Duel Jack (Jilid 1)

coverduelj1

Judul: Duel Jack (Jilid 1)

Komikus: Ihara Shigekatsu

Penerjemah: Patsiana T. Sofyan

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 188

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9789792071719

cooltext-blurb

Sho berhasil menguasai permainan sangat populer “Duel Masters” yang membuatnya terkenal di seluruh negeri.

cooltext-review

Permainan kartu dari Jepang yang cukup populer adalah permainan kartu Duel Masters. Selain populer dengan kisahnya sendiri, ternyata ada pula judul lain yang menggunakan permainan ini menjadi inti tema ceritanya, yaitu Duel Jack. Di komik ini, pembaca akan dibawa untuk menikmati petualangan seorang anak dalam bermain Duel Maters.

Adalah seorang anak laki-laki kelas 3 SD bernama Manato Hino yang gemar bermain bola di lapangan. Ia berpendapat bahwa permainan bola bisa membuat keringat dan sudah sepantasnya dilakukan anak laki-laki seusianya. Suat ketika, ia mendapati lapangan kosong karena semua anak laki-laki kecuali dirinya sedang bermain kartu di sebuah departement store.

Di sana, penyelenggara pertarungan kartu Duel Masters adalah seorang anak laki-laki yang menamakan dirinya Sho, sang Duel Jacker. Manato yang marah-marah karena semua temannya tidak ada di lapangan justru membuat Sho ingin memperkenalkan permainan kartu itu kepadanya. Sho berpendapat bahwa Manato harus mencoba asyiknya bermain Duel Masters.

Walaupun kalah, perbaiki strategi dan coba sekali lagi!! dalam duel semakin banyak bertarung, maka akan semakin kuat!! (Halaman 17)

Oh iya, komik ini terdiri atas delapan bab dan satu bab khusus berisi kumpulan trik bermain Duel Masters. Pengalaman Manato bermain kartu mengantarkannya pada beberapa lawan yang cukup tangguh. Salah satunya adalah seorang Leader Chinsoudan yang ingin menguasai taman bermain yang biasa digunakan Manato. Trik Manato yang masih pemula tentu saja kalah telak.

Selain orang asing, Manato juga berhadapan langsung dengan teman sekelasnya sendiri bernama Mizuno. Awalnya Mizuno ini sering kalah bermain kartu dengan Manato. Hingga suatu ketika ia meminta bantuan Sho agar mengajarinya menjadi lebih kuat dan bisa mengalahkan Manato. Hasilnya? Manato jadi mengakui kehebatan Mizuno. Lantas bagaimana?

Combo itu harus kamu temukan sendiri. Walaupun aku beri tahu… Itu artinya bukan combo milik Manato. (Halaman 61)

Dr. Baggy adalah salah satu tokoh lawan yang harus dihadapi oleh Manato. Ia awalnya sangat menyebalkan dengan cara bicara yang sering menyisipkan “Yo” disetiap ucapannya. Terlebih banyak sekali orang yang kalah bermain dengannya karena kehebatannya bermain kartu. Manato merasa tertantang dan ingin mengalahkan dia. Hasilnya bagaimana ya?

Kakeru Noroi dan Arasgu Kanezukai adalah anak-anak yang secara tidak sengaja bertarung Duel Masters dengan Manato karena keterpaksaan. Dua-duanya memiliki trik yang jauh diatas Manato dalam bermain kartu. Manato harus menelan kekecewaan karena kalah dalam waktu singkat karena tidak bisa mempertahankan diri bermain Duel Masters. Bagaimana selanjutnya?

Manato, strategi seperti apapun pasti punya kelemahan!! Nggak ada strategi yang sempurna!! (Halaman 129)

Membaca komik ini seharusnya saya merasa bersemangat dalam mengikuti setiap ceritanya. Apalagi tokoh dan permainan Duel Masters ini sebenarnya sangat menarik untuk diperhatikan. Sayangnya, saya justru sering sekali mengernyitkan dahi ataupun emosi membaca beebrapa bagian karena terasa tidak masuk akal meskipun ini adalah cerita fiksi.

Awal hal aneh yang saya pertanyakan adalah kemampuan Manato Hino yang awalnya nol besar tidak tahu menahu tentang permainan Duel Masters tiba-tiba bisa lancar jaya dan mengalahkan musuh pertamanya yang sudah mahir “hanya” karena diajari oleh Sho. Maksudku, seriusan? Yang ada juga kudu latihan berkali-kali dulu baru bisa menang. Grrrh.

Formula yang selalu terjadi di setiap cerita adalah Sho dan Manato berjumpa lawan baru, Manato bemain Duel Masters  dengan orang tersebut, Manato kalah, Manato belajar bermain kartu dari Sho, Manato dan sang lawan bertanding ulang, Manato menang. Begituuuu terus. Seakan Manato hanya belajar sepotong-sepotong tapi langsung nekat melawan orang. Grrrh.

Mana, shield, blocker, breacker, creature, dan beberapa istilah asing menghiasi berbagai sudut komik ini. pada bab satu sudah dijelaskan oleh Sho. Namun sayangnya Sho lupa menjelaskan kemampuan tiap kartu karena tiba-tiba Manato sudah bisa gitu memahami kemampuan kartu-kartunya. Padahal awalnya dia nggak punya kartu. Terus dia main pakai punya siapa? Grrh.

Satu hal yang saya sukai setelah emosi berkali-kali adalah ada bab bonus yang merangkum tata cara dasar bermain Duel Masters. Mulai dari jumlah kartu di tangan, apa itu shield, creature, dan lainnya. Meskipun dengan ciri khas Sho yang luebay dan terlalu ajaib, masih lebih mending daripada di bab-bab sebelumnya. Tapi tetap saja saya hanyamemberikan rating yang segini saja.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*