Le Petit Spirou (Jilid 5)

coverlepetit5

Judul: Le Petit Spirou (Jilid 5)

Sub Judul: Terima Kasih pada Siapa?

Sub Judul Asli: Merci Qui?

Komikus: Tome & Janry

Penerjemah: Helen Ishwara, S.S.

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 96

Terbit Perdana: September 2001

Kepemilikan: Cetakan Pertama, September 2001

cooltext-review

Saya sudah beberapa kali mengulas judul komik yang berasal dari daratan Eropa. Kali ini saya masih akan membahas komik yang asalnya sama namn berbeda judul. Ya benar, Le Petit Spirou ini adaah komik yang berasal dari negara Belgia (atau Belgium). Wah jarang-jarang nih ada komik negara ini yang diterbitkan di Indonesia. Yah meskipun ini komik terbitnya juga sudah lama, namun humornya masih bisa dinikmati kok.

Pada Le Petit Spirou jilid kelima ini ada 37 cerita pendek banget karena dua halaman tamat serta satu cerita panjang yang tertuang dalam sebelas halaman. Tipe komik ini bukan komik empat kolom yang langsung tamat sih, namun sepertinya memang ciri khas yang diusung Tome dan Janry untuk Le Petit Spirou adalah demikian. Karena tidak mungkin saya membahas 37 cerita yang sangat pendek, jadi saya ceritakan sedikit cerita yang panjang saja ya.

Cerita ini berjudul Kenapa Pak Megot Marah Melulu. Jadi ceritanya Spirou, Vertignasse, Ponchelot, dan Bencong (entah nama aslinya siapa, nggak disebutin) sedang kemping ala—ala pakai api unggun di dekat rumah Spirou. Seperti biasa kebiasaan yang lumrah dilakukan saat api unggun adalah bercerita (helaah). Kali ini Spirou bercerita tentang Pak Megot, guru olahraga di sekolah.

Spirou serta merta menilai bahwa gurunya tersebut adalah pribadi yang galak. Semua itu karena Pak Megot adalah orang yang kesepian. Mulai dari tidur malam yang tidak nyenyak, tidak mendapatkan kecup selamat pagi dari ibunda, hingga kegagalan percintaan dengan bu guru kelas menulis ataupun bu perawat di klinik sekolah. Sampai-sampai untuk berkenalanpun Pak Megot menggunakan alibi anak didiknya.

Tak lama kemudian, tidak ada lagi yang bisa dibawa ke bu perawat. Perjuangan memerangi pengangguran jadi terhenti… (Halaman 12)

Cerita-cerita lainnya karena saking singkatnya membuat saya tidak kuasa menuliskan kelucuannya hahaha.. Namun beberapa hal yang bisa saya simpulkan adalah Spirou yang sifatnya sangat jahil dan semaunya sendiri, plus doyan perempuan padahal masih usia SD. Bisa dikatakan Spirou ini seperti Shinchan versi Eropa, dengan kadar yang tidak separah Shinchan. Sedangkan teman-temannya Spirou juga mata keranjang, termasuk teman yang perempuan.

Kebanyakan cerita di komik ini adalah tentang dunia sekolah. Yah, meskipun ada beberappa cerita seperti bermain di pantai, di taman, atau yang lainnya, dunia Spirou yang notabene masih SD disajikan lebih dominan di komik Le Petit Spirou ini. Duh saya nggak habis pikir kalau mereka sekolah ambil kelas hanya karena fisik gurunya.

Eh iya, jadi sekolahnya Spirou ini dimodel seperti kuliah. Ada kelas olahraga, kelas menulis, kelas IPA, dan sebagainya. Bahkan ada kelas khusus ekstrakurikuler juga. Nah salah satunya adalah kelas teknik mesin yang isi kelasnya SEMUANYA perempuan hanya karena gurunya ganteng dan atletis. Sebaliknya, Spirou dan SEMUA kawan-kawan laki-laki ikut kelas ekstrakurikuler menjahit hanya karena gurunya seksi dan cantik.

Kekurangan yang sangat mendasar dari komik ini adalah jumlah halaman yang terlalu tipis. Hanya 96 halaman bo’ itupun sepuluh halamannya masih dipakai hal yang bukan panel komik. Agak agak kekurangan sih hehehe. Tapi saya bersyukur juga sih ada halaman khusus tentang pengenalan tokoh-tokoh utama yang menghiasi komik ini. tidak banyak sih, hanya beberapa saja yang sering nongol.

Tentang artwork, yah namanya juga komik jadul yang terbit tahun 90an, jadi goresannya masih kasar dan belum halus. Tapi secara umum sudah bisa dinikmati karena pernak-pernik yang tidak penting tidak disajikan seluruhnya dalam satu panel. Hanya mungkin tulisan di balon kata yang tidak konsisten model tulisannya sehingga kadang bikin saya sulit membaca. Hal ini karena tulisannya adalah tulisan tangan, bukan komputer.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*