Rss

Death Note (Jilid 4)

coverdeath4

Judul: Death Note (Jilid 4)

Sub Judul: Love

Komikus: Ohba Tsugumi & Obata Takeshi

Penerjemah: Frisian Yuniardi

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 200

Terbit Perdana: 2007

Kepemilikan: Cetakan Ketiga, 2009

ISBN: 9789792313789

cooltext-blurb

Atas petunjuk L, polisi memutuskan untuk memanggil Light setelah muncul KIRA kedua. Saat itulah, Light menyadari tujuan utama yang tersembunyi dari pesan-pesan yang dikirmkan oleh KIRA palsu.

cooltext-review

*WASPADA! Revew ini kemungkinan mengandung spoiler jilid sebelumnya!* Aaaargh Death Note ini semakin seru saja. Pada jilid keempat ini, pace sudah lebih cepat karena tidak seperti jilid pertama hingga ketiga yang masih membangun jalinan cerita sambil memperkenalkan para tokoh utama. Namun, jilid ini sudah seru banget.

Sembilan chapter yang disuguhkan di jilid ini masih merupakan sambungan jilid sebelumnya. Munculnya “Kira” yang tamil di stasiun televisi swasta dengan menggunakan rekaman suara membuat L menjadi menyimpulkan bahwa “Kira” yang ini bukanlah Kira yang asli. Untuk mendukung kesimpulannya, ia secara khusus meminta Light hadir dan memberikan pendapat.

Kalau aku tidak bilang ada Kira palsu, kecurigaannya padaku akan semakin meningkat… Tapi, kalau aku tidak terjebak, hasilnya akan menguatan teorinya.. Hebat sekali.

Singkat kata, akhirnya ada dua Kira yang ada di sekitar Light. Ia sendiri sebagai Kira asli dan seseorang lagi sebagai Kira kedua. Siapa sangka bahwa Kira kedua ini adalah seorang model cantik berusia dua puluh tahun bernama Amane Misa. Akibat kelamnya masa lalu yang ia alami, ia tidak pikir panjang bertransaksi “mata” dengan Rem, shinigami pemilik death note.

Tidak mungkin aku memperkenalkan diri di depan orang banyak dan bilang “Senang sekali akhirnya bisa bertemu denganmu, Kira!” Yang penting, aku sudah tahu namanya. Langkah selanjutnya jadi mudah, apalagi namanyya aneh.

Kekagumannya apda Kira alias Light karena telah “membantunya” membuat Misa terlalu gegabah dalam bertindak. Mulai dari mengajak Light “bertemu” di tempat hitz Aoyama, menyamar seperti anak SMP, hingga langsung mendatangi rumah Light. Semua ini ia lakukan atas dasar ingin berterima kasih. Namun apa daya ia jadi mencintai Light secara sukarela.

Saya sadar, kalau kau bukan Kira, saya pasti akan baik-baik saja… Soalnya, yang tahu saya adalah L hanya Yagami-kun.

Well well well. Jilid ini jadi semakin seru karena hadirnya Misa alias Kira kedua. Jujur saya tidak menyangka akan ada tokoh penting baru yang akan muncul dengan membawa-bawa death note yang sama seperti milik Light. Sayangnya, meski Misa lebih tua daripada Light, sifat dan perilakunya sangat kekanakan. Entah ia sangat polos atau sangat bodoh, saya tidak tahu.

Munculnya Misa secara tiba-tiba di depan rumah dan minta bertemu dengan Light, mau tidak mau Light harus menerima kehadiran Misa di kehidupannya karena ia tidak punya pilihan lain. Terlebih Misa memiliki “mata” yang bisa membantu Light membunuh L. Yah, meskipun permintaan Misa harus membuat Light jadi pacaran dengan Takada Kiyomi, Shiho, dan Emi.

Saya tidak memperkirakan kondisi akan menjadi sangat pelik seperti ini padahal awal mula Death Note terasa akan minim konflik dan kepanikan. Namun demikian, saya menyukai Light maupun L. Light dengan kepandaiannya terus membunuh penjahat demi menciptakan dunia tanpa kejahatan, sedangkan L dengan kejeniusannya ingin membongkar identitas Kira yang asli.

Pada jilid ini juga saya mengetahui bahwa meskipun shinigami bisa berlaku seenaknya sendiri dengan membunuh manusia, ternyata shinigami juga bisa mati. Alasan kematian shinigami ini terasa aaawww so sweet sekali. Saya heran saja sih dengan komik yang seakan kelam dan penuh kegelapan ini, mangaka menyelipkan sebuah hal yang tidak diduga tentang shinigami.

Saya merasa identitas Kira akan segera terbongkar karena L juga sudah bilang bahwa ia yakin 99,99% bahwa Light adalah Kira. Namun, melihat jilid yang masih nomor 4, kok rasanya terlalu cepat untuk berakhir begitu saja ya. Saya jadi penasaran kejutan-kejutan apa lagi yang akan disuguhkan oleh Ohba Tsugumi & Obata Takeshi di jilid kelima. Tunggu review-nya ya!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Previous Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*