Rss

Duel Masters (Jilid 3)

coverduel3

Judul: Duel Masters (Jilid 3)

Komikus: Matsumoto Shigenobu

Penerjemah: Randohri Neko

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 192

Terbit Perdana: November 2007

Kepemilikan: Cetakan Pertama, November 2007

ISBN: 9789792313925

cooltext-blurb

Setelah melawan Mikuni, Shoubu kini menghadapi Mimi, salah satu dari White Knights. Dalam pertarungan kali ini, akan diberlakukan peraturan Highlander. Shoubu yang masih belum terbiasa dengan peraturan itu, berada dalam posisi yang tidak menguntungkan.

cooltext-review

Setelah Shoubu dinyatakan lulus dari JDC, sebenarnya ia sudah bisa pulang ke rumah. Namun, sebuah insiden yang melibatkan Hakuou dan barisan pelindungnya bernama White Knights membuat Shoubu ingin menyelesaikan urusan pertarungan duel dengan Hakuo. Namun sebelumnya, Shoubu harus menghadapi Mikuni, salah satu White Knights bawahan Hakuou.

Enam chapter yang disuguhkan di jilid ketiga ini seru-seru! Chapter pertama berjudul Rencana Rahasia Serangan Balasan adalah proses duel Shoubu dan Mikuni yang edua setelah Shoubu kalah telak dari Mikuni sebelumnya. Pada awal permainan, Shoubu terkesan masih menggunakan trik lama. Hal ini membuat White Knights lain mencemooh Shoubu saat itu.

Lagi-lagi berniat mengandalkan blocker, ya… Dasar orang yang tidak ada kemajuan.

Bab kedua berjudul Kiri-Fuda Keempat masih tentang duel Shoubu dan Mikuni. Kali ini sudah banyak kejutan-kejutan yang dipersiapkan Shoubu. Mikuni yang merasa sebagai orang terkuat sedikit terpojok dengan kemahiran Shoubu. Namun demikian, Mikuni tidak menyerah begitu saja. Hingga titik darah penghabisan, ia takkan membuang kepercayaan Hakuou padanya.

Walau pernah kubilang duel denganmu itu tidak berarti… Tapi ternyata kau sekarang berhasil mendesakku sampai sejauh ini…

Setelah pertarungan melawan Mikuni usai, perhatian Shoubu sedikit teralihkan dengan Rekuta dan Kitarou. Saat Shoubu sadar, Hakuou telah masuk ke sebuah ruangan misterius berpintu besar. Bab berjudul Menuju Ruang Phoenix Putih! ini menggambarkan posisi Hakuou yang bisa ditemui oleh Shoubu. Sayangnya, menemui Hakuou tidak mudah karena perlindungan ekstra.

Kalau terus begini… Mungkin saja ‘sesuai dengan yang kita harapkan.’ Dia akan berhasil menaklukkan kelompok empat langit, ya…

Lawan Shoubu setelah Mikuni adalah Tasagore Mimi. Gadis cantik dan manis ini tidak disangka adalah salah satu anggota White Knights. Kintarou sempat pingsan karena mendapatkan perlakuan “khusus” dari Mimi pada chapter berjudul Musuh Kuat yang Imut-Imut!? Pada duel kedua ini pula Shoubu menghadapi satu peraturan baru yaitu Highlander.

Daripada nungguin Kirifuda yang entah muncul atau nggak… Bertarung dengan creature yang bisa diandalkan itu metode tempur yang umum dalam Highlander.

Singkatnya, Highlander adalah peraturan yang melarang pemain memasukkan kartu yang sama lebih dari satu. Wujud Asli Mimi adalah chapter ketika Shoubu dan Mimi mulai bertarung. Pada duel kali ini, Mimi berlaku bak seorang gadis imut yang centil dan tidak berdaya. Ternyata oh ternyata, hal itu adalah kesengajaan untuk memupus semangat juang Shoubu saat berduel.

Aku tida ada niat buruk! Aku hanya ingin melindungi Beeble-chan yang berharga…! Aku tidak punya niat melukaimu!

Setelah terjebak dengan mode centil dan imut-imut, Mimi akhirnya menampakkan wujud “aslinya” ketika Shoubu serius dalam bertarung. Chapter berjudul Munculnya Super Evil Beast! ini adalah bukti bahwa Mimi tak “seimut” yang terlihat sebelumnya. Ia sangat serius menghabisi Shoubu. Apalagi Highlander sangat menyulitkan gerak Shoubu. Bagaimana nih?

Percuma… Yang seperti itu tidak mungkin bisa ditaklukkan… Habisnya, meskipun seandainya bisa menang dengan pertarungan sesama creature… Dia itu akan hidup kembali sampai tiga kali lagi.

Saya suka dengan chapter ini. segala hal perkenalan tokoh utama dan sistem permainan Magic: The Gathering sudah selesai. Sepertinya sejak akhir jilid kedua dan mulai jilid ketiga hingga seterusnya ini akan penuh dihiasi dengan lika-liku duel yang dijalani Shoubu hingga menjadi seorang duelist hebat dan berjumpa dengan ayahnya sendiri. Pasti seru sekali deh.

Jujur saja, aku takut nanti, masa lalu *eh* meski saya masih sangat kurang paham dengan mekanisme duel Magic dan berbagai kartu yang digunakan termasuk creature atau land atau mana dan sebagainya itu, saya masih bisa mengikuti jalinan ceritanya. Seolah berbagai kejutan memang dipersiapkan untuk pembaca yang tidak tahu permainan ini agar merasa tertarik.

Dari segi gambar dan cerita, saya suka artwork Matsumoto Shigenobu yang tidak lebay dalam penggambaran. Beberapa sudut cerita yang terkesan lucu dan perlu penekanan memang dibuat berlebihan. Namun, karena fungsinya memang untuk menunjukkan segi kelucuan, hal itu memang sah-sah saja untuk dilakukan. Apalagi saat Kintarou jadi bulan-bulanan Mimi. Ahaha.

Sayangnya, pada jilid ketiga ini, rubrik spesial berjudul Matsumoto Dai Sensei’s Jalan Menuju Duel Masters tidak bisa hadir. Pada awal bab pertama sudah ada permintaan maaf dari sang mangaka karena absennya rubrik tersebut. Ia berjanji akan memunculkan kembali lika-liku dibalik layar Duel Masters pada jilid selanjutnya. Semoga saja ya.

Saya juga baru sadar bahwa pengenalan deck masing-masing karakter yang sempat muncul pada jilid pertama ternyata sudah tidak muncul lagi sejak jilid kedua. Sayang sekali. Padahal menurut saya bagian itu sangat berguna untuk berkenalan dengan karakter sekaligus mengetahui beberapa kartu unggulan yang biasa digunakan tokoh yang berbeda-beda.

Jika melihat segi tampilan komik ini, saya masih sangat tidak sreg dengan komik terbitan m&c! yang tidak mencantumkan nomor halaman. Padahal di daftar isi disebutkan bab ini mulai halaman sekian. Namun, sepanjang halaman sejak awal hingga akhir tidak ada nomor halaman. Kan kasihan bagi saya yang ingin menuliskan kutipan penting jadi tidak ada halamannya. Huft.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*