Spaghetti (Jilid 5)

coverspaghetti5

Judul: Spaghetti (Jilid 5)

Sub Judul: Spaghetti dan Grand Zampone

Judul Asli: Spaghetti et le Grand Zampone

Komikus: Dino Attanasio & René Goscinny

Penerjemah: Erawati Heru Wardhani

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 128

Terbit Perdana: Juni 2001

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Juni 2001

cooltext-blurb

Spaghetti ditawari oleh Prosciutto untuk menjadi manajer Grand Zampone, juara tinju sejati yang memiliki sedikit kelemahan. Berbagai pertandingan berhasil dimenangkan Zampone hingga suatu hari dia ditawari kontrak oleh Trifolato untuk bertanding di Amerika Serikat. Spaghetti dan Prosciutto setuju dan menandatangani kontrak tersebut. Namun, mereka berdua tidak menyadari bahwa Trifolato adalah anggota gangster yang ingin memanfaatkan Zampone untuk mengeruk keuntungan. Bagaimana nasib Spaghetti, Prosciutto, dan Zampone selanjutnya? 

cooltext-review

Komik dari Indonesia? Sudah pernah baca. Komik dari Jepang? Sudah sering juga. Komik dari Amerika? Sudah pernah juga. Kalau komik dari Eropa? Wah ini jarang saya temui. Yap, kali ini saya berkesempatan membaca komik dari benua Eropa. Komik ini berjudul Spaghetti. Bukan, komik ini bukan komik kuliner ataupun personifikasi makanan yang berbicara. Namun komik ini memiliki tokoh utama bernama makanan yang terbuat dari mi kenyal tersebut.

Spaghetti dan (orang yang tidak dianggap) sahabatnya, Prosciutto, adalah dua orang yang sering berpindah-pindah pekerjaan. Spaghetti tidak suka dengan Prosciutto karena kapanpun Prosciutto hadir dalah hidupnya, sebuah masalah akan segera dimulai. Seperti pada cerita pertama kali ini yang berjudul Spaghetti di Padang Pasir. Spaghetti yang berjalan santai harus terlibat dengan Prosciutto yang mengajaknya bermain iklan.

Setelah syuting iklan itu selesai, tak disangka Spaghetti dan Prosciutto diculik orang asing menuju negara Narghile. Negara ini dikuasai oleh dua suku besar yaitu Suku Narghile yang dipimpin Iman Abdallah el Narghile dan Suku Kador yang dipimpin Syekh Mohammed el Kador. Keduanya saling memperebutkan kekuasaan dan akhirnya dipilih jalur adu kecerdasan untuk memimpin negara itu.

Zederhana zaja, kalau kita nggak memberi pelajaran, kita dipenggal. Kalau Iman nggak mau belajar, kita juga dipenggal. Tapi kalau kita mengajari Iman, Zyekh el Kador akan memenggal kita! (Halaman 19)

Ya benar sekali, Iman yang masih kecil diwalikan oleh pamannya, Mimoun el Cafe. Sang paman menculik Spaghetti dan Prosciutto agar keduanya mengajari Iman supaya kelak Iman bisa mengalahkan Syekh el Kador. Di sisi lain, kubu el Kador juga menyimpan taktik menculik Spaghetti dan Prosciutto agar sang Syekh bisa memenangkan pertandingan. Wah, kira-kira bagaimana nasib Spaghetti dan Prosciutto?

Cerita kedua dalam komik ini berjudul Spaghetti dan Grand Zampone seperti yang tercantum pada cover. Kali ini Spaghetti terjerumus dengan ajakan Prosciutto untuk menjadi manajer seorang petinju hebat bernama Zampone. Sayangnya, petinju ini memiliki kekurangan tidak bisa bertanding apabila disaksikan orang-orang. Bahkan dalam pertandingan pertamanya melawan Kid Bongo saja, Zampone hampir kalah.

Tepat ketika Prosciutto “mengakali” pertandingan sehingga Zampone keluar sebagai pemenang, muncul manajer Kid Bongo yang bernama Joe Trifolato bermaksud menawari kontrak eksklusif pada Spaghetti dan Prosciutto. Melihat ini adalah peluang emas, Prosciutto menyanggupi kontrak baru itu, meskipun mereka harus segera terbang ke bandara Idlewild, New York.

Untuk menghindarinya, aku putuskan untuk kalah dalam pertandingan karena mereka butuh petinju yang tak terkalahkan… Makanya aku memanfaatkan lampu padam untuk pura-pura KO. Tak kusangka kau memukul wasit… Tapi akhirnya semua berjalan lancar dan aku terbebas dari cengkeraman gangster! (Halaman 83)

Di New York, Spaghetti, Prosciutto, dan Zampone bertemu dengan Stufato, bos organisasi gangster itu. ternyata alasan Zampone diterbangkan ke New York adalah untuk kepentingan pribadi organisasi itu. tepat saat itu, kekurangan Zampone yang pemalu telah pudar. Masalahnya, bagaimana cara Zampone dan lainnya kabur dari pertandingan melawan Kid Dodo yang harusnya menyukseskan rencana Stufato?

Satu hal yang membuat saya tertarik dengan komik Spaghetti ini adalah: unik. Apanya yang unik? Penulisan dialog Spaghetti dan Prosciutto ini. Semua huruf “s” diganti menjadi huruf “z” untuk setiap ucapan mereka berdua. Saya tidak tahu apakah naskah aslinya demikian. Meskipun awalnya membuat saya tidak nyaman, lama-kelamaan bisa saya nikmati juga “keunikan” penulizan, eh penulisan ini.

Selain penggantian huruf tersebut, satu kebiasaan Spaghetti dan Prosciutto adalah sering memakai imbuhan “Ma” dalam ucapannya, khususnya ketika mengeluh ataupun kesal. Tidak ada arti tersendiri sih kalau saya lihat-lihat, hanya sebuah ciri khas saja. Dan hanya mereka berdua saja yang terjangkit kebiasaan “z” dan “Ma” ini. pantas saja keduanya dipanggil sebagai saudara se-pizza, alih-alih saudara sepupu.

Mengenai tokoh, saya sangat membenci namun juga menyukai tokoh Prosciutto, bukannya Spaghetti. Apa ya, Prosciutto ini orangnya menyebalkan dan seenaknya sendiri sehingga membuat Spaghetti ikut ketiban masalah. Namun sesungguhnya kalau mau hitung-hitungan, Prosciutto ini jauh lebih menderita dibandingkan Spaghetti. Sedangkan Spaghetti tipikal tokoh yang mujur dan cerdas nan baik hati. Jadi kurang membekas hehe.

Oh iya, pada akhir buku komik ini, ada empat halaman spesial mengenai profil dan jejak karir Dino Attanasio, sang komikus. Saya baru tahu bahwa Attanasio hanya sebagai “tukang gambar” sedangkan ide cerita dan penulis skenario adalah René Goscinny. Bagus sih menambah wawasan sebagai trivia dibalik karya Spaghetti. Psst, ada “evolusi” karakter Spaghetti juga yang dibocorkan sejak awal muncul hingga populer. Suka deh!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus