Reborn Kumiho (Jilid 6)

coverreborn6

Judul: Reborn Kumiho (Jilid 6)

Judul Asli: [Reborn Kumiho]

Komikus: Han Hyun-Dong

Penerjemah: Presilia Agustin

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 171

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9789792069327

cooltext-blurb

Setelah ratusan tahun berlalu… Akhirnya Lee Mugi bangkit dari pertapaannya. Ini berarti bahaya buat Kumiho dan Maru…

cooltext-review

Reborn Kumiho adalah salah satu dari segelintir komik asal Korea yang pernah saya baca selama ini. Mohon maaf saya tidak sempat males mencari tahu tentang awal mula ataupun inti cerita judul ini karena saya langsung melompat ke jilid 6. Jadi saya akan mengupas sepemahaman saya tentang jilid ini saja ya.

Komik ini terdiri atas empat bab. Sesungguhnya keempatnya saling berkaitan satu sama lain. Namun, karena saya nggak tahu asal muasalnya seperti apa, jadi saya menangkap dua bab awal memiliki jalinan cerita sendiri yang terkesan tidak dalam jalinan kisah yang sama dari dua bab akhirnya.

Bab pertama (atau bab bernomor 24 di jilid ini) berjudul Hosomdo Pedang Maru mengisahkan seorang gadis muda bernama Danbi yang bekerja di sebuah restoran bernama Surga Mandu. Suatu hari ada seorang pria berambut panjang membuat kekacauan di restoran dan menghina bahwa mandu yang dibuat Danbi tidak enak sama sekali.

Kalau kau tidak percaya diri berarti selama ini Surga Mandu mempeprmainkan orang-orang… Dasar penipu.

Bersambung ke bab selanjutnya adalah Ju Danbi Lipan Petarung. Tak disangka, pria tersebut adalah jelmaan Setan Kalajengking ang ingin menghancurkan restoran yang notabene adalah sarang Setan Lipan yang telah dibunuh Danbi. Tak ingin restorannya hancur, Danbi terpaksa meladeni Setan Kalajengking agar bertarung hingga titik darah penghabisan.

Kau bicara seperti itu memangnya kau lebih mulia daripada manusia? Menurutku kau sama saja. Hanya karena bentuk gigimu seeprti itu, kau berbuat semaunya pada manusia.

Lee Mugi yang Tertidur Selama Ribuan Tahun adalah judul bab ketiga. Kali ini cerita dibuka di Dunia Setan ketika Lee Mugi yang telah bertapa ribuan tahun bangkit dan berambisi mengalahkan Kumiho. Ia dibantu oleh Myo Ryon, si Setan Kucing untuk mencari Kumiho. Sayangnya, Sadis, si Setan Laba-Laba tidak menyukai kehadiran Lee Mugi.

Sudah dikirim 4 setan untuk menangkap Kumiho, tapi… Selama 3500 tahun belum ada yang sanggup menghadapinya.

Bab terakhir di jilid ini adalah Uhyoldo Pedang Muryong. Kali ini Kang Maru bersama Kumiho harus berhadapan dengan Muryong dan pengikutnya, Setan Besi dan Setan Air. Kumiho merasa kedua setan tersebut telah mati dimasa lalu. Namun ternyata pedang rubah Muryong yang membuat mereka berdua hidup kembali. bagaimana akhir pertarungan Muryong dan Maru?

Tolong hentikan. Sekarang kau bergantung pada pedang rubah! Dendam pribadi bisa merugikan. Mulai sekarang, layanilah pemilik pedang rubah.

Komik ini saya rasa merupakan sebuah judul komik yang bagus. Perpaduan unsur fantasi, mitologi, dan aksi yang cukup menegangkan bisa menjadi tema yang tidak membosankan. Apalagi goresan gambar komik ini juga rapi dan sedap untuk dipandang. Karakter perempuannya cantik, tokoh laki-lakinya cakep, dan tak lupa setan-setan yang “keren” juga.

Sayangnya, saya tidak mengetahui Reborn Kumiho ini bercerita tentang apa, siapa saja tokoh penting yang ada di komik ini, di mana saja setting yang digunakan, kapankah terjadinya berbagai peristiwanya, dan bagaimana jalinan cerita utuh yang seharusnya saya jumpai terlebih dahulu. Intinya, 5W+1H komik ini tidak saya ketahui pasti.

Akibatnya, saya amat sangat kurang menikmati komik ini. Ditambah lagi nama tokohnya yang serba Korea yang seharusnya ada tiga suku kata justru dilebur suku kata kedua dan ketiga menjadi satu kata sendiri membuat saya bingung bacanya bagaimana. Contohnya Mehyang, harusnya dibaca Me-Hyang atau Meh-Yang? Mungkin sang penerjemah kurang memahami penulisan dasar nama Korea dalam huruf abjad.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*