Rss

Onikirimaru (Jilid 3)

coveroni3

Judul: Onikirimaru (Jilid 3)

Sub Judul: Pedang Penakluk Iblis

Komikus: Kusunoki Kei

Penerjemah: Sugi

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 184

Terbit Perdana: 2002

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2002

cooltext-blurb

En no Otzunu… Dia bertapa selama 40 tahun untuk menguasai ilmu sihir… Ia diasingkan dan mengembara tanpa arah… Ia dapat mengendalikan manusia dengan pikirannya… Ia berhasil menguasai dunia berkat bantuan iblis… …Yang dikenal dengan iblis Otzunu…

Pemuda itu tidak bernama. Ia mencium kehadiran iblis-iblis dan berusaha menemukan tempat persembunyian mereka. Perburuannya selalu diakhiri dengan terhunusnya sebuah pedang. Pemuda itu tidak bernama, tapi pedang itu bernama Pedang Penakluk Iblis…

cooltext-review

Komik yang cukup sadis dengan darah di mana-mana sepertinya sangat jarang saya baca. Selain terkadang saya berpikir komik model seperti itu hanya “menjual” darah sebagai hal yang dirasa menarik, ceritanya juga bisa saja tidak terlalu seru. Yah, seperti layaknya film gore dan thriller seperti itu deh. Namun, tidak ada salahnya mencoba, bukan? Mari baca Onikirimaru ini.

Saya mendapatkan komik ini secara random. Jadi mohon maaf saya tidak membaca jilid perdananya. Mungkin pendapat atau ulasan saya menjadi bias karena kekurangan saya tersebut. Namun saya berusaha akan tetap memberikan penilaian untuk jilid yang memiliki enam chapter yang terdiri atas bagian awal dan bagian akhir ini. Semoga bisa ya. Lanjuut~

Chapter pertama dan kedua berjudul Otzunu. Seorang gadis remaja bernama Naruze Moeko adalah anak mujur dan beruntung karena ulah En no Otzunu. Ia selalu terhindar dari malapetaka ketika suatu bencana hampir menghinggapinya. Misalnya ketika air keras tidak menimpa kakinya, bola kasti yang meledak sebelum mengenai kepalanya, dan lain sebagainya.

Yuki sangat percaya pada keberuntungan sahabatnya itu. Sayang, ia justru mendapat kemalangan tertimpa jendela kaca yang dilemparkan oleh Isaoka yang masih dendam kakinya terkena air keras gara-gara “keberuntungan” Moeko. Awalnya kaca itu ditujukan pada Moeko. Tetapi tiba-tiba justru Yuki yang terkena sial. Benarkah memang Moeko orang yang mujur?

Aku… Aku pedang penakluk iblis… Iblis itu ada, khan? Dari dalam perutmu dia memanggilku! Mungkin dia cuma menggangguku saja? (Halaman 25)

Iblis Pemangsa Anak adalah chapter ketiga dan keempat. Awal kisah dibuka oleh tewasnya seorang anak kecil bernama Okanoemi yang ditabrak Kobayashi Tadashi saat mengendarai mobil. Sayangnya, kematian Okanoemi justru membangkitkan iblis pemangsa anak-anak sehingga membuat mayat Okanoemi dan si penabrak hilang tanpa jejak karena dimangsa iblis.

Beberapa hari kemudian, dua sahabat karib bernama Akira dan Shinchan bolos sekolah karena lupa mengerjakan PR. Naas, hari itu keduanya bertemu dengan iblis yang kelaparan dan ingin memangsa anak-anak. Shinchan harus meregang nyawa disaksikan Akira. Meskipun pedang penakluk iblis telah menebas iblis itu, ketakutan Akira bisa membangkitkan sang iblis kembali.

Dia belum bangkit, tapi kalau… kau terus begini, dia akan hidup lagi. Dia, iblis pemangsa anak. Darah, daging, dan perasaan adalah sumber kehidupannya. Mengerti? (Halaman 111)

Chapter kelima dan keenam sekaligus bab terakhir adalah Kebangkitan Iblis. Alkisah belasan tahun silam ada iblis yang bertemu dengan wanita yang telah hamil tua. Awalnya si wanita berteriak dan menganggap iblis tersebut telah hilang. Yang tidak ia ketahui, iblis tersebut ternyata bersarang di janin wanita itu, menunggu saatnya terlahir kembali ke dunia.

Takahiro adalah janin yang telah lahir itu. Ia adalah adik laki-laki satu-satunya dari Kaori. Takahiro sangat menyayangi Kaori. Yang tidak Takahiro sadari, sang iblis yang telah bersemayam di tubuhnya mulai merasuk keluar dan ingin segera bebas dari bentuk manusia. Apa yang selanjutnya terjadi? Bagaimana sang pembawa pedang menyelamatkan Takahiro?

Sudahlah! Kau selamat sekarang. Aku akan selalu melindungimu… Takkan kuserahkan Kaori pada siapa pun… Kaori milikku… (Halaman 159)

Komik ini aneh. Tidak konsisten. Kurang jelas alur ceritanya. Duh maafkan saya yang mungkin terasa janggal karena hanya menilai dari satu jilid, bahkan tidak membaca jilid perdana sebagai awal mula kisah. Tetapi ijinkan saya untuk memberikan pendapat pada jilid ketiga yang saya baca ini. mungkin akan negatif, tetapi saya berusaha tidak terlalu kasar dalam penulisan.

Aneh pertama adalah sang tokoh utama tidak memiliki nama, tetapi justru pedangnya yang memiliki nama yatu Onikirimaru alias Pedang Penakluk Iblis. Duh, kenapa justru sang tokoh utama tidak ada namanya? Sepanjang jilid ini saya sangat sulit menyebutnya. Si anak laki-laki misterius, pemuda pembawa pedang, atau apa? Main character with no name is a bad thing.

Aneh kedua adalah status sang pemuda ini. Dikisakan ia adalah iblis berwujud manusia. Tetapi ia sebenarnya bisa dilihat wujudnya atau tidak sih? Moeko sempat berujar bahwa tak seorangpun bisa melihat pemuda itu selain dirinya. Namun pada bagian lain, Isaoka, Akira, dan Kaori bisa bersentuhan dengannya. Kalaupun bisa dua-duanya, kenapa tidak dijelaskan dulu?

Aneh ketiga adalah alur cerita kurang jelas. Sebagai contoh adalah judul ketiga tentang Takahiro. Tidak ada yang bisa menjelaskan kenapa ayahnya tiba-tiba mencekik Kaori. Satu alasan masuk akal mungkin bisa diterima. Namun, terlalu tiba-tiba dan tidak masuk akal jika langsung ingin mengakhiri hidup begitu saja. Storytelling yang cukup buruk, menurut saya.

Seperti yang sudah saya singgung di awal review, komik ini cukup banyak memuat unsur darah berceceran di mana-mana. Terlebih ketika iblis memangsa manusia, bisa dipastikan muncul korban jiwa yang kondisinya tidak utuh lagi. Meski tidak digambarkans anat detail (bahkan ada halaman yang disensor), tetapi cukup jelas bagaimana kondisi mayat bertebaran.

Hingga akhir jilid ketiga inipun saya masih belum tahu apa tujuan sang pemuda membunuh kaumnya sendiri. Apakah ia termasuk protagonis? Ataukah karakter antagonis? Atau netral? Saya belum tahu. Saya ada satu jilid lagi yang belum saya baca. Semoga ada pencerahan ya. padahal artwork komik ini cukup bagus khas shoujo. Tunggu review selanjutnya ya~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*