Rss

Hai, Miiko! (Jilid 21)

covermiiko21

Judul: Hai, Miiko! (Jilid 21)

Judul Asli: Kocchimuite! Miiko

Komikus: Ono Eriko

Penerjemah: Widya Anggraeni Winarya

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 184

Terbit Perdana: 2009

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2009

ISBN: 9789792336795

cooltext-blurb

Hari Natal, banyak makanan enak! Cake, sup tomat, ayam goreng, salad… Tapi minum susu dingin saja bikin gigi Miiko ngilu tak keruan! Kayaknya pesta Natal kali ini bakal berantakan!

cooltext-review

Halo semuanya! Jumpa lagi dengan review komik Hai, Miiko! Kali ini, pada jilid ke-20 ada total sembilan cerita yang tersaji di dalamnya. Seperti biasa, sebelum memasuki cerita pertama, ada pengenalan tokoh. Yang baru adalah baru mulai jilid ini pada pengenalan tokoh sudah disebutkan nama asli Papa dan Mama Miiko yaitu Yamada Kousuke dan Yamada Rie. Oooh.

Langsung saja, pada bab pertama berjudul Aku Benci Bagi Rapor adalah salah satu cerita yang sangat kocak. Ceritanya saat itu addalah hari pembagian rapor. Di Jepang sepertinya rapor dibagikan pada murid. Jadi kali ini Mama Miiko tidak datang ke sekolah. Saat sarapan, Miiko sudah memohon pada Mama agar tidak marah saat melihat rapornya. Memangnya kenapa ya?

Apaan sih, harus berjuang! Aku kan sudah berjuang! (Halaman 9)

Teman Momo-chan adalah bab baru yang memunculkan tokoh baru, khususnya pada lingkungan Momo-chan di tempat penitipan anak. Jadi ketika Miiko hendak menjemput Momo, ia berjumpa dengan Shouma yang masih kelas 2 SD yang kebetulan juga hendak menjemput adiknya, Yuuma. Secara umum Shouma ini perangainya kasar dan tidak bersahabat sih. Kasihan Miiko.

Jangan pukuli dia! Kalau Shouma ringan tangan, Yuuma bakal meniru! (Halaman 56)

Saya suka dengan chapter yang mengisahkan keseharian Miiko dan Shimura Mari di klub komik. Waktu itu Mari badmood karena ia tidak bisa naik tingkat di kelas manga. Ia sampai berniat berhenti membuat komik. Melihat hal itu, Miiko ingin mengunjungi Mari. Eh, siapa sangka ada Nakazawa Takuto yang mengukuhkan diri sebagai… Shimura, Aku Penggemarmu!

Hari pertama kegiatan klub, Shimura bawa banyak komik karyanya, kan?! Aku sangat terkesan saat membacanya! (Halaman 63)

Salah satu chapter yang heartwarming adalah kisah berjudul Belanja di Musim Semi. Jadi intinya Miiko minta sepatu baru karena sepatunya sekarang sudah kekecilan. Rencananya ia akan belanja bersama Mama akhir pekan ini. Apa daya ternyata Momo demam sehingga Miiko harus bertahan dengan sepatu kekecilan. Sayangnya, agenda belanja sangat menyiksa hati Miiko.

Yang berdiri di sana kakaknya, ya? Pandai ya. Mengalah untuk ibu dan adiknya. (Halaman 163)

Waaaa Miiko sebagai anak kelas 5 kok terkesan lebih lugu daripada Mamoru ya. apalagi jika diandingkan dengan teman-teman sekelasnya. Saya dulu juga sudah kenal konsep pacaran ataupun suka dengan seseorang ketika masih SD. Tapi saya agak heran tokoh Miiko yang kelewat polos dan tidak bisa peka pada bentuk perhatian orang lain yang menganggap spesial.

Interaksi Miiko dengan teman-teman maupun dengan keluarganya saya rasa juga tidak berlebihan. Biasanya kan ada tuh yang kelewat batas ketika bersama teman ataupu keluarga sendiri. Namun saya suka dengan para tokoh di komik Hai, Miiko! ini yang tetap mempertahankan sopan santun dan saling menghargai antar individu. So cool!

Oh iya, pada bagian terakhir komik ini ada chapter khusus yang terbagi menjadi beberapa sub-chapter yang berisi tentang lika-liku Mari-chan membuat komik yang didampingi oleh komikus senior bernama Hono Heriko. Sounds familiar, euh? Saya suka chapter ini karena sangat padat dan berisi informasi yang sangat berguna untuk para komikus pemula. So inspiring!

Tidak seperti tiga jilid sebelumnya yang sudah saya review sebelumnya, jilid ini terasa hmm yah so-so aja gitu. Nggak ada yang terlalu greget sampai saya ikut terharu ataupun ketawa terbahak-bahak. Secara kualitas memang tidak menurun drastis. Hanya saja agak terlalu biasa saja. Mungkin ini namanya agak jenuh dengan judul yang sama. Semoga bisa greget lagi deh.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*