadir di acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution di Solo. Tapi, di video yang beredar dan jadi bulan-bulanan warganet, Setnov tampak sedang tidur lelap.

15 November: #TangkapNovanto

Sepanjang Rabu (15/11) malam, tagar ini digemakan hingga lebih dari 16 ribu kali, seiring keberangkatan penyidik KPK ke kediaman Setnov untuk menjemput paksa tersangka kasus korupsi e-KTP tersebut.

Warganet pun bersemangat, menanti-nanti kabar dari KPK – yang rupanya gagal bpapacepaertemu Setnov. Ini mengapa keesokan paginya panggung medsos mengobarkan tagar baru, yaitu:

16 November: #IndonesiaMencariPapah

Tagar ini viral, bersirkulasi lebih dari 47 ribu kali dalam tempo sehari. Warganet memakainya untuk gotong royong membantu KPK mencari keberadaan Setnov, yang tak jelas rimbanya.

16 November: #SaveTiangListrik

Sesaat setelah berstatus buron, warganet dikejutkan dengan kabar mobil Setnov menabrak tiang listrik, akibatnya ia dilarikan ke rumah sakit dengan ‘benjol segede bakpao’. Dar! Kompetisi meme Setnov di medsos pun meledak lagi.

Tagar ini merajai topik pembicaraan di Twitter Indonesia, hanya dalam hitungan jam. Diikuti dengan tagar-tagar lain, yaitu #SaveBakpao, #DramaSetnov, dan #PapahKecelakaan.

Adapun, #SaveTiangListrik dikicaukan hingga 70 ribu kali di Twitter.

setya NovantoHak atas fotoKOMPAS.COM/ROBERTUS BELARMINUS
Image captionSetya Novanto usai menjalani pemeriksaan di KPK dalam satus tersangka dan dengan rompi oranye, Senin (20/11)

Dan akhirnya,

19 November: Setya Novanto mengenakan rompi oranye. Ia ditahan, dan dikirim ke Rumah Tahanan KPK.

20 November: KPK memeriksa Setya Novanto selama 90 menit. Setnov mengeluh, mengira akan diberi kesempatan pemulihan terlebih dahulu. Ia juga menyatakan sudah mengirim surat ke Presiden, Jaksa Agung dan Kapolri, meminta perlindungan hukum. Presiden Joko Widodo sebelumnya sudah mengatakan, sang Keua DPR dipersilakan untuk mengikuti seluruh proses hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*