Rss

Let’s & Go!! (Jilid 10)

coverlets10

Judul: Let’s & Go!! (Jilid 10)

Komikus: Koshita Tetsuhiro

Penerjemah: Febrian Anantasyah

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 192

Terbit Perdana: Juli 2003

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Juli 2003

cooltext-blurb

Kejuaraan Dunia telah tiba! Go & kawan-kawan harus berhadapan dengan Tim Astro Rangers dari Amerika. Saatnya Hurricane Sonic dan Proto Saber Evo unjuk kebolehan.

cooltext-review

Mini 4WD adalah sebuah mainan berbentuk mobil-mobilan yang bisa dirakit dan diatur sedemikian rupa sesuai keinginan pemiliknya agar bisa melaju dengan tangguh di lintasan. Komik Let’s & Go!! ini juga menyuguhkan mobil tersebut sebagai obyek utama, sedangkan sang pemilik yang menjadi tokoh utama adalah kakak beradik Seiba bernama Retsu dan Go.

Saya hanya sempat mencicipi jilid keempat yang telah saya ulas sebelumnya lalu kemudian langsung meloncat ke jilid sepuluh. Tentu saja cerita sudah amat berkembang di jilid kesepuluh ini. padahal komik jilid ini hanya memiliki enam buah chapter saja, yang terdiri atas tiga chapter utama dan tiga chapter tambahan alias cerita spesial. Yuk langsung saja disimak…

Kejuaraan Dunia Dibuka! adalah chapter pertama sebagai pembuka chapter utama. Seperti judulnya, kali ini kejuaraan dunia untuk mobil mini 4WD telah diselenggarakan. Secara kebetulan, Okada Tesshin, mantan atasan Profesor Tsuchiya, menjadi ketua penyelenggara. Tidak sampai disitu, Retsu, Go, Tokichi, Ryo, dan J ditunjuk sebagai wakil Jepang. Wow!

Mobil yang lainnya diperbaharui… Kecuali Sonic-ku. Apa bisa… aku menandingi mereka..!? (Halaman 28)

Meskipun sangat mendadak, hampir semua perwakilan Jepang terlihat bersemangat, khususnya Go dengan Cyclone Magnum. Sayangnya, pada chapter kedua berjudul Mobil Baru Muncul! ini, Retsu sedang lesu karena merasa Hurricane Sonic miliknya tidak bisa menang pertandingan. Hal ini ternyata akibat “perjumpaan” Retsu dengan wakil negara Amerika yang sangat tangguh.

Melesatlah, Evo Dolphin! Pada kondisi jalan seperti apapun.. Bodinya yang lentur menciptakan keseimbangan terbaik! (Halaman 65)

Serangan Dahsyat Hurricane Sonic! adalah detik-detik pertandingan. Baru saja pertandingan dimulai, tim Jepang yang diwakili Tim TRF Victory 3 orang awal harus berhadapan dengan tim Amerika yaitu NA Astro Rangers yang terdiri dari Bret, Hamer D, Edge, Joe, dan Miller. Hanya tiga orang perwakilan yang berlaga dibabak awal. Namun, babak itu tak berlangsung lancar.

Kami tidak mampu menganalisis data mobil itu! mobilnya tidak terlihat satelit karena ada di dalam laut! (Halaman 90)

Babak pertama adalah J melawan Edge, dilanjutkan Retsu menghadapi Hamer D, dan terakhir Go bersaing dengan Bret. Meski awalnya J mengalami kendala dengan Proto Saber Evo miliknya yang kalah unggul dari Buck Blader milik Edge, Retsu bisa menyusul kedudukan di babak kedua karena kondisi pertandingan di dasar laut. Bagaimana akhir babak ketiga Go??

Setelah meninggalkan chapter-chapter utama, ada chapter tambahan berjudul Pertarungan Sengit 3 Magnum! Chapter kali ini cukup lucu sih, karena terjadi di sebuah dunia di alam mimpi Go. alkisah ia menjadi raja di sebuah kerajaan. Suatu ketika, muncul Tokichi dan Jiromaru yang ingin menantang Go adu balap mini 4WD. Yang unik, keduanya membawa mobil Magnum!!

Kok Cycloneku terkejar!? Seberapapun cepatnya… Mobil tetap harus dirawat! (Halaman 134)

Pertarungan Panas! Go Vs Tokichi! adalah chapter yang menarik. Retsu dan Go bertanddang ke rumah Tokichi dengan maksud ingin bermain. Sayangnya, Tokichi masih ada jadwal belajar bersama Bu Otome. Tokichi memang anak orang kaya. Ia tidak boleh menghamburkan waktunya. Bahkan istirahat setelah jadwal padat hanya 30 menit. Sangat melelahkan, ya?

Tuan Muda penerus perusahaan Mikuni. Dia nggak ada waktu untuk bermain-main dengan kalian! (Halaman 156)

Hatta Menantang Retsu! merupakan chapter penutup yang mengisahkan seorang anak bernama Hatta. Ia adalah teman sekelas Retsu. Ia sangat benci dengan Retsu karena menganggap Retsu adalah anak licik yang bisa mengalahkannya mendapat nilai tertinggi padahal sehari-hari Retsu hanya bermain mini 4WD. Oleh karena itu Hatta berencana mengalahkan Retsu di taman.

Hua ha ha, mobilku dilengkapi setelan sempurna… untuk mengatasi jalur ini! (Halaman 178)

Secara umum, komik ini masih kental dengan tema dunia anak-anak, khususnya mainan mobil mini 4WD. Yang berbeda dari jilid sebelumnya adalah cerita sudah berkembang cukup pesat. Cntohnya saja J yang dulu menjadi anak buah Profesor Ogami, kali ini ternyata sudah bergabung menjadi asisten Profesor Tsuchiya yang notabene adalah rival Profesor Ogami.

Kemudian yang paling jauh berkembang adalah (lagi-lagi) mobil milik Retsu dan Go sudah berganti lagi. Saya tidak tahu alasan apa yang menyebabkan mereka mendapatkan mobil baru. Namun yang jelas Retsu sudah tidak bersama Vanguard Sonic dan Victory Magnum sudah meninggalkan Go. keduanya telah digantikan Cyclone Magnum dan Hurricane Sonic.

Saat membaca chapter awal jilid ini, menurut saya kok serba kebetulan dan tidak logis. Pertama adalah kedatangan kakek Okada Tesshin yang telah mengembara begitu lama tiba-tiba datang sambil membawa pengumuman Kejuaraan Dunia, plus secara kebetuluan ditunjuk sebagai ketua, dan dengan serta merta menunjuk anak-anak dibawah bimbingan Tsuchiya sebagai wakil Jepang.

Hah? Serius? Kok enak banget gitu? Melihat fenomena mini 4WD yang sangat populer, pasti tidak hanya mereka berlima yang tangguh mewakili Jepang. Pasti ada anak lain di sudut lain Jepang yang tangguh pula. Kenapa tidak diadakan seleksi daerah untuk menentukan wakilnya? Apa lagi untuk event internasional kan harus dipersiapkan dengan sangat matang. Gimana sih.

Saya sadar penunjukan mereka berlima dikarenakan tokoh utamanya ya memang mereka. Tetapi seharusnya ya mbok jangan langsung tingkat internasional gitu kejuaraannya. Mungkin bisa tingkat daerah dulu, lalu perfektur, kemudian negara, dan terakhir mancanegara. Mangaka terlalu instan menciptakan kondisi sang tokoh utama langsung melaju ke kejuaraan dunia itu.

Oh iya, selain itu ada lagi yang menurut saya aneh. Hal itu ketika babak kedua yaitu pertandingan Retsu melawan Hamer D. Sebagai informasi, tim Amerika ini menggunakan satelit untuk mendeteksi ciri dan keunggulan atau hal-hal apapun terkait mobil lawan, yang selanjutnya disampaikan pada orang yang bertanding agar bisa menang. Anehnya, satelit tidak bisa mendeteksi mobil Retsu karena mobilnya masuk ke dalam air. Lha kok bisa? Satelit apaan kok cemen gitu nggak canggih sama sekali?

Yah, meskipun demikian, saya menikmati membaca manga ini. Banyak mobil-mobil keren berseliweran. Masingmasing mobil memiliki kelebihan dan keunggulan yang sangat ajaib jika dipikir-pikir. Namun, justru hal itulah yang membuat manga ini cocok untuk anak-anak. Daya pikir dan imajinasi anak-anak jadi tinggi dan tidak terbatas. Good manga but not too great.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*