Doraemon Petualangan (Jilid 4)

Judul: Doraemon Petualangan (Jilid 4)

Sub Judul: Petualangan Nobita di Dasar Laut

Judul Asli: Dai-Chihen Doraemon: Nobita no Kaiteikikanjo

Komikus: Fujiko F. Fujio

Penerjemah: Roberto Masami Prabowo

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 204

Terbit Perdana: 1995

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 1995

ISBN: 979637451X

cooltext-review

Selain memiliki edisi reguler dan edisi spesial, Doraemon juga hadir dalam bentuk yang lain. Apabila Doraemon edisi reguler dan Cerita Spesial hanya berisi kisah-kisah kehidupan atau slice of life dengan sedikit bumbu kejaiban, ada satu jenis edisi khusus yaitu Doraemon Petualangan yang menyuguhkan satu cerita besar dengan berbagai konflik dalam satu kesatuan.

Sebagai contoh adalah Doraemon Petualangan jilid keempat ini. Seperti yang dicantumkan pada sub judul, jilid ini menceritakan tentang petualangan Nobita di dasar laut. Cerita bermula ketika awal liburan musim panas, Nobita, Giant, Suneo, dan Shizuka ingin pergi kemping bersama Doraemon. Sayangnya, mereka berselisih paham mengenai lokasinya yaitu gunung atau laut.

Agar bisa mengakomodir semuanya, Doraemon mengusulkan kemping di dasar laut saja. karena di sana ada gunung dasar laut. Sehingga hal ini bisa dijadikan tujuan kemping untuk semuanya. Sayangnya, mereka langsung mengeluh dan menolak. Tentu saja Doraemon jadi ngambek. Hingga suatu siang ia mengeluarkan mobil khusus bernama Buggy yang sangat ajaib.

Makin lama langit biru akan menjadi hijau, dan pada kedalaman di atas 400 meter akan menjadi gelap. Semua menjadi kelihatan karena Sinar Penyelaras. (Halaman 11)

Ya benar, alat pertama yang sangat ajaib dari abad 22 adalah Sinar Penyelaras yang bisa membuat manusia bisa bernapas dalam laut hingga paling dasar sekalipun. Hal ini membuat Shizuka, Suneo, dan Giant ikut kemping bersama Doraemon dan Nobita di dasar Samudera Pasifik. Hari-hari kemping terasa menyenangkan, hingga muncul rencana Suneo dan Giant.

Munculnya sebuah kapal hantu yang diduga mengangkut harta karun di perairan Samudera Atlantik membuat Soneo dan Giant berambisi mendapatkan harta itu. terlebih secara misterius keberadaan kapal itu menjadi tidak diketahui. Akhirnya saat pagi-pagi buta, Suneo dan Giant menuju Samudera Atlantik naik mobil Buggy. Sayang, mereka tidak mengetahui hal berikutnya.

Sudahlah. Kita sudah dikasih lihat, kan. Jadi sekarang sudah ketahuan. Kalau ada Manusia Dasar Laut. Dan Manusia Dasar Laut itu ada musuhnya. Satu lagi monster ikan. (Halaman 108)

Ya benar, ada Manusia Dasar Laut yang memiliki karakteristik fisik menyerupai manusia. Bahkan mereka memiliki istana megah di dasar laut di Palung Mariana. Saat ini, mereka sedang terlibat konflik dengan kelompok terbesar dari kawasan Samudera Atlantik yaitu Uni Atlantis. Oh iya, Manusia Dasar Laut yang bertemu Nobita dan kawan-kawan ini bernama Uni Muu.

Singkat kata, Nobita dan lainnya bukan lagi menjadi tamu biasa, melainkan jadi terlibat langsung dengan misi penyelamatan umat manusia dari kehancuran akibat ulah Poisedon. Wah, apalagi itu ya? secara garis besar, Poisedon adalah sebuah sistem yang masih hidup di Samudera Atlantik sepeninggal Atlantis. Poisedon memiliki peluru kendali yang mengerikan.

Kalau di sekitar Laut Bermuda terjadi letusan gunung berapi. Ada magma mengalir, batu-batu terlempar, dan gempa. Pasti Poisedon menganggapnya sebuah serangan. Pada saat itu juga peluru kendali setan akan diluncurkan dan dunia menjadi dunia mati yaitu tak seekor serangga atau sebatang rumput bisa hidup. (Halaman 165)

Cerita yang disajikan di komik ini cukup seru untuk diikuti. Sang pengarang memadukan kehidupan Nobita yang ingin liburan musim panas bersama teman-temannya, kecanggihan alat dari abad 22 yang dimiliki Doraemon, fiksi keberadaan Manusia Dasar Laut, serta kisah misterius sepanjang masa tentang Atlantis. Perpaduan empat elemen ini menghasilkan cerita yang bagus.

Saya suka bagaimana komik ini menyajikan berbagai pengetahuan tentang laut, organisme di dasar laut, serta beberapa isu seputar Atlantis yang hingga saat ini masih simpang siur menjadi satu kesatuan cerita yang menarik. Meskipun demikian, saya merasa porsi tentang Manusia Dasar Laut dan Poisedon terlalu tergesa-gesa diselesaikan dibandingkan awal yang panjang.

Saya juga sedikt bertanya-tanya tentang Manusia Dasar Laut ini. mereka memang digambaran memiliki istana megah dan kendaraan selam yang hebat. Namun, mereka memiliki sebuah teknologi Sinar Penyelaras yang bisa membuat manusia bertahan hidup di dasar samudera. Padahal, di dunia Nobita hanya Doraemon yang memiliki alat ini karena ia berasal dari abad 22.

Yah, secara keseluruhan, saya masih isa menikmati jilid ini. semua terasa mengalir khas cerita anak-anak yang mudah dimengerti. Bahkan beberapa penjelasan panjang dari Eru, si Manusia Dasar Laut tetap bisa dicerna dengan mudah. Oh iya, jilid ini sudah diangkat ke layar lebar berjudulドラえもん のび太の海底鬼岩城 pada 12 Maret 1983 lho. Huebaaat! Sughooi!

Penilaian Akhir:

★★★

goodreads badge add plus