Detektif Conan (Jilid 2)

coverconan2

Judul: Detektif Conan (Jilid 2)

Judul Asli: Meitantei Conan

Komikus: Aoyama Gosho

Penerjemah: Tita Feronti

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 180

Terbit Perdana: 1997

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 1997

ISBN: 9789796635122

cooltext-review

Petualangan Shinichi Kudo dalam wujud anak-anak bernama Conan Edogawa masih terus berlanjut. Kali ini saya akan mengulas jilid kedua komik Detektif Conan. Setelah sebelumnya Conan menumpang tinggal di rumah Kogoro Mouri, jilid kedua ini Conan dipaksa Porfesor Agasa agar mau besekolah di SD Teitan kelas 1 SD agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Sepulang sekolah, Conan melihat Kogoro sedang mengintai seseorang bernama Masaki Negisi. Ternyata Kogoro mendapatkan pekerjaan memata-matai Masaki selama tiga hari. Tragedi mencuat ketika muncul berita Masaki tewas di perapian festival sejak dua hari yang lalu. Padahal sudah bisa dipastikan bahwa Kogoro memata-matai Masaki Negishi selama tiga hari.

Satu-satunya yang dicurigai Kogoro dan Inspektur Megure adalah Yutaka Abe, pewaris asuransi yang dimiliki Masaki. Meskipun Kogoro sangat curiga, alibi yang dimiliki Yutaka sangat kuat. Bahkan ia memiliki bukti otentik foto-foto yang menegaskan dirinya tidak terlibat sama sekali dengan kematian sahabat karibnya itu. benarkah demikian adanya? Hmmmm.

Aneh… Biasanya pembunuh menyembunyikan bukti-buktinya….. Tapi ia menyembunyikan mayat dalam perapian yang mudah ditemukan. Juga meninggalkan jejak si korban… Terlalu dibuat-buat! (Halaman 33)

Kasus kedua yang dihadapi Conan dan Kogoro ternyata cukup pelik. Berawal dengan laporan kehilangan ayah bernama Kenzo Hirota oleh serorang gadis bernama Masami Hirota. Meski terlihat baik-baik saja, ternyata kasus orang hilang ini berkembang ke arah yang sangat tidak disangka-sangka. Setelah berhasil mempertemukan keduanya, Kenzo justru tewas gantung diri.

Hal yang mencurigakan lagi adalah muncul seorang detektif yang mengaku mendapat permintaan mencari Kenzo Hirota dari seorang lelaki bernama Akira Hirota. Setelah kematian Kenzo, justru Akira yang kemudian menyusul tewas karena racun mematikan. Perkembangan kasus makin rumit ketika ternkuak fakta bahwa Kenzo tidak memiliki anak sama sekali. Lho?

Ini saya dengar dari perusahaan taksi tempat Pak Hirota bekerja… Setiap sore, Pak Hirota selalu lewat jalan yang sama tanpa membawa penumpang… Itu juga dengan kecepatan tinggi… (Halaman 89)

Kasus ketiga cukup unik karena kali ini Conan terpaksa ikut dengan teman-temannya sekelas menyelidiki sebuah rumah hantu. Ayumi Yoshida, Genta Kojima, dan Mitsuhiko Tsuburaya sudah siap dengan segala peralatan mulau dai pentungan, bahan makanan, serta senter dan kompas. Sedangkan Conan? Dia tidak bawa apa-apa sehingga dijuluki orang dusun. Hahahaha.

Meski awalnya Conan merasa rumah hantu itu hanya bualan semata, ternyata satu persatu misteri mulai terkuak dan berujung pada kasus kriminal lima tahun silam. Bahkan Genta dan Mitsuhiko harus rela menjadi salah satu korban sang pemilik rumah karena mereka dianggap mengganggu dan harus enyah secepatnya. Untung saja Conan dan Ayumi tidak tertangkap.

Ya, dalam puri ini ada seseorang… Ada seseorang yang keluar masuk sini! Tapi siapa!? Dan untuk apa!? (Halaman 141)

Jilid kedua ini misteri dan kasus yang harus dipecahkan Conan masih cukup mudah diikuti. Tidak terlalu rumit, petunjuk-petunjuknya juga masih sederhana, sehingga penyelesaiannya juga tidak terlalu kompleks. Meski hal ini menyisakan berbagai tanda tanya tentang petunjuk yang lain, sang mangaka langsung mengungkap pelaku sehingga mau tidak mau tetap diterima.

Kasus yang kedua yaitu hilangnya Kenzo Hirota ternyata bermuara pada organisasi berjubah hitam. Ya benar, organisasi yang membuat tubuh Shinichi mengecil dan menjadi Conan ternyata muncul kembali di jilid ini. meski demikian, kemunculan mereka sangat singkat dan hanya berurusan dengan Masami Hirota atau bernama asli Akemi Miyano yang berujung tragis.

SD Teitan sebagai tempat sekolah baru Shinichi eh, Conan lambat laun juga mulai terlihat seru. diawali dengan petualangan pertama Conan, Ayumi, Genta, dan Mitsuhiko, dapat dilihat bahwa keempat orang ini nantinya akan menjadi sahabat karib. Meskipun masih anak-anak, keingintahuan mereka sangat besar. Mungkin hal ini yang membuat Conan cocok bersamanya.

Sama seperti jilid pertama, jilid kedua ini juga berakhir gantung. Tidak jelas apakah kelak gantungnya cerita terakhir jilid ini akan dilanjutkan kembali di jilid ketiga. Oh iya, saya agak terganggu dengan ketiadaan judul chapter di komik ini. saya jadi tidak bisa menghitung ada berapa chapter dalam satu tankoubon. Menurut saya ini penting untuk mengetahui komposisi.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*