tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kabupaten Probolinggo tanpa menikmati kuliner khas wilayah pendalungan ini. Selain mangga dan anggur sebagai produk unggulan, terdapat satu makanan yang menjadi icon kuliner di Kota Kraksaan yaitu Soto Ayam Kampung Kraksaan atau lebih dikenal Soto Kraksaan.

Makanan yang berisi daging ayam kampung, nasi/lontong, tauge, dan disiram dengan kuah santan dan koya ini sudah terkenal. Bahkan Pemkab Probolinggo menjadikannya sebagai kuliner khas Kabupaten Probolinggo dalam buku profilnya. Soto sebenarnya dapat dijumpai dimana saja, namun Soto Kraksaan mempunyai khas tersendiri dimana ayam kampung yang disajikan adalah ayam betina serta taburan koyah (bubuk kelapa) dan kentang yang sudah ditumbuk menjadikan kuah santan terasa lebih sedap.

Di Probolinggo ada soto yang memang khas….sekali yaitu kuahnya diberi santan tapi tidak terlalu kental. Meski diklaim soto khas Probolinggo tapi tempatnya di Kraksaaan / kurang lebih 27 Km dari Probolinggo. Letak persisnya di sebelah masjid Krasaan dan dekat alun2 Kraksaan. Bukanya jam 7 pagi sampai habis kira2 jam 1 siang, soto ini bisa dimakan dengan nasi atau lontong.

Bahan2 tambahan soto seperti biasanya ada kecambah,telur, perkedel kentang dan koya. Koyanya tidak seperti soto Lamongan yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang goreng, koya soto Probolinggo terbuat dari kelapa yang disanggrai kemudian ditumbuk. Sayang saya sampai saat ini tahu resepnya.

Selain dimakan ditempat banyak juga yang beli soto untuk dibawa pulang, saya pun sering begitu. Untuk lebih nikmatnya soto ini perlu diberi jeruk nipis,kecap manis dan asin trus jangan lupa beri sambel biar tambah sep……