Rss

Duel Masters (Jilid 1)

coverduel1

Judul: Duel Masters (Jilid 1)

Komikus: Matsumoto Shigenobu

Penerjemah: Randohri Neko

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 192

Terbit Perdana: September 2007

Kepemilikan: Cetakan Pertama, September 2007

ISBN: 9789792313901

cooltext-blurb

Kirifuda Shoubu anak yang bersemangat dalam card game Magic: The Gathering yang terkenal di seluruh dunia. Suatu hari ayahnya, seorang Duel Master legendaris, menghilang. Setelah memperoleh kartu yang ditinggalkan ayahnya, pelatihan Shoubu yang bercita-cita menjadi Duel Master nomor satu, dimulai!!!

cooltext-review

Kali ini lagi-lagi saya membaca komik yang mengadopsi sebuah permainan yang populer di kalangan anak-anak. Permainan tersebut adalah permainan kartu bernama Duel Masters. Awalnya saya menganggap nama permainan ini adalah Duel Masters, tetapi ternyata yang sesungguhnya adalah Magic: The Gathering. Memang agak panjang dan sulit diucapkan sih.

Enam chapter utama dan satu chapter cerita spesial yang disuguhkan di jilid perdana Duel Masters ini cukup menarik untuk diikuti. Pada chapter pertama berjudul Duelist yang Telah Pulang dikisahkan tentang seorang anak berusia sebelas tahun bernama Kirifuda Shoubu yang menanti kepulangan Kirifuda Shouri yang telah tiga tahun berlatih Magic: The Gathering.

Sayangnya, ayah Shoubu tidak kunjung pulang. Rekan sejawatnya, Nakamura Sutochi, yang biasa dipanggil NAC, justru pulang sendirian dengan kondisi compang-camping. Shoubu yang penasaran justru diamuk oleh NAC karena ia menganggap Shoubu belum cukup tangguh untuk mengetahui apa yang terjadi pada ayahnya yang hilang ditelan bumi.

Duel itu tidak boleh menyerah sampai terakhir! Orang yang tidak menyerah sajalah… yang akan meraih kemenangan!

Bab kedua berjudul Penantang Kegelapan adalah awal mula petualangan Shoubu untuk menjadi seorang duelist sejati agar bisa bertemu dengan ayahnya sendiri. Hal ini ia lakukan setelah mengetahui latar belakang menghlangnya Shouri Kirifuda dari mulut NAC sendiri. Awalnya Shoubu sangat kaget. Namun, ia tidak bisa melakukan apapun selain percaya dengan ayahnya.

Kalau ayahku, dia pasti baik-baik saja, kok! Ayahku… tidak sedang melarikan diri, kok!

Kiri-Fuda pada Tangan yang Bercahaya adalah chapter ketiga. Belum apa-apa, Shoubu sudah ditantang duel oleh Kokujou Kyoushirou yang memiliki deck kegelapan. Kombinasi kartu yang dimiliki sanggup membuat lawan-lawannya kalah telak dalam sekejap. Awalnya Shoubu sangat bahagia bisa mengalahkan Kokujou. Sayangnya, Shoubu tidak melihat siasat lawannya itu.

Semua orang menyebutnya begitu. Karena cara bermainnya yang kejam… Mulanya membiarkan dirinya diserang. Saat lawan lengah, baru dia taklukkan dengan satu hembusan nafas.

Shoubu merasa kemampuannya harus lebih tinggi agar bisa menjadi duelist yang hebat. Bersama sahabat karibnya, Kadoko Rekuta, ia bermaksud belajar menjadi duelist di sebuah tempat pelatihan bernama JDC. Hal ini tertuang pada chapter keempat berjudul Bukalah Gerbang Kuil! Sebelum memasuki hall utama, Shoubu harus menyelesaikan tantangan yang sulit.

Di tempat itu, hanya mereka yang benar-benar ingin jadi kuat, pagi-sore terus berduel. Kokujou juga sepertinya lulusan dari situ lho.

Selain anak-anak seusia Shoubu, di tempat itu juga ada seorang duelist terkenal bernama Hakuou. Masih belum jelas apa kedudukannya di JDC ini, namun sepertinya ia memiliki akses yang cukup penting. Buktinya pada chapter berjudul Perangkap Kuil ini ia bisa bercakap langsug dengan NAC yang notabene adalah seorang duelist yang pernah menjuarai turnamen se-Asia.

NAC-san sepertinya mengakui keunggulannya. Tapi… cara duel dia terkesan kekanakan, lho. Sayang sekali…

Kembali ke Shoubu, syarat awal agar ia bisa menuju tahap seleksi berikutnya adalah dengan memenangkan 50 duel. Shoubu memang memiliki deck legendaris pemberian sang ayah. Namun, kemenanangannya sebanyak 30 kali berturut-turut membuat anak-anak di sana bisa mengetahui deck miliknya. Deck yang Jadi Incaran adalah chapter yang sangat menegangkan.

Karena selama ini selalu bertarung bersama. Karena mereka temanku sejak dulu!

Selain chapter utama di atas, ada satu chapter tambahan yang berisi cerita spesial tentang keseharian Shoubu dan Rekuta versi anak SMP berusia 13 tahun dalam berduel permainan Magic: The Gathering. Saya tidak akan membahasnya karena sesungguhnya chapter ini hanyalah spin-off dari kisah utama yang disuguhkan di jilid perdana ini.

Selain alunan cerita utama, ada tambahan beberapa halaman setiap akhir chapter tenteng pengenalan deck masing-masing karakter. Mulai dari deck milik Shoubu, milik NAC, milik Kokujou, milik Rekuta, hingga lawan Shoubu di JDC yaitu Tohru dan Jamira. Masing-masing memperkenalkan tentang kartu unggulan di deck-nya yang memiliki kemampuan terhebat.

Kelompok kegelapan Garde sempat disinggung oleh NAC yang menjadi salah satu sebab hilangnya Shouri saat hari kepulangan mereka ke Jepang. Meskipun tidak ada lagi kemunculan ataupun pembicaraan tentang kelompok ini, saya rasa kelompok Garde akan menjadi lawan tangguh Shoubu ketika telah menjadi seorang duelist handal. Benarkah? Yah, lihat saja nanti.

Oh iya, ngomong-ngomong Shoubu dan Rekuta dan anak-anak lain di daerah Shoubu ini apakah tidak bersekolah ya. Isinya hanya duel, duel, dan duel melulu. Apakah para orang tua tidak memarahi? Namun, setelah menyaksikan ibu Shoubu yaitu Kirifuda Mai, saya maklum sepertinya dunia Shoubu dan lainnya hidup ini hanya berisi tentang Magic: The Gathering.

Selain itu, ada satu kejanggalan. Disebutkan Shoubu menggunakan warisan ayahnya yang berisi kartu-kartu hebat. Beberapa kartu disebut kartu terlarang. Belum jelas maksudnya terlarang apakah tidak boleh digunakan ataukah terlarang tidak semua orang memilikinya. Jika memang kombinasi keduanya, kenapa Shobu tetap boleh memainkannya? Bukankah itu artinya curang?

Namanya juga jilid pertama, isinya masih seputar pengenalan tokoh dan cikal bakal konflik utama yang akan terjadi. Konflik yang mengerucut di jilid perdana ini adalah lika-liku Shoubu saat berlatih di JDC selama sebulan kedepan. Akankah Shoubu berhasil dan bertemu ayahnya ataukah ia harus memendam impiannya menjadi duelist sejati dan takkan berjumpa Shouri?

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*