Tugas HRP : Ayam Bawang Cak Per

Satu lagi tujuan baru kuliner ala mahasiswa di kota Malang, yaitu ayam bawang cak per. Ditengah menjamurnya usaha kuliner yang menargetkan mahasiswa sebagai segmentasi pasarnya, ayam bawang cak per hadir untuk meramaikan persaingan, tidak dengan inovasi yang menurut saya bisa dibilang baru, karna sejatinya saya sudah sering menemui tempat makan dengan segmentasi mahasiswa yang mirip atau bisa dibilang sama saja dari segi strategi penjualan ataupun produknya, namun yang menarik adalah dari manajemen sumber daya manusianya, ayam bawang cak per sudah berdiri sekitar satu tahun namun sudah memiliki 6 cabang di kota Malang, salah satu pemiliknya adalah mas Feri, lulusan Universitas Brawijaya dari Fakultas MIPA tahun 2010 silam. Pada awal berdirinya usaha ini, sang owner merekrut 5 orang karyawan dengan sistem kerja part time 2 shift, dan para pekerjanya kebanyakan adalah mahasiswa yang ingin mencari uang jajan tambahan, dengan jam kerja 4,5 jam perharinya dan gaji Rp 350.000 belum termasuk bonus dan makan. Seiring berkembangnya usaha ini maka jumlah karyawannya pun sekarang meningkat menyesuaikan dengan kebutuhan pada unit cabang itu sendiri serta dirubahnya juga shift kerja menjadi 6 shift karna ayam bawang cak per sendiri kini buka 24 jam, contohnya cabang di jl. Soekarno Hatta dipekerjakan 8-11 orang yang menyesuaikan dengan kebutuhan dapur, pelayan, dan kapten. Dengan bertambahnya jumlah pekerja saat ini beberapa kapten direkrut sebagai koordinator, tugas dari koordinator adalah membantu owner merekrut karyawan, membantu untuk promosi, dan lain-lain, sementara owner kini hanya bertugas untuk mengevaluasi keuangan secara umum. Saat ini ayam bawang cakper sudah membuka 6 cabang, setelah ada cabang-cabang ini membuat ayam bawang cak per membentuk tim manajemen. Dengan terbentuknya tim manajemen maka struktur organisasi mulai terbentuk. Saat ini struktur organisasi usaha ini secara umum terdiri dari, antara lain :
Pemilik yang sementara merangkap menjadi Direktur lalu dibawahnya ada Manajer Umum, Manajer Outlet, Manajer Bidang Area (Pemasaran, Operasional, dan Keuangan), Koordinator lalu Karyawan.

Dalam HRD sendiri dipimpin oleh Mas Wildan sebagai manager yang membawahi semua outlet. Tugas-tugas yang dikerjakan oleh manager HRD merekrut dan mencari karyawan untuk bekerja di Cak Per, melakukan pengembangan hard maupun soft skill karyawan dan jauh daripada itu ialah melakukan pengembangan keterampilan dan spiritual karyawan guna mendapatkan sikap yang baik dan profesional. Hal tersebut berguna untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada pelanggan. Strategi khusus terkait sumber daya manusia yang diterapkan oleh Warung Ayam Bawang cak Per adalah dengan memberikan kebebasan karyawan untuk memilih waktu part time atau waktu kerja yang diinginkan sehingga mengakibatkan kecilnya jumlah turn over. Untuk pengrekrutan, alurnya tranning dahulu setelah itu baru diseleksi. Jika ada yang telah terpilih akan dipanggil untuk diinterview. Setelah tahap interview  calon karyawan akan mendapatkan informasi dari pihak cakper apakah diterima atau tidak. Jika diterima akan diberikan pembekalan.

Nama : Rio Riza Maulana

NIM : 125020200111031

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*