Rss

Death Note (Jilid 8)

coverdeath8

Judul: Death Note (Jilid 8)

Sub Judul: Target

Komikus: Ohba Tsugumi & Obata Takeshi

Penerjemah: Frisian Yuniardi

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 200

Terbit Perdana: 2008

Kepemilikan: Cetakan Kedua, 2009

ISBN: 9789792316742

cooltext-blurb

Bersamaan dengan kematian L, dunia ideal yang dicita-citakan oleh Light Yagami mulai mendekati kenyataan. tapu dua penerus L, yaitu Near dan Mello, mulai beraksi. Pertarungan perebutan DEATH NOTE kembali dimulai! Mello kemudian menculik Sayu Yagami dan meminta pertukaran dengan DEATH NOTE…!

cooltext-review

*WASPADA! Review ini kemungkinan mengandung spoiler jilid sebelumnya!* Hmm sebelumnya, saya ingin mengungkapkan bahwa saya rindu L huhuhu. Masih sedih rasanya mulai jilid ini hingga seterusnya saya tidak akan “berjumpa” L lagi. Padahal saya sudah suka dengan karakter L daripada Yagami Light. But show must go on.

Sembilan chapter yang disuguhkan di jilid ini mulai membawa pembaca pada fase baru ketika Yagami Light telah menjadi polisi. Awalnya ia sudah yakin tak ada lagi penghalang sebagai “dewa” di dunia baru setelah kepergian L. Namun, Light harus menghadapi kasus penculikan Kepala Polisi dilanjutkan penculikan Yagami Sayu karena ulah Mello, sang generasi penerus L.

Aku akan berangkat ke L.A. dengan membawa bukunya. Ini tanggung jawabku sebagai Wakil Kepala Polisi dan ayah Sayu Yagami! Aku akan mempertanggungjawabkan semuanya.

Wakil Kepala Polisi dan jajarannya tidak bisa menyelamatkan pimpinan tertinggi kepolisian dan kini nyawa Sayu yang terancam. Permintaan Mello sederhana. Ia ingin ada pertukaran antara Sayu dengan death note yang dipegang Yagami Soichiro. Pertukaran tak bisa digagalkan meski Light telah berhubungan dengan Near, pimpinan The Special Provision for Kira alias S.P.K.

Jika nama dan foto mereka diumumkan, mereka akan dibunuh oleh Kira… Jika tidak ingin itu terjadi, mereka harus menyerahkan bukunya… Itulah yang akan saya lakukan meskipun sebenarnya saya enggan memakai cara begitu…

Baiklah, mari kita simpulkan bahwa sejak jilid ini ada dua orang yang “bertindak” sebagai generasi penerus L. Mereka berdua bernama samaran Mello dan Near. Keduanya (dan L juga) adalah anak-anak panti asuhan Wammy’s House yang dimiliki oleh Quillsh Wammy alias Watari. Sebenarnya L harus menunjuk salah satu dari mereka sebagai pengganti. Tetapi…hiks :(

Back to topic saat Mello mendapat buku kematian, Light berniat merebutnya kembali. Setelah berhasil meyakinkan presiden Amerika dan mendapatk bantuan pasukan khusus, Light berniat menyergap markas rahasia Mello demi mendapatkan buku tersebut. Sayangnya, kehendak Light harus sirna karena shinigami bernama Shidoh. Siapa dia? Kenapa ada di pihak Mello?

Tapi, bagaimanapun, aku akan membunuh Near dan Mello. Demi melindungi perdamaian di dunia baru yang sedang kubangun ini.

Jilid ini terasa sekali bagaimana Near dan Mello berseberangan jalan dalam menumpas Kira. Near bersama tim The Special Provision for Kira alias S.P.K. yang melibatkan FBI di jalan “putih” sedangkan Mello bergabung dengan organisasi mafia kelas berat yang dikatakan berada di jalur “hitam”. Meski sama-sama ingin menghancurkan Kira, cara mereka berdua tidak sama.

Secara karakter, saya jauh lebih menyukai tokoh Near. Dia mengingatkan saya pada L dalam versi yang lebih muda. Daya analisis dan ketenangannya mirip dengan L. Sedangkan Mello, saya tidak bisa menyukainya. Pantas saja dia berada di urutan “kedua” setelah Near. Dia memang pandai. Kejeniusannya juga tidak main-main. Sayangnya, keterlibatannya di gembong mafia dan menggunakan cara licik dan kotor membuat saya tidak rela dia menjadi penerus L.

Kemunculan Shidoh yang tiba-tiba di dunia manusia membuat saya heran. Kok bisa ada shinigami lain selain Rem dan Ryuk. Padahal shinigami bisa “turun” saat buku kematiannya jatuh di dunia manusia. Jika Rem turun karena ukunya dipegang Misa dan Ryuk turun karena bukunya dibawa Light, lantas siapa yang memegang buku milik Shidoh? Ternyata…rahasia :p

Shidoh saya rasa tidak sefanatik Rem ataupun sesantai Ryuk. Namun bisa saya simpulkan bahwa Rem dan Ryuk jauh lebih pintar daripada Shidoh. Bukan hanya ketidak mampuannya memahami peraturan dunia shinigami dan death note, bahkan ia secara “sukarela” membantu Mello dalam menumpas pasukan khusus milik Light hanya karena alasan sepele. Duh duh duh.

Well, sekarang Light harus menghadapi dua penerus L yang memiliki taktik dan caranya sendiri dalam membongkar identitas Kira sesungguhnya. Cita-citanya membuat dunia baru harus sedikit terhambat karena sebelum Near dan Mello sirna, ia tida bisa menjadi dewa dengan mudah. Bagaimana kelanjutan Light sebagai Kira dan pertarungannya melawan Near dan Mello?

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Previous Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*