Rss

Death Note (Jilid 3)

coverdeath3

Judul: Death Note (Jilid 3)

Sub Judul: Hard Run

Komikus: Ohba Tsugumi & Obata Takeshi

Penerjemah: Frisian Yuniardi

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 200

Terbit Perdana: 2007

Kepemilikan: Cetakan Ketiga, 2009

ISBN: 9789792313772

cooltext-blurb

Mengawasi dan diawasi…! Pertarungan antara L dan Light Yagami berkembang lewat kamera tersembunyi. Walaupun Light berhasil membuktikan dirinya tak bersalah, namun kecurigaan L kepada Light justru semakin meningkat!

cooltext-review

*WASPADA! Revew ini kemungkinan mengandung spoiler jilid sebelumnya!* Jilid ketiga ini semakin seru saja. Sembilan chapter yang disuguhkan tidak main-main dalam mengaduk-aduk emosi dan ketegangan pembaca, setidaknya saya sendiri. Komik kali ini dibuka dengan kondisi rumah keluarga Yagami yang telah dipasang kamera pengawas dan alat penyadap.

Berkat ketelitian Light, ia bisa mengetahui bahwa kamarnya telah dimasuki tanpa ijin. Kecurigaannya tentang tindakan L sangat jitu. Akibatnya Ryuk harus gigit jari karena tidak bisa bercakap dengan Light di kamar. Meski awalnya Ryuk berujar bahwa ia tidak memihak Light ataupun L, kondisi menjemukan membuatnya membantu Light mencari kamera pengawas.

Hari ini, Kira membunuh penjahat kecil. Segera setelah disiarkan, ya… Yang menarik, meskipun hari pertama, tapi keluarga Yagami-san langsung terbukti bersih…

Bukan Light namanya jika tidak bisa membunuh penjahat meskipun ada 64 kamera di setiap sudut kamarnya. Tidak sampai disitu saja, saya dibuat terkejut ketika Light sedang mengikuti ujian masuk Universitas Touou angkatan 2004. Ternyata L juga ikut ujian! Bahkan saat upacara penerimaan mahasiswa baru, Light dan L sama-sama menjadi peraih nilai tertinggi. Wow!

Sebenarnya saya curiga kalau Yagami-kun mungkina adalah Kira. Meskipun begitu, sebisa mungkin saya akan memenuhi permintaanmu.

L berniat menjadi sahabat Light karena tertarik dengan kemampuan Light. Light yang tidak mau ambil resiko akhirnya menerima kehadiran L yang menggunakan nama Hideki Ryuga menjadi temannya. Bahkan mereka berdua sempat bermain tenis bersama. Sayangnya, Yagami Soichiro yang ppingsan karena serangan jantung mengakhiri pertemuan mereka berdua.

Kira adalah anak dari keluarga yang serba berkecukupan yang masih memiliki kepolosan. Yang paling cocok adalah adalah anak SMP yang memiliki ponsel dan komputer pribadi.

Jilid kali ini masih terasa cukup datar meskipun saya dibuat terkejut dengan beberapa hal. Yang pertama adalah kelihaian Light menggunakan death note di dalam kamar meskipun hampir seluruh penjuru kamar dipasangi kamera pengawas yang membatasi gerak-geriknya. Bahan Light sampai membeli barang yang canggih seharga puluhan ribu yen untuk aksinya. Wow.

Selain itu, pada paruh akhir komik ini juga saya dikejutkan dengan kematian salah satu tim divisi investigasi kasus Kira. Ada yang bisa menebak siapa yang tewas? Antara Mogi, Ukita, Aizawa, atau Matsuda. Soichiro tidak termasuk karena ia terbaring lemah di rumah sakit karena pingsan. Awalnya saya mengira ini perbuatan Light, tetapi saya salah. Penasaran kan?

Ada hal yang membuat saya mulai menyadari bahwa buku kematian milik shinigami itu sangat kompleks. Pada hampir setiap akhir chapter ada satu halaman yang berisi how to use death note. Jika diumpamakan undang-undang, per halaman tersebut menuliskan satu bab atau satu pasal yang kemudian dirinci lagi menjadi butir-butir penjelas atau ayat.

Hingga akhir jilid tiga ini ada dua puluh lebih bab yang menjelaskan bagaimana atau apa yang terjadi saat penggunaan death note. Secara umum isinya adalah tata cara menggunakan buku atau hal-hal lain yang mendukung misalnya durasi kematian, jadwal kematian, sampai kondisi apabila death note dipinjamkan atau dicuri. Saya kagum Ryuk telaten sekali menuliskannya.

Satu hal yang tidak saya sukai dengan komik Death Note tebitan m&c! ini adalah tidak ada nomor halaman. Penerbit sebelah masih mencantumkan halaman pada beberapa bagian, namun komik ini sama sekali tidak ada halamannya. Kan saya jadi kesulitan menentukan halaman berapa pada kutipan yang saya tuliskan di atas. Sigh. Sudah ya begitu saja kesan saya saat ini~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Previous Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*