Croket! (Jilid 1)

covercroket1

Judul: Croket! (Jilid 1)

Komikus: Kashimoto Manavu

Penerjemah: Patsiana T. Mukmin

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 188

Terbit Perdana: 2007

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2007

ISBN: 9789792714630

cooltext-blurb

Kalau bisa mengumpulkan banyak koin emas, kamu bisa meminta apa pun yang kamu inginkan! Begitu hukum yang ada di dunia banker, tempat Croket hidup. Makanya, Croket, si banker kecil yang hebat ini, mulai berkelana untuk mengumpulkan koin emas. Sebenarnya, keinginan si kecil ini apa, sih?

cooltext-review

Komik berjudul Croket! ini pada dasarnya memiliki tema yang sederhana. Sebuah dunia yang terbiasa dengan sebuah profesi banker yang saling mengalahkan demi mendapatkan sejumlah koin emas milik banker yang kalah. Namun, selain hal tersebut ternyata ada hal ajaib lain yaitu seorang banker bisa meminta hal yang akan dikabulkan jin ketika celengannya sudah penuh.

Komik ini memiliki lima chapter sebagai pembuka jilid perdananya. Croket adalah seorang banker cilik yang berkelana bersama celengannya yang berbentu babi bernama Menchi. Chapter berjudul Aku, Croket Si Banker!! Membawanya bertemu dengan banker lain berwujud kucing yang licik bernama Oyster. Singkat kata, Oyster mengikuti Croket berkelana.

Pantas saja, biar badannya kecil, tapi kuat sekali… (Halaman 27)

Bersama Oyster, Croket, si anak banker legendaris bernama Banggu sampai di Kota Frypan Rock. Di chapter berjudul Banker Survival! Kerusuhan Dimulai!! ini Croket menyelamatkan seorang gadis cilik bernama Teto karena diganggu banker kasar bernama Abrami. Di kota ini Croket mendapatkan berita tentang perlombaan Banker Survival berhadiah banyak uang emas.

Katanya, siapa yang menang akan dapat hadiah uang emas yang banyak sekali, yang katanya bisa memenuhi celengan kita!! (Halaman 52)

Menginjak chapter berikutnya, Tidak Akan Ditinggalkan!! Teman Pertama, Croket dan Oyster sampai di lokasi perlombaan yaitu Pulau Miwakuno, tepatnya di Macadonia Island. Di sana sudah banyak berkumpul para banker dari seluruh penjuru negeri. Sebagai permulaan, setiap banker diberi misi memcahkan balon milik banker lain. Hmm apakah Croket bisa bertahan??

Masa’ mereka nggak sadar, kalau itu sama saja seperti memberitahu keberadaan mereka! (Halaman 79)

Pertemuan Croket dengan pembunuh mendiang ayahnya yaitu Pria Berjubah Hitam tertuang pada chapter keempat yaitu Malam Neraka!! Munculnya Pria Berjubah Hitam?! Tepat ketika pria itu hendak membunuh Croket, Oyster bangun dari tidurnya dan menyelamatkan nyawa Croket. Tidak lama berselang, malam sudah tiba dan pertarungan semakin lama semakin menegangkan.

Sepertinya nggak ada waktu untuk istirahat lagi, Oyster!! Lihat itu!! (Halaman 123)

Pada chapter terakhir berjudul Team Battle, Anggota yang Paling Kuat, Paling Parah?! sudah ada beberapa tokoh tambahan lain bernama Purin Purin, Risotto, dan Fondue yang pada awalnya bukanlah orang yang bersahabat. Namun karena mereka tergabung dalam satu “tim” yang sama mau tidak mau Croket dan Oyster harus bekerja sama dengan mereka bertiga.

Aku sampai lupa kalau aku nggak bisa bergerak gara-gara jebakan kotoran si Purin Purin. (Halaman 150)

Salah satu tanda seseorang adalah banker atau tidak adalah dengan melihat apakah ada tanda banker berbentuk lingkaran dengan silang didalamnya yang melekat di tubuhnya. Tanda ini tidak mengenal usia. Croket yang masih anak-anak ataupun Oyster berwujud kucing bisa mendapatkan lambang itu. mata uang emas yang diincar banker juga berlambang sama.

Jujur saja, pertandingan babak pertama Banker Survival yang saling meledakkan balon milik banker lain sangat sanat mengingatkan saya pada kisah dystopia Hunger Games. Dari sekian banyak banker hanya menyisakan 30 banker benar-benar mirip dengan pertandingan yang dijalani Katniss dan Peeta. Tapi saya abaikan saja agar saya bisa menikmati ceritanya.

Komik ini targetnya semua umur. Namun dengan cukup kasarnya tingkat kekerasan yang disuguhkan, seharusnya komik ini berlabel Remaja saja sih. Meskipun humor yang ditampilkan juga tidak vulgar dan masih bisa dinikmati anak-anak. Oh iya bicara humor, komikus gemar menyisipkan humor dengan membuat Croket pipis melulu bahkan ditengah pertarungan.

Saya cukup menikmati ceritanya yang ajaib. Yah namanya juga komik yang suka-suka imajinasi komikusnya, komik ini juga ajaib mulai dari kekuatan Croket yang sangat besar sebagai anak kecil, Oyster si kucing berjas hitam yang bisa berbicara, dan berbagai hal saat Banker Survival. Sayangnya ya itu tadi, cukup banyak kekerasan antar banker yang sering diperlihatkan.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*